Connect with us
princessmononoke

Allegiant Movie Review: Beyond the Wall Is Surprisingly Unthrilling and a Waste of Time

Allegiant Movie Review
Summit Entertainment

REVIEWS

Allegiant Movie Review: Beyond the Wall Is Surprisingly Unthrilling and a Waste of Time

This review may contain mild spoilers

(2.5/5) 2.5 Stars

Dari semua kalimat yang ada, kalimat “Pemimpin sejati lahir bukan karena kekuasaan namun kebutuhan.” lontaran Joanna (Victoria Spencer) adalah yang paling kami ingat. Mengapa? Karena jiwa pemimpin yang dibutuhkan nampak dari sosok Tris Prior (Shailene Woodley) mengendap. Sebaliknya, karakter lain yang tak becus memimpin seperti Evelyn (Naomi Watts) dan David (Jeff Daniels) justru berkoar sana-sini merusak suasana.

Tak ada niat kami memberi kritik tajam untuk Allegiant yang masih ditangani Robert Schwentke (Red, Insurgent). Namun, dengan Tris yang sudah terlanjur menjadi role model dan sederet kalimat bijaksana yang dilontarkan para pemimpin faksi, mau tak mau kami harus mengritik juga. Ibarat sebuah mesin, Allegiant kekurangan pelumas. Memasuki jilid terakhirnya, bukan semakin mulus, hampir seluruh elemennya; termasuk pengembangan karakter dan alur cerita hingga keseruan adegan aksi, mengalami aus. Ironis, gangguan utamanya justru muncul dari karakter pendukung haus kekuasaan yang berperangai labil itu.

Lebih jauh lagi, walau Allegiant menampilkan lebih banyak visual efek, hanya sedikit yang mencengangkan mata. Mengapa? Karena dunia Divergent, terlepas genre fiksi distopianya, tetaplah dunia yang realistis, bahwa ada sebuah sistem pemerintahan nyata yang menaungi kota Chicago di Amerika sana. Dan ketika Tris cs menemukan dunia baru ala Tomorrowland di balik tembok tersebut, dunia Divergent yang sudah dikenal baik itu ditinggalkan begitu saja.

Memperparah hal di atas adalah minimnya gejolak emosi ketika Tris cs meninggalkan rumah mereka selama ini. Petualangan di balik tembok nyatanya tidak sebanding, dan ujung-ujungnya mereka pulang kampung juga di akhir film. Dan ketika mereka pulang, jangan harap melihat gejolak emosi ala home sweet home.

Allegiant Movie Review

Dunia Balik Tembok Penuh Tipuan

Ya … pasca kematian Jeanine (Kate Winslet), pesan bahwa ada dunia baru di balik tembok dengan cepat menyebar dan kelima faksi otomatis membaur. Namun, tak pantaslah Tris menyandang status Divergent jika ia tak setengah mati penasaran dan berusaha mencari tahu ada apa di balik tembok. Singkat cerita dan sesingkat usahanya, Tris cs, berhasil melewati tembok walau sempat dihadang oleh kaki tangan Evelyn.

Usaha Tris cs tergolong singkat, karena tanpa harus berhari-hari kelaparan dan kehausan, mereka sudah diboyong ke Biro Kesejahteraan Genetik yang berfasilitas canggih dan berlingkungan nyaman. Bukan hanya berkesempatan mandi dan mendapat pakaian bersih, hidup baru mereka juga mendadak jauh dari ancaman bahaya.

Terutama Tris, ia mendapat kesempatan menjadi orang penting di Biro. Kerap melakukan meeting dengan David, Four pun jadi curiga dan merasa Biro pimpinan David mempunyai misi terselubung. Oh, tenanglah Four. Tris adalah seorang Divergent dengan konten genetik 100% alias murni, masak ya ia bisa dengan mudah dibohongi? Namun bisa jadi asumsi kami yang salah dan intuisi Four yang benar.

Chemistry Tris dan Four Melemah

Sayangnya, ya. Bagi MuviBlaster yang sudah membaca habis novelnya pasti tahu bahwa Tris ditipu habis-habisan oleh David. Namun, hal yang lebih kami sayangkan adalah tidak digunakannya kesempatan ini untuk memperkuat chemistry antara Tris dan Four secara visual.

Percikan asmara yang sudah bergelora sejak Divergent (2014) kami nilai melemah sehingga setiap ciuman pun terasa hambar. Kekecewaan pada sikap masing-masing juga kurang dieksplor, memberi kesan bahwa mishap yang Tris lakukan tidaklah substansial. Bahwa upaya mereka melompati tembok ternyata tidaklah seurgen itu and after all, kenaifan Tris mudah dimaafkan karena statusnya sebagai seorang Divergent.

Allegiant Movie Review

Interaksi Tris, Four, dengan karakter lainnya juga terasa datar. Tidak terlihat adanya hubungan persahabatan yang berkembang solid antara Tris dan Christina (Zoe Kravitz). Caleb (Ansel Elgort) sebagai kakak dengan banyak dosa juga tampil kian santai tanpa rasa bersalah.

Lalu bagaimana dengan Peter (Miles Teller)Well … dia masih saja one dimensional dengan sikap super menyebalkannya itu dan untung, riwayatnya berakhir begitu ia meminum serum ingatan di Ascendant (2017) nanti. Ya …kami sungguh berharap Ascendant dapat menebus semua kesalahan Allegiant tanpa membuat dosa baru.


Director: Robert Schwentke

Cast: Shailene Woodley, Theo James, Miles Teller, Naomi Watts, Octavia Spencer, Zoe Kravitz, Ansel Elgort, Jeff Daniels

Duration: 121 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

COMING SOON

gintama

thebattleshipisland

waroftheplanetoftheapes
To Top