Connect with us
TombRaider

12 Strong Movie Review: Despite the Controversial Facts, These 12 Men Went Through a Risk Others Didn’t

12 Strong
Warner Bros. Pictures

REVIEWS

12 Strong Movie Review: Despite the Controversial Facts, These 12 Men Went Through a Risk Others Didn’t

This review contains no spoilers 

R – Restricted

(3.5/5) 

12 Strong dengan mudah dicap sebagai film sensitif karena plotnya berkutat pada kisah nyata penyerangan balik pihak AS atas insiden 9/11 yang ramai diketahui dilakukan pihak Taliban, Afghanistan. Kisah yang dihadirkan memicu ulang teori konspirasi mengenai fakta di balik insiden yang membunuh hampir 3,000 nyawa tersebut. Pertanyaan yang muncul kemudian, “Apa iya film debut garapan Nicolai Fuglsig ini digarap sebagai alat propaganda sekaligus pencitraan sejumlah pihak berkepentingan?

Andaikan saja jawaban pertanyaan di atas menyiratkan nada demikian, bukan kapasitas kami untuk menelusuri faktanya di ulasan ini. Kami hanya pantas beropini bahwa 12 Strong adalah film perang dengan paket teknis nyaris lengkap; medan brutal, suasana mencekam, dan penampakan korban vulgar. Nyaris lengkap karena dengan Jerry Bruckheimer (Top Gun, Bad Boys, Pearl Harbour) duduk di kursi produser, aspek teknis 12 Strong kalah megah dan kalah detail dari film-film sebangsanya (baca: Black Hawk Dawn (2001), Fury (2014), Hacksaw Ridge (2016)).

Namun apakah aksi Mitch Nelson (Chris Hemworth) dan 11 anak buahnya tergolong heroik atau tidak, semuanya tergantung pada persepsi penonton mengenai insiden ini. Apakah mereka sungguh pahlawan atau justru adalah korban kebohongan? Apakah nyawa yang mereka pertaruhkan di medan perang turut menjadi perhitungan dalam menentukan persepsi tersebut?

12 strong

Terlepas apa faktanya, kisah nyata sekelompok tentara yang bekerja sama solid di lapangan, kami nilai cukup sukses diterjemahkan di layar lebar. Elemen persahabatan yang terjalin di antara kelompok tentara pimpinan Mitch Nelson (Chris Hemsworth) paling menyita banyak perhatian. Disusul dengan pembangunan karakter Nelson yang semula dianggap masih hijau hingga menjadi seorang pro, baik itu menjalankan misi diplomatik maupun lapangan. Lewat seorang Hemsworth, sosok Nelson muncul sebagai seorang pemimpin dengan paket lengkap; Brain, Beauty, dan Behaviour.

Tanpa ensemble cast yang kompak dan kemampuan akting yang menghidupkan karakter masing-masing, semangat kerja sama solid itu takkan terasa. Lebih jauh lagi, semangat inilah yang mendorong jiwa pemimpin Nelson agar lebih out dalam setiap langkah yang ia ambil. Apakah para anak buah akan mengikuti jejak Nelson atau sebaliknya, banyak mempengaruhi keberhasilan misi yang mereka emban ini.

Oktober 2011, Tim Pisau Belati pimpinan Nelson ditunjuk untuk menjalankan misi diplomatik sekaligus perang terbuka di Afghanistan. Mereka diberi misi menjalin kata sepakat dengan Jenderal Abdul Rashid Dostum (Navid Negahban) yang memiliki dendam kesumat pada pemimpin Taliban yang kejam. Siapa sangka Dostum memiliki perangai yang sulit ditebak dan membuat Nelson sempat kelabakan. Dostum yang pelit informasi sempat membuat Nelson bingung, apakah Dostum kawan atau lawan.

Namun kepelitan Dostum yang hanya mau menyediakan kuda untuk Nelson dan anak buahnya, alat transportasi perang yang jauh dari ekspektasi mereka, adalah yang paling mencengangkan. Alhasil, bak The Magnificent Seven versi tentara yang tak biasa naik kuda, 12 sosok kuat ini mau tak mau beradaptasi di lapangan. Apakah nantinya kemenangan atau kekalahan yang mereka bawa pulang, Nelson cs dengan baik menyiratkan bahwa yang terpenting mereka sudah berupaya yang terbaik. Bak saudara, mereka juga nampak tak ingin saling meninggalkan. Kami pun lambat laun ragu apakah plot film ini akan bergerak sejauh yang dicemaskan dan pertanyaan di atas perlu dilontarkan.


Director: Nicolai Fuglsig

Cast: Chris Hemsworth, Michael Pena, Michael Shannon, Navid Negahban, Trevante Rhodes

Duration: 130 mins


 

 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

RECENTLY WATCHED

COMING SOON

To Top