Connect with us

Bleed for This Movie Review: Enjoy Watching Miles Teller Boxing the Predictable Plot Under the Radar

Bleed for This Movie Review
Open Road Films

REVIEWS

Bleed for This Movie Review: Enjoy Watching Miles Teller Boxing the Predictable Plot Under the Radar

This review contains mild spoilers

(3.5/5) 3.5 Stars

Walau pergumulan Vinny Paz-ienza menghadapi cedera tulang belakang membuat hidupnya sengsara dan karirnya sempat mandek, kami menilai cederanya ini tidaklah separah cedera yang dialami atlet lain, terutama yang bergelut di cabang olahraga ekstrem. Oleh karena itu, sangat wajar jika kami menyematkan pujian tertinggi untuk penampilan Miles Teller (Spectacular Now, Whiplash) yang sukses mendominasi kekuatan film biopik yang berplot tak rumit ini. Penampilan Teller meyakinkan, baik secara fisik maupun emosi. Ia bahkan sukses mengucapkan dialog dengan aksen wilayah Rhode Island itu dengan santai, tanpa terasa dibuat-buat.

Soal fisik, Teller terlihat bak Rocky versi muda, jauh dari kesan sosok remaja pria kritis, peran yang ia kerap lakoni sebelumnya. Secara emosi, Teller juga sukses menyelami pergumulan Paz dalam menekuni karir bertinjunya. Bahwa ada pasang naik dan pasang surut bahkan jalan buntu ketika dokter memvonis dirinya tak akan mampu berjalan apalagi bertinju lagi. Pergumulan ini semakin intens ketika Paz memutuskan bahwa ia masih memiliki harapan, namun tanpa satu orang pun mendukung pemikirannya. Bahkan sang ayah yang selalu mengidolakan Paz di atas ring sana, ikut menyerah.

Soal plot yang tak rumit, memang benar demikian. Sempat beberapa kali gagal namun akhirnya sukses menjadi juara kelas berat menengah junior melawan Gilbert Dele di tahun 1991, Paz hanya butuh beberapa kali kesempatan pertarungan bergengsi untuk menjadi juara kelas berat dunia. Namun seperti kisah nyata para pejuang olahraga lainnya, fisik Paz mendapat ujian ketika ia mengalami kecelakaan mobil di tahun yang sama. Patah di lehernya berpotensi resiko tinggi untuk tulang belakangnya. Paz jadi sulit bergerak, dianggap orang cacat oleh orang-orang sekelilingnya.

Bleed for This Movie Review

Satu-satunya jalan sembuh hanyalah dengan memasang rangka halo di kepalanya selama 6 bulan. Tanpa jaminan sembuh total, Paz menjalani hari-hari barunya dengan depresi. Baru ketika ia tersadar bahwa karir bertinju sangatlah penting dalam hidupnya, ia belajar untuk tak mengenal kata menyerah. Dengan bantuan pelatih setianya, Kevin Rooney (Aaron Eckhart), Paz nekat memulai latihan beban untuk melatih fisiknya. Dan seperti yang mungkin MuviBlaster tebak, selalu ada hadiah untuk setiap usaha serius. Sama halnya kesembuhan total untuk Paz yang giat berlatih tiap malam secara diam-diam di ruang bawah tanah rumahnya.

Kualitas Akting Semakin Matang

Bleed for This garapan Ben Younger (Boiler Room, Prime) menjadi pembuktian baru bahwa Teller memanglah seorang aktor watak. Tak sekedar mengandalkan wajah tampan dan senyum isengnya, Teller kembali menunjukkan semangat berkobar dalam peran yang ia lakoni ini. Bahkan dalam adegan kesakitan sekalipun, Teller mampu menampilkan akting spontan nan kocak yang matang ketimbang tak serius apalagi mengada-ada.

Yang paling menarik, terlepas Teller tampil gemilang sebagai Paz, aura remaja kritis dalam dirinya tetaplah terpancar. Didukung oleh penampilan Katey Sagal (Pitch Perfect 2) dan Ciaran Hinds (The Woman in Black, Silence) sebagai orang tua Paz yang suportif, aktor berusia 29 tahun ini mendapat ruang gerak lebih banyak memancarkan aura bawaan lahirnya itu, tanpa terjebak dalam sebuah zona nyaman. Kolaborasi Teller dengan para pemain pendukungnya juga terjalin solid, menunjukkan bahwa Paz tak mungkin sukses tanpa kehadiran orang-orang sekelilingnya, baik yang mendukung maupun meninggalkan. Pengaruh peran masing-masing juga tergolong besar dalam setiap keputusan yang diambil Paz, baik yang mudah maupun sulit.

Kisah Menginspirasi

Sejak awal kami memang tak mengharapkan Bleed for This menampilkan plot rumit apalagi sulit ditebak mengingat memang bukan poin inilah yang hendak dijual. Apalagi mengusung tema sport drama, sorotan jalan panjang nan terjal sang atlet menjadi juara, otomatis menjadi prioritas. Yang perlu jadi catatan justru pemahaman bahwa di balik kerasnya dan gemerlapnya karir bertinju ini, siapapun yang tak punya nyali dan berhati kecil tak akan mampu bertahan. Oleh karena itu, tak ada hal lain yang bisa kami lakukan selain menyelami makna dari perjalanan hidup dan karir Paz yang memberi pesan “Jangan menyerah karena menyerah itu mudah.”

Dan faktanya, pesan Paz yang tak sekedar omong kosong ini, memberi inspirasi bagi para pejuang karir di luar sana yang belum mencapai sukses. Dikemas dengan semangat olahraga yang disuntikkan Younger dalam pengarahannya, Bleed for This adalah sebuah penghargaan visual untuk Paz atas kerja kerasnya itu.


Director: Ben Younger

Cast: Miles Teller, Aaron Eckhart, Katey Sagal, Ciaran Hinds, Amanda Clayton, Ted Levine

Duration: 117 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

COMING SOON

thorragnarok

To Top