Connect with us
princessmononoke

Attack on Titan: Part 1 Movie Review: Entertaining but Missing the Potential, This Part Definitely Needs Part 2 to Build a Groundbreaking Wall

MUVIBLAST - movie website for movie enthusiasts, based in Indonesia. Movie reviews, movie review, film review, review film, movie trailer, movie trailers, trailer movie, movie news, coming soon movies, playing now movies, box office movies, indie movies, cinema movies, independent movies, japanese movies, korean movies, hollywood movies, asian movies
Toho

REVIEWS

Attack on Titan: Part 1 Movie Review: Entertaining but Missing the Potential, This Part Definitely Needs Part 2 to Build a Groundbreaking Wall

This review contains mild spoilers

(3.5/5) 3.5 Stars

Walau banyak kami mendengar bahwa versi film live action dari kisah yang berjudul asli Shingeki no Kyojin berbeda dari versi manga dan anime-nya, kami sebagai kaum yang masih awam dengan karya tenar asal Jepang ini, cukup menikmati jalinan cerita dari film yang dibesut oleh Shinji Higuchi (Sinking of Japan, The Floating Castle).

Karena pada intinya, Higuchi telah mem-plot kisah Attack on Titan sebagaimana mestinya, mulai dari narasi sejarah kemunculan Titan hingga sepak terjang para survivor muda yang memiliki dendam kesumat pada para raksasa kanibal tersebut. Singkat kata, kami dengan mudah mencerna kisah manga 7 volume dan anime 30 episode ini hanya lewat durasi 90 menit saja.

Namun pertanyaannya, apakah kami setuju filmnya sespektakular dan sememuaskan kedua format sebelumnya? Inilah pertanyaan yang mungkin belum bisa 100% kami jawab di ulasan Part 1 ini. Pasalnya, walau awalnya kami sungguh tertarik untuk mengetahui apa yang selanjutnya terjadi pada para survivor muda ini ketika akhirnya dihadapkan dengan para Titan, kamilah yang justru merasa agak gentar. Kegentaran ini bukannya tanpa sebab; mulai dari akting ensemble cast yang kurang kompak sekaligus meyakinkan hingga visualisasi para Titan yang ternyata tidak seintimidasi itu.

Namun, kembali kami katakan bahwa kami belum bisa menghakimi Attack on Titan secara keseluruhan hanya dengan melihat sebuah bagian saja, terutama dengan fakta bahwa sebenarnya begitu banyak potensi yang bisa dicapai oleh sekuelnya nanti.

Potensi Haruma Miura Kurang Dimaksimalkan 

Memasang wajah aktor setampan dan setenar Haruma Miura jelas menjadi daya tarik tersendiri untuk film ini. Bukan hanya para fan setia Attack on Titan saja yang kegirangan dan serasa mendapat paket komplit ketika menonton film ini, kaum hawa pada umumnya pun mau tak mau tergoda untuk menyaksikan aksi sang jagoan di layar. Namun sayang, kami menilai potensi Miura tidak dimaksimalkan dengan baik.

Mungkin karena Eren dikisahkan masih dalam tahap pembelajaran menjadi seorang prajurit yang sesungguhnya, Miura lebih banyak menampilkan ekspresi seorang anak muda yang masih labil emosinya; campuran antara temperamental dan galau. Terutama pasca mengira gadis yang dicintainya, Mikasa (Kiko Mizuhara) telah meninggal, gerak gerik Eren seperti tidak terkendali, membuat simpati dan rasa kagum kami tidak mencapai titik maksimal.

Attack on Titan Movie Review

Attack on Titan Movie Review

Berbeda dengan Eren, sosok Mikasa justru tampil lebih kuat, bertenaga, dan diberi kesan mampu membunuh semua Titan seorang diri. Terlepas plot bahwa ia diajari ilmu bertarung oleh Shikishima (Hiroki Hasegawa), ekspresi wajah dan gerak gerik yang ditampilkan oleh Mizuhara juga lebih bermakna.

Dan alih-alih mendapat penampilan top notch dari Miura sebagai bintang utama, kami lebih melihat Hasewaga lebih memiliki karisma sekaligus aura mengintimidasi sejak awal kemunculannya. Walau membantu Eren cs membasmi satu demi satu Titan, Hasegawa juga memperlihatkan sisi manipulatifnya secara perlahan, membuat karakternya ini terlihat lebih menarik.

Visualisasi Titan yang Kurang Meyakinkan

Tidak perlu dibahas berapa banyak kami menonton film dengan efek visual canggih dan membelalak mata, apalagi jika bicara film dari rana Hollywood. Dan seharusnya, film produksi Jepang berada di level yang sama, atau paling tidak menyetarai. Namun apa yang kami saksikan di Part 1 ini tidaklah demikian.

Attack on Titan Movie Review

Sosok Titan di film ini yang digambarkan berjalan berat dan lambat semakin terlihat melelahkan dilihat akibat efek visual yang secara kasat mata tidak sempurna. Kurang detail dan tajamnya warna kulit serta atribut lain yang melekat pada tubuh para Titan mengurangi rasa takut yang harusnya kami rasakan pada sosok raksasa ini.

Lebih jauh lagi, mimik dan gerakan Titan ini kami nilai kurang meyakinkan, membuat karakter villain yang begitu menyeramkan di manga dan anime-nya kurang believable. Hanya ketika Colossal Titan yang digambarkan memiliki tinggi 120 meter nampak di awal film, paling tidak kami merasakan di mana greget-nya teror yang melanda desa di balik tembok tersebut lebih dari 100 tahun lamanya.

Part 2 yang Nampak Lebih Menjanjikan

Mirip film-film serupa yang dibagi menjadi beberapa bagian, kami yakini kalau Part 2 dari Attack on Titan ini akan lebih menjanjikan. Mulai dari kelanjutan sepak terjang Eren cs yang lebih seru serta klimaks pertarungan antara manusia dan Titan pastinya akan dieksplor lebih maksimal.

Part 1 sendiri ditutup ketika Eren kembali ke wujud manusianya. Mudah ditebak kalau dilema Part 2 berkutat pada Eren si manusia atau Eren si Titan. Ditambah dengan kisah kasihnya yang mulai membentuk segitiga sejak Shikishima hadir dalam hidup Mikasa, Part 2 yang bertajuk End of the World akan memberikan semua keseruan aksi dan kepuasan jawaban yang kami belum dapatkan di Part 1.

Tidak kami sangkal kalau kami tetap menantikan aksi Miura yang lebih heroik dan lebih tangguh ketimbang yang ia perlihatkan di Part 1 ini. Apakah harapan kami ini akan terpenuhi? Well … seperti yang telah kami kemukakan di awal ulasan ini, until that time, we’ll just keep our verdict safe behind the walls.


Director: Shinji Higuchi

Cast: Haruma Miura, Kiko Mizuhara, Kanata Hongo, Hiroki Hasegawa

Duration: 87 mins


Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

COMING SOON

gintama

thebattleshipisland

waroftheplanetoftheapes
To Top