Connect with us
babydriver

Atomic Blonde Movie Review: Not Yet a Match for John Wick, She Comes Up With a Style Can’t Be Compromised Instead

Atomic Blonde Movie Review
Focus Features

REVIEWS

Atomic Blonde Movie Review: Not Yet a Match for John Wick, She Comes Up With a Style Can’t Be Compromised Instead

This review contains mild spoilers

(3.5/5) 3.5 Stars

Bagi kami, Lorraine Broughton (Charlize Theron) lebih mirip John Wick ketimbang James Bond versi wanita (baca: walau Bond juga bekerja untuk MI6 dan berbasis di London) mengingat film ini turut dimotori David Leitch (John Wick, Deadpool 2). Semakin mirip ketika Broughton diberi gerak-gerik sebelas dua belas dengan Wick; tak suka tebar pesona dan tak basa basi ketika menghadapi musuh. Yang membedakan hanyalah profesi dan pembawaan karakter keduanya, yang sebenarnya bedanya juga sangat tipis.

Walau keduanya adalah yang terdepan di profesi masing-masing, Broughton adalah seorang agen keamanan sedangkan Wick adalah pembunuh bayaran. Tugas utama keduanya sama-sama harus membunuh untuk melindungi kliennya, walau profesi Broughton berkonotasi positif dan Wick sebaliknya. Keduanya juga sama-sama bersikap ekstra hati-hati apalagi banyak bicara walau Broughton berprinsip tak mau mudah percaya pada orang lain sedangkan Wick secara alami berubah melankolis setelah ditinggal mati anjingnya, Daisy. Singkat kata, yang kemudian menjadi kunci penentu keberhasilan Atomic Blonde adalah seberapa dekat Broughton menyaingi kelihaian dan kebrutalan Wick tanpa harus mentoleransi fakta bahwa gender mereka berbeda.

Atomic Blonde mengemban misi penting; membuktikan bahwa wanita juga berhak untuk tak berbelas kasih. Bak adegan Bronough yang menunjukkan betapa gemarnya ia mandi berendam di bawah kumpulan batu es, demikian pula hatinya yang sudah dingin membatu. Namun bukan berarti Broughton adalah sosok yang naif kejinya. Ia adalah seorang yang intelek; mengatur strategi dan bernegosiasi mengingat prioritasnya adalah melindungi, alih-alih membunuh.

Atomic Blonde Movie Review Atomic Blonde Movie Review

Sekali lagi, kami dibuat terpukau dengan penampilan Theron yang badass, bahkan bisa disebut sangat tangguh. Sebagai seorang agen top, Theron tak perlu jampi-jampi atau bantuan cermin ajaib. Ia bertarung dengan kelihaian jurus tangan kosong dan senjata api. Ia bahkan harus berpikir 10 langkah lebih cepat setelah beberapa kali tersandung ulah David Percival (James McAvoy) yang nakal. Bonus, postur tubuh Theron yang tinggi semampai namun juga kekar membuat aksi sengitnya ini makin sedap dipandang.

Kenakalan McAvoy yang belakangan diketahui licik adalah faktor kedua mengapa Atomic Blonde terasa hidup. Tampan, gesit, dan punya banyak koneksi, wajar jika Broughton sempat terkelabui. Kepribadian ganda Split-nya jelas berguna untuk menghidupkan karakter Percival yang ternyata bermuka dua, sukses mematahkan prinsip tidak percaya orang milik Broughton itu.

Sofia Boutella (Star Trek Beyond, The Mummy) sebagai agen asal Perancis yang cerdik dan sensual juga sedikit banyak memberi intrik personal bagi Broughton, paling tidak mengingatkan Broughton bahwa di luar profesinya yang begitu maskulin, ia tetaplah seorang wanita. Boutella memerankan Delphine Lasalle yang bergerilya mandiri menolong Broughton mengumpulkan bukti-bukti lewat jepretan kameranya.

Hasilnya? Well … walau dari segi pemain tidak ada masalah berarti dan adegan vulgar, bersimbah darah tak terelakkan, Atomic Blonde tetap tak bisa menghindar dari formula Wick yang sudah terlanjur sangat nendang itu. Tampil dengan warna dan gaya yang berbeda, Atomic Blonde sebatas sukses menciptakan ikon baru untuk kategori femme fatale di genre film aksi. Tampil dengan kombinasi warna neon seksi serta bertarung menggunakan rambut palsu dan sepatu hak tinggi, memang bukan Wick jagonya. Namun, walau Broughton adalah wanita yang notabene cocok dengan warna dan gaya tarung di atas, bukan berarti pula ia jago kandang. Mungkinkah keduanya bagian dari persiapan sebuah universe dalam waktu dekat?


Atomic Blonde Movie ReviewDirector: David Leitch

Cast: Charlize Theron, James McAvoy, Sofia Boutella, Bill Skarsgard, John Goodman, Toby Jones

Duration: 115 mins

Adapted from: Anthony Johnston’s The Coldest City. More info, click here.


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

PLAYING NOW

thorragnarok

To Top