Connect with us
babydriver

Bad Genius Movie Review: The Exam Heist Is Ironic yet Passes With Flying Colors

Bad Genius Movie Review
gdh

REVIEWS

Bad Genius Movie Review: The Exam Heist Is Ironic yet Passes With Flying Colors

This review contains no spoilers

(4/5) 4.0 Stars

Terlepas karakter utama film ini memanglah murid jenius, Bad Genius adalah film yang secara jenius memodifikasi kasus penggelapan soal-soal ujian di dunia pendidikan menjadi sebuah film kriminal dengan trik tipuan kaliber tinggi. Tanpa ancaman uang apalagi senjata, Bad Genius sukses memberikan ketegangan yang membuat kami ikut berkeringat dingin bersama para karakternya, karena “waktu” dibuat menjadi ancaman terbesar sekaligus penyelamat satu-satunya, yang sayang, tak bisa diakali seeenaknya.

Walau tanpa bintang-bintang kelas kakap, kekuatan jalan cerita Bad Genius sanggup membagi rata beban besar itu kepada para karakternya. Pasalnya, premis yang disodorkan cukup langka, lengkap dengan detail yang dijamin membuat publik geleng kepala saking nekat canggihnya. Ensemble cast cukup memberikan penampilan yang meyakinkan, terutama di saat aksi ilegal mereka berpotensi terungkap.

Penampilan solo Chutimon “Aokbab” Chuengcharoensukying yang melakukan debut aktingnya di film ini, tergolong baik. Ekspresi wajahnya yang sendu namun dengan mata sipit khasnya itu banyak membantu memberi aura tegas pada sosok Lynn. Duet mautnya dalam ujian standar STIC bersama Bank (Chanon Santinatornkul) adalah yang paling menyita perhatian. Latar belakang keduanya menjadi frenemy juga tak boleh luput dari perhatian. Apakah kolaborasi heist keduanya dapat membawa dampak positif untuk hubungan pertemanan mereka nanti?

Bad Genius Movie Review

Jangan mengira dalang utama dari kasus ini adalah sejumlah murid kaya malas manja yang menyogok pihak ujian demi sejumlah soa, karena faktanya mereka membayar sesuai tarif yang ditetapkan. Adalah seorang murid paling pintar yang justru memanfaatkan situasi teman-teman kaya malas manjanya itu demi meraup jumlah uang yang besar. Motif utama Lynn (Aokbab) bersedia melakukan kejahatan ini memanglah uang. Lynn lelah hidup pas-pasan bersama ayahnya yang berprofesi guru. Lynn lelah hidup ideal jika tak bisa disebut naif, karena Lynn menyadari sebuah realita berikut; menjadi pintar tak berguna jika jalan hidup seseorang lurus, lurus saja.

Diadaptasi dari insiden nyata di Cina, Bad Genius banyak mengalami perombakan dalam detail ceritanya. Karena alih-alih menghadirkan agen penggelapan profesional, Lynn-lah yang diplot mengemban misi besar itu. Tujuannya tentu saja untuk memberikan konflik personal yang esensial serta menitipkan pesan moral di akhir film nanti. Memang betul ada otak-otak malas mikir di balik kenekatan Lynn, namun mengapa otak Lynn yang cerdas itu tak bisa membedakan yang mana yang benar dan salah?

Alih-alih menggunakan ujian standar SAT di Amerika Serikat, film Thailand arahan Nattawut Poonpiriya (Countdown) ini menggunakan ujian standar STIC di Australia. Otomatis, sebagian besar setting lokasi film ini berada di negeri kangguru tersebut. Detail-detail lain seperti kedok guru piano klasik yang Lynn lakukan untuk mendapat lebih banyak klien serta penyelundupan jawaban pilihan ganda pada kode bar pensil ujian belum diketahui pasti kebenarannya. Yang pasti, siapapun yang mencetuskan ide ini adalah seorang jenius dengan bakat heist tinggi.

Pemaparan strategi sebelum hari H dilakukan cukup gamblang. Bagi penonton awam, tentu saja hal ini merupakan tontonan menarik sekaligus menambah wawasan mengenai trik contek mencontek non-konvensional. Namun bagi penonton yang bergelut di dunia pendidikan, Bad Genius membeberkan aib besar yang diharapkan tak  kembali terulang. Karena di mata mereka, kesalahan kasus ini bukanlah terletak pada bakat jenius otak seseorang namun penyakit kedangkalan moral yang menjangkiti banyak orang pintar.

Terungkap pula, ada insiden serupa di Cina yang melibatkan teknologi rakitan canggih kasat mata; kamera tersembunyi dan chip penerima gelombang dalam dalam gagang kacamata hingga alat penerima data yang disambung dengan telepon genggam yang disembunyikan di balik kaos dalam. Tak menggunakan trik secanggih insiden nyata di atas, Bad Genius menggunakan trik yang masuk kategori konvensional namun sulit dipercaya. Sulit dipercaya karena tingkat kesuksesan dan kegagalannya yang sama-sama tinggi.


Director: Nattawut Poonpiriya

Cast: Chutimon “Aokbab” Chuengcharoensukying, Chanon Santinatornkul, Eisaya Hosuwan, Teeradon Supapunpinyo

Duration: 130 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

PLAYING NOW

thorragnarok

To Top