Connect with us
TombRaider

American Assassin Movie Review: Not a John McClane or John Wick Yet, We Can Still Favor the Story of Teen Hustling a Revenge

American Assassin Movie Review
Lionsgate Films

REVIEWS

American Assassin Movie Review: Not a John McClane or John Wick Yet, We Can Still Favor the Story of Teen Hustling a Revenge

This review contains no spoilers

(3/5) 

Film ini tampil cukup meyakinkan walau dengan gaung nama Dylan O’Brien (The Maze Runner Series) sebagai jagoan, yang awalnya sangat meragukan. Rasa pesimis ini dengan cepat ditepis begitu babak pertama film dibuka dengan skenario pembalasan dendam yang nekat. Brien tak lagi berperan sebagai sosok remaja pemberani namun remaja yang sangat berani namun sulit menjadi dewasa. “Mengapa?” kemudian menjadi dasar dari pertanyaan apakah karakter yang dimainkan O’Brien ini dapat mempertanggungjawabkan aksi nekatnya ketika dihadapkan dengan elemen-elemen dalam film yang lebih matang. Apakah ia pantas menyandang gelar American Assassin itu?

Menemani Brien bertumbuh adalah Michael Keaton (Birdman, Spider-Man: Homecoming) sebagai Stan Hurley, mantan tentara AL yang kini menjadi mentor tim pembunuh Orion milik CIA. Hurley adalah sosok yang disiplin dan tak suka dibantah sehingga tak heran ia langsung antipati pada Mitch Rapp (O’Brien) yang berprofil keras kepala namun memiliki bakat langka. Alhasil adegan-adegan ala Tom dan Jerry di antara kedua karakter beda generasi ini, kerap terjadi.

Sekali lagi Keaton tampil sebagai sosok nyentrik yang disegani. Gerak-geriknya selalu menarik dan memberi arti untuk keberlanjutan misi ini. Namun Brien-lah yang diplot sebagai si primadona. Selalu membuat Hurley gregetan, Rapp tidak serta merta membantah untuk gagal. Sebaliknya, ketidakpatuhan Rapp membawa misi ini sebuah progres yang diharapkan, membuat sosoknya jadi anak emas. Dan memang demikianlah alur cerita American Assassin ini diatur, untuk memberikan penonton deretan manuver tak terduga, yang di satu sisi memacu adrenalin namun di sisi lain juga memberi rasa lega.

American Assassin Movie Review

Hubungan antara Rapp dan Hurley di atas sukses menyelamatkan plot film ini dari jebakan klise. Jalan ceritanya mudah ditebak namun kami seakan tak peduli, terus mengikuti sepak terjang keduanya mengejar dalang di balik pencurian materi peledak plutonium guna merakit sebuah bom nuklir mematikan. Bonus dari semua pergumulan ini pun tak buruk; sebuah adegan klimaks yang tampil megah bak sebuah film dengan tema akhir jaman. Singkat kata, American Assassin menyodorkan banyak keseruan untuk para penikmat film laga. Tumpahan darah, adegan tarung jarak dekat-jauh dengan segala tekniknya, hingga praktek konspirasi yang sempat membuat kawan jadi lawan dan sebaliknya.

Namun jangan Anda harapkan adanya latar belakang wow di balik semua aksi seru di atas karena harapan ini membuat segalanya kembali terlihat klise. Pemerintah Iran yang kesal pada AS hingga ke titik di mana nuklir menjadi solusi satu-satunya serta dominasi CIA dalam menyelamatkan negeri adi dayanya. Singkat kata, tanpa drama Rapp dan Hurley, film besutan Michael Cuesta (Kill the Messenger) ini adalah film laga yang mati gaya, yang hanya mengikuti formula film aksi teroris pada umumnya.

Hal lain yang juga kami perhatikan memberi nilai minus adalah kisah hidup Rapp yang terlalu didramatisasi. Kehilangan kedua orang tua sejak remaja ditambah dengan kehilangan sang kekasih yang dibunuh brutal ketika sudah cukup umur untuk menikah, Rapp dibuat nampak begitu tak berdaya hingga ia harus nekat mengorbankan nyawa masuk ke sarang penyamun teroris serta sederet aksi nekat lainnya. Jelas bahwa Rapp adalah sosok yang sulit move on, selalu memasukkan segala mimpi buruknya ke dalam hati. Pantas Hurley sulit simpati.

Brien juga nampak belum bisa 100% menguasai karakter Rapp lewat ekspresi wajahnya yang masih boyish itu. Kami pun maklum jika Hurley melihat Rapp labil terlepas potensinya yang besar. Ibarat sebuah batu loncatan bagi O’Brien, ia perlu mengasah lebih tajam bakat aktingnya di area ini. Karena ketika formula ala Die Hard atau 9 nyawa macam ini usang di kemudian hari, aura sang jagoanlah yang menjadi faktor penentu keberhasilan. Well … he’s not a John Mclane or John Wick yet, he’s just an American Assassin.


Director: Michael Cuesta

Cast: Dylan O’Brien, Michael Keaton, Taylor Kitsch, Sanaa Lathan, Shiva Negar, Scott Adkins

Duration: 111 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

RECENTLY WATCHED

COMING SOON

To Top