Connect with us
princessmononoke

Alvin and the Chipmunks: Road Chip Movie Review: Despite the Years of Overwhelming Critics, Alvin cs Keep Pushing Past Their Limits to Be the Most Likable Chipmunks Ever

Alvin and the Chipmunks: Road Chip Movie Review
20th Century Fox

REVIEWS

Alvin and the Chipmunks: Road Chip Movie Review: Despite the Years of Overwhelming Critics, Alvin cs Keep Pushing Past Their Limits to Be the Most Likable Chipmunks Ever

This review contains no spoilers

(3/5) 3.0 Stars

Sejak versi filmnya pertama kali dirilis tahun 2007, penampilan trio karakter karya Ross Bagdasarian, Sr. yang berwujud bajing tanah bisa berbicara dan jago bernyanyi, selalu sulit kami kritik. Alasannya, dengan kualitas cerita dan akting yang standar, franchise Alvin and the Chipmunks memiliki kadar menghibur terlampau tinggi, membuat kritik seriuh ramai apapun, reda juga.

Kami sendiri, walau tak seterhibur itu, dapat melihat bagaimana Alvin, Simon, dan Theodore sukses menyenangkan hati para penonton anak-anak dan orang tua mereka. Sekuel yang merupakan jilid ke-4 dengan embel-embel Road Chip ini pun menjadi bukti bahwa trio Chipmunks masihlah digandrungi publik dan berpotensi menguntungkan.

Padahal, jujur saja, jilid ke-4 ini tidak menampilkan elemen baru, atau minimal berkembang dari ketiga jilid sebelumnya. Formula dalam plotnya sama, hanya menyuntikkan sebuah masalah dengan trio Chipmunks sebagai pengacau sekaligus penghibur sepanjang plot. Untungnya, teknologi animasi CGI yang diterapkan pada trio Chipmunks dan The Chipettes masih mulus, membuat jilid ini masih layak dinikmati. Unsur drama dan humornya juga masih pas. Singkat kata, sebanyak apapun kritik yang kami sampaikan, tampaknya tak terlalu banyak membawa pengaruh.

Yang perlu ditakuti hanyalah kekuatan Force yang jauh lebih unggul ketimbang trio Chipmunks di tangga box office. Karena baru di tahun 2015, franchise ini mendapat pesaing kuat yang dengan berani mengambil slot jadwal rilis rutin si trio Chipmunks.

Alvin and the Chipmunks: Road Chip Movie Review

Ketakutan Trio Chipmunks Ditinggal Dave

Jilid ini melanjutkan kisah Alvin and the Chipmunks: Chipwrecked (2011) di mana Alvin cs tampil untuk terakhir kalinya di International Music Awards bersama The Chipettes. Terakhir kali karena dalam jilid Alvin cs dilarang Dave Seville (Jason Lee) untuk kembali tampil bernyanyi di depan publik.

Kini Dave dikisahkan tengah sibuk dengan seorang penyanyi baru, Ashley Grey (Bella Thorne) dan pacar barunya, Samantha (Kimberly Williams-Paisley). Pada kesempatan inilah, Dave juga berharap dapat mengasuh Alvin cs layaknya anak-anak normal. Namun apa iya bisa?

Khusus urusan yang kami sebut belakangan, terutama Alvin (Justin Long), ternyata diam-diam khawatir kalau Dave meninggalkan mereka di hutan pasca menikah. Belum lagi, ternyata Samantha memiliki seorang putra bernama Miles (Josh Green) yang tak bisa diajak kompromi. Seperti apa nasib trio Chipmunks ini nantinya? Lalu seperti apa kekocakan aksi penggagalan rencana Dave melamar Samantha di Miami? Apa yang akhirnya menyebabkan trio ini luntang-lantung di jalan mengejar ribuan mil ke kota tersebut?

Alvin and the Chipmunks: Road Chip Movie Review

Resmi Menjadi Ayah dan Anak

Walau setiap kali dirilis selalu menuai banyak kritik, teriakan seorang Dave pada Alvin “Alllllvinnn …!” tak terhentikan, bahkan mungkin masih berkelanjutan. Ibarat sebuah hubungan, hubungan Dave dengan trio Chipmunks malah terus berkembang.

Pasalnya, Dave yang sempat beberapa kali putus cinta, malah menjalani hubungan langgeng dengan Alvin, Simon (Matthew Gray Gubler), dan Theodore (Jesse McCartney). Lebih jauh lagi, dalam jilid ke-4 ini semakin tegas ketika Dave resmi mengadopsi ketiganya sebagai anak. Ya … paling tidak, jilid ini memberi sebuah penutup manis yang kami akui cukup mengharukan, walau ujung-ujungnya Dave tetap meneriaki nama Alvin lagi.

Alvin and the Chipmunks: Road Chip Movie Review

Kekompakan Trio Chipmunks

Dibandingkan bajing, kami pribadi sebenarnya melihat banyak binatang lain; anjing, kucing, beruang, bahkan penguin, jauh lebih lucu diangkat menjadi karakter dalam sebuah film. Namun ide Bagdasarian untuk membuat trio bajingnya berbicara luwes dan pandai bernyanyi dengan karakter vokal high pitch itu, kami nilai brilian.

Menariknya, terlepas kritik yang terus menghujani, trio Chipmunks tetap konsisten tampil kompak di layar lebar. Mulai dari membuat kekacauan hingga memperbaikinya dengan nyanyian, trio ini selalu sukses mencari akal untuk merebut perhatian penonton.

Singkat kata, jika MuviBlaster tak menyukai filmnya, jangan Anda paksakan. Namun, jangan salahkan diri jika ternyata Anda dibuat jatuh cinta. Mereka penyanyi yang butuh penggemar dan hubungan ini murni profesional. Dan hanya dengan dukungan dari para penggemar seperti Anda, trio Chipmunks dapat melenggang ke jilid selanjutnya.


Director: Walt Becker

(Voice) Cast: Jason Lee, Tony Hale, Josh Green, Bella Thorne, Justin Long, Jesse McCartney

Duration: 92 mins


Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

COMING SOON

gintama

thebattleshipisland

waroftheplanetoftheapes
To Top