Connect with us
transformersthelastknight

Attraction Movie Review: Technically Engaged but Emotionally Broken as the Plot Orbits Aimlessly

Attraction Movie Review
Art Pictures Studio

REVIEWS

Attraction Movie Review: Technically Engaged but Emotionally Broken as the Plot Orbits Aimlessly

This review contains mild spoilers

(3/5) 3.0 Stars

Mengusung premis dan genre yang membutuhkan keahlian teknis mumpuni, Attraction produksi negara Rusia ini termasuk cukup bening dipandang mata. Premis akhir dunia dengan elemen fiksi ilmiah dibungkus dengan efek visual yang tidak buruk. Terasa cukup nyata walau destruksi yang ditampilkan hanya di sebagian area kota Chertanovo saja. Terasa cukup menegangkan walau makhluk asing yang memasuki atmosfer bumi tersebut tidak sampai melakukan pertumpahan darah.

Ya … jalan cerita milik Attraction garapan Fyodor Bondarchuk ini memang tidak meniru milik film serupa kebanyakan, walau penggarapannya kami nilai tanggung. Ada sebuah nilai filosofis yang dijadikan benang merah bagi hubungan antara makhluk asing dan manusia, walau pertaliannya tidak sampai melibatkan isu soal seperti apa gerangan sosok Sang Pencipta yang agung itu. Sebuah nilai filosofis yang membuat Attraction memiliki sebuah gol walau jalurnya beberapa kali membingungkan untuk diikuti.

Dalam semua kisah akhir dunia, pasti selalu ada beberapa karakter manusia bermasalah yang disorot, memberi intensitas emosional, terlepas rasa takut melihat kemarahan alam maupun ancaman makhluk asing. Demikian pula dengan Attraction yang membuka filmnya dengan memperkenalkan kami pada Yulia (Irina Starshenbaum), seorang gadis remaja yang mempunyai kegalauan mengenai posisi eksistensi manusia di tengah alam semesta luas ini. Yulia kehilangan ibunya, menjalani hari-hari bersama sang ayah yang kaku dengan hati hampa.

Hingga pada suatu hari, sebuah pesawat luar angkasa raksasa terdampar di kota tempat Yulia tinggal, setelah sebelumnya menghancurkan banyak gedung dan mengakibatkan seorang sahabat baik Yulia tewas. Insiden inilah yang membuat Yulia, alih-alih merasa takut, malah marah, mengajak kekasihnya untuk melawan. Siapa sangka, makhluk asing yang ia kira kejam itu, malah menunjukkan sikap sebaliknya. Singkat cerita, Yulia pun berubah pikiran.

Attraction Movie Review

Bukan bermaksud memberi spoiler namun apa yang terjadi selanjutnya mengingatkan kami pada kisah dalam 2 film Bollywood berikut; Koi Mil Gaya (2003) dan PK (2014). Bagi MuviBlaster yang mengira ada percikan asmara atau minimal persahabatan sejati antar spesies, Anda tak salah. Ibarat menemukan jawaban atas kegalauannya selama ini, Yulia diberi kesempatan untuk memahami bahwa alam semesta tak pernah meninggalkan manusia. Sebaliknya, mereka peduli dan berusaha membantu, walau seringkali manusia salah mengerti.

Namun, jangan artikan pernyataan kami di atas sebagai 100% pujian, karena pada kenyataannya, perubahan drastis pada plot utamanya sempat membuat kami, otomatis bingung. Alhasil, detail cerita yang ditampilkan mulai terasa acak di tengah film. Konflik, karena tak bisa katakan klimaks, terjadi akibat terjebak antara pilihan menyelesaikan film ini tepat waktu atau menimbulkan masalah baru yang membutuhkan tambahan durasi, sebuah situasi klasik yang terjadi pada film dengan eksekusi plot yang tak matang.

Berita baiknya, Attraction sudah mempersiapkan rencana cadangan, seakan-akan sudah dapat membaca gelagat kecewa penontonnya. Yulia diperankan aktris asal Rusia yang wajahnya cantik dipandang. Kekasihnya, Artyom (Alexander Petrov), juga memiliki garis wajah maskulin khas aktor Hollywood. Namun yang paling mengejutkan adalah sosok alien yang jauh dari sosok alien versi film pada umumnya. Penasaran seperti apa rupanya? Apakah sesuai dengan yang tengah Anda pikirkan sekarang?


Director: Fyodor Bondarchuk

Cast: Irina Starshenbaum, Alexander Petrov, Oleg Menshikov, Rinal Mukhametov

Duration: 132 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

COMING SOON

despicableme3

dunkirk

baywatch

To Top