Connect with us
thorragnarok

American Made Movie Review: When Tom Cruise Lays Low, He Can Smuggle Everything

American Made Movie Review
Universal Pictures

REVIEWS

American Made Movie Review: When Tom Cruise Lays Low, He Can Smuggle Everything

This review contains no spoilers

(3.5/5) 3.5 Stars

Sebagai akibat dari dominasi film laga dalam portfolio Tom Cruise beberapa tahun terakhir, ia pun dicap tak tampil seperti biasanya. Memang, Cruise tidak bisa nekat adu nyali seperti Ethan Hunt maupun menikmati jadi buronan seperti Jack Reacher. Cruise kali ini harus mendaratkan diri down to earth, sebagai Barry Seal, tokoh nyata seorang pilot maskapai komersial yang terlibat misi pembongkaran sekaligus penyelundupan barang-barang ilegal ke AS.

Ya, miris, Seal yang awalnya direkrut sebagai seorang agen rahasia oleh CIA (Monty Schafer’s Domhall Gleeson), juga direkrut oleh Kartel Medellin pimpinan Pablo Escobar (Mauricio Mejía) untuk menjadi penyelundup. Dalam waktu singkat, Seal terjebak antara 2 kubu dengan segala kelebihan dan kekurangannya; menjadi OKB (Orang Kaya Baru), mendapat koneksi luas sekaligus namun juga terancam nyawanya jikalau masing-masing kubu ini memberinya masalah.

Tak bisa mengadili apakah tindakan Seal benar atau salah, kami maklum bahwa situasinya saat ini sedang di atas angin. Uang berlimpah hingga harus disimpan dalam tanah dan dibuatkan bank pribadi, jadwal kirim padat sehingga mau tak mau merekrut sekelompok ahli penerbang untuk membantu, hingga kehidupan rumah tangga yang kian lama kian glamor dan menimbulkan pergunjingan.

Padahal, karir Seal sebagai pilot maskapai tergolong baik walau di awal film, ia terlihat bosan. Kehidupan rumah tangga yang ia bina bersama Lucy (Sarah Wright) juga tergolong harmonis walau Seal terlihat berharap bisa memberi lebih untuk sang istri. Yang disayangkan hanyalah nasib Seal, yang hanya nyaris beruntung. Ia ditawari CIA menjadi bagian dari tim pengintai, menjadi kurir udara narkoba dan senjata, dari Selatan menuju Serikat. Singkat cerita, karena situasinya dibuat sedemikian rupa sehingga Seal tak bisa menolak, Seal pun menjadi kurir pura-pura dan menjalin persahabatan cukup kental dengan kartel top di sana.

American Made Movie Review

Kemampuan negosiasi Seal yang baik tak banyak memberinya masalah. Kartel Medellin begitu percaya, CIA juga memberi Seal dan keluarganya perlindungan yang dibutuhkan. Yang jadi masalah adalah ketika DEA (Drug Enforcement Administration) mengendus aksi Seal dan CIA tak mau membongkar penyamaran Seal. Alhasil, untuk menghindari penyelidikan lebih lanjut, CIA mengubah misi mereka, meminta Seal untuk mengirim bantuan senjata pada grup perlawanan bernama Contra di Nikaragua, Amerika Tengah.

Ada cukup banyak detail cerita yang sulit dicerna penonton karena mereka tidak mengikuti berita saat kejadian ini terjadi. Sosok Seal juga kurang familiar, membuat penonton sulit menilai berapa bagusnya akting Cruise menjelma jadi Seal di film ini. Kami pun demikian. Kami hanya dapat menilai akting flamboyan Cruise yang meyakinkan dan jalan cerita American Made besutan Doug Liman (The Bourne Identity, Edge of Tomorrow) ini dipoles hingga mulus.

Ada komedi dalam ketegangan dan sebaliknya, demikianlah hidup Seal dipermainkan oleh pemerintah dan pihak-pihak lain yang sudah ia layani dengan begitu setia. Membuat keluarganya hidup sederhana, Seal pasti punya banyak penyesalan dalam hatinya. Jika kehidupan normal lamanya yang akhirnya Seal inginkan, sayang ia tak dapat kesempatan. Pada bulan Februari 1986, Seal ditembak mati oleh pembunuh bayaran Kartel Meddelin, saat ia tengah menjalani hukuman pelayanan pada komunitas militer udara di Baton Rogue, AS.


Director: Doug Liman

Cast: Tom Cruise, Sarah Wright, Domhall Gleeson, Mauricio Mejía, Caleb Landry Jones, Jesse Plemmons

Duration: 117 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

25.10.17

thorragnarok

To Top