Connect with us
princessmononoke

Absolutely Anything Movie Review: Let Yourself Burst Out Laughing With Marathon of Absolutely Funny Scenes

Absolutely Anything Movie Review
Lionsgate UK

REVIEWS

Absolutely Anything Movie Review: Let Yourself Burst Out Laughing With Marathon of Absolutely Funny Scenes

This review contains mild spoilers

(3.5/5) 3.5 Stars

Premis kisah yang menceritakan manusia bisa melakukan segala hal dengan kekuatan super yang gaib, sebenarnya sudah pernah diadopsi secara komedik dalam Bruce Almighty (2003) dan Click (2005), bahkan film terakhir yang kami sebutkan sempat menimbulkan rasa haru.

Ya, walau kental dengan kesan supernatural, premis ini sebenarnya mudah digodok apalagi jika dipertemukan dengan ide-ide konyol mengocok perut. Tidak melulu bernuansa tirani apalagi mistis, premis ini justru lagi-lagi disuntik dengan formula lucu dalam film terbaru besutan sutradara sekaligus komedian lawas, Terry Jones, yang diberi judul Absolutely Anything.

Sesuai bunyi judulnya, karakter utama film ini memanglah bisa melakukan segala hal, segala hal, termasuk menjadi Presiden Amerika Serikat dalam waktu sekejap mata. Adalah Neil yang dimainkan secara kocak oleh Simon Pegg (Kill Me 3 Times, Mission: Impossible – Rogue Nation), seorang guru sekolah dasar yang jarang menemui keberuntungan dalam hidupnya.

Walau terdengar aneh, ternyata di luar angkasa sana ada sekelompok alien berwarna-warni yang berbahasa aneh hendak memusnahkan bumi dan penduduknya. Namun, sebelum hal tersebut dilakukan, ada sebuah peraturan yang mengharuskan mereka memberikan kesempatan pada seorang manusia terpilih. Manusia yang terpilih secara acak tersebut akan diberi kekuatan penuh selama 10 hari dengan tujuan belajar mengenai konsep kebaikan dan kejahatan.

Singkat cerita, seperti yang MuviBlaster mungkin bayangkan sekarang, apa iya kekuatan tersebut bisa digunakan secara bijaksana oleh seorang Pegg? Alih-alih bijaksana, Neil malah sembarang menyebut apa yang ia inginkan, termasuk meluncurkan rudal pada kelas berisi murid-murid badung yang ia ajar dan mencuri kesempatan terhadap Catherine (Kate Beckinsale), wanita cantik nan pintar yang tinggal di lantai bawah apartemennya.

Absolutely Anything Movie Review

Marathon of Absolutely Funny Scenes

Kami tidak katakan Absolutely Anything adalah sebuah film dengan eksekusi baik, namun kami berani jamin Anda akan tertawa lepas terpingkal-pingkal tiada henti. Pegg memanglah berbakat komedi alami. Walau dengan wajah dan akting yang sebenarnya tidak sepenuhnya lucu, namun gerak-geriknya selalu pas dengan momen-momen bersifat lucu, membuat karakternya begitu hidup dan otomatis … lucu.

Ditambah dengan sahabatnya yang seorang keturunan India bernama Ray (Sanjeev Bhaskar) yang sebenarnya tidak berwajah lucu namun lugu, momen-momen lucu sepanjang film ini pun sukses membuat kami kehabisan napas saking lelahnya tertawa. Salah satunya adalah ketika Ray meminta Neil agar dirinya dipuja oleh Miss Pringle (Emma Pierson). Bukannya digilai layaknya seorang pria, Ray malah dipuja sungguhan, disembahyangi bak seorang Tuhan.

Minimnya jeda untuk bernapas panjang serta dialog-dialog pendek kocak yang mudah dicerna merupakan kunci utama suksesnya film ini, paling tidak di genre komedi. Bahkan adegan-adegan para alien saling berdebat yang sebenarnya bisa saja menimbulkan kekikukan di tengah-tengah jalinan cerita, pun ikut berubah jadi lucu berkat tangan dingin Jones menyusun alur cerita yang terbilang mulus. Hmm, memang siapa saja yang ada di belakang karakter para alien ini?

Monty Python’s Project

Jangan heran kalau nama para voice actor di belakang karakter alien warna warni itu tidak asing di telinga Anda. Pasalnya, Jones yang merupakan anggota grup komedi legendaris asal Inggris, Monty Python AKA The Pythons, mengajak nyaris semua koleganya isi suara di film ini; Michael Palim, Terry Gilliam, Eric Idle, John Cleese. Lebih jauh lagi, selain menjadi sutradara, Jones juga ikut isi suara.

Menariknya, walau sebenarnya film ini berpusat pada Neil dan kekuatan super barunya, adegan-adegan para alien komedik berkumpul di luar angkasa ini, walau dengan efek visual yang kurang menjanjikan, tetap mampu menghibur dan berdiri sendiri tanpa harus takut bersinggungan dengan keseruan yang dialami Neil cs di bumi.

Absolutely Anything Movie Review

Robin William’s Last Voice

Dengan nama besar dan latar belakang yang dimiliki Jones di dunia komedi, beruntung ia bisa mengajak sesama komedian, namun lebih tenar, Robin Williams (Mrs. Doubtfire, Flubber, Jumanji) ikut isi suara. Sayangnya, Absolutely Nothing menjadi film terbaru sekaligus mendiang aktor Robin Williams sebagai seorang voice actor.

Walau sekedar menyuarakan suara hati anjing Neil yang bernama Dennis, Williams tidak kehilangan aura komedinya. Justru dengan kehadiran Dennis yang bisa bicara, konflik yang dialami Neil dengan kekuatannya menjadi semakin pelik dan tidak tertahankan kocaknya. Menariknya lagi, jangan kaget walau kekuatan super sebenarnya ada di ayunan tangan Neil, Dennis-lah sebenarnya penyelamat atas segala kekacauan yang disebabkan kekuatan ini. Bagaimana bisa? Silahkan cari tahu jawabannya!

Absolutely Anything Movie Review

Director: Terry Jones

Cast: Simon Pegg, Kate Beckinsale, Robin Williams, Sanjeev Bhaskar

Duration: 85 mins


Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

COMING SOON

gintama

thebattleshipisland

waroftheplanetoftheapes
To Top