Connect with us
thorragnarok

Captain America: Civil War Movie Review: The Fun Is Still but With a Bonus of Rare Emotional Depth

Captain America : Civil Review Movie Review
Walt Disney Studios Motion Pictures

REVIEWS

Captain America: Civil War Movie Review: The Fun Is Still but With a Bonus of Rare Emotional Depth

This review may contain mild spoilers

(4.5/5) 4.5 Stars

Kadar humor yang sama namun dengan suntikan emosional yang jarang ditampilkan film-film superhero Marvel lainnya, film pembuka fase 3 MCU ini dengan mudah mencuri perhatian dan jadi favorit banyak kalangan. Well … bukan rahasia umum kalau sejak perilisan film pertamanya, spin-off Captain America adalah yang terbaik dari MCU. Digarap dengan elemen seimbang termasuk paparan kisah yang luas namun terkontrol diiringi semangat patriotisme tinggi, kami salut Captain America: Civil War sukses kembali menjaga legacy ini.

Walau berdurasi seperti biasa, lama (baca: 147 menit), kami sempat bergumam “Yaa…” ketika film usai. Ya … kami menilai sekuel Captain America yang sekilas terlihat seperti sekuel Avengers ini memang kebangetan serunya. Tema besar versus yang diterjemahkan lewat strategi cerita cerdas, adegan aksi yang tak pakai tanggung serta pengembangan tiap karakter yang sudah lama ditunggu tampil di MCU.

Lebih jauh lagi, background perseteruan antara Cap dan Iron Man dibangun secara matang. Hasilnya, motif yang kuat (baca: tidak terasa dipaksa) dan usaha saling menjatuhkan yang greget bisa kita nikmati dengan begitu mudahnya.

Captain America: Civil War Movie Trailer

Soal banyaknya karakter yang tampil, tak ada yang perlu dikhawatirkan. Masing-masing mendapat screen time yang adil dan tidak saling menumpang tindih. Duo sutradara Anthony dan Joe Russo (Captain America: The Winter Soldier) terlihat piawai mengaplikasikan ulang formula suksesnya tanpa harus terasa diulang. Mereka tahu kapan harus memberi momen pada setiap karakter, terutama pendukung, sehingga tampilan masing-masing terasa segar, bukan sebatas penghibur atau pengalih semata.

Buktinya, pengenalan trio karakter yang sebelumnya absen di Avengers; Black Panther, Ant-Man, dan Spider-Man, terasa penting dalam perseteruan 2 kubu ini. Bisa dibilang, ketiganya sekaligus sukses menjadi scene stealer dengan caranya masing-masing. Dan seperti biasa, kehadiran karakter baru ini dikemas dalam format break the 4th wall, yang dijamin membuat Anda tak henti tertawa.

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Hubungan pertemanan Cap dan Iron Man positif berkembang, walau tak selalu bersifat positif. Tak kenal maka tak sayang, kira-kira. Untung saja, perkembangan yang dilematis ini semakin memperkuat bakat idealis dalam diri Cap dan pragmatis dalam diri Tony, walau sayangnya harus membuat perbedaan visi dan misi antara keduanya kian kontras.

Captain America: Civil War Movie Review

Dan ketika Bucky Barnes AKA The Winter Soldier mendadak hadir di antara keduanya, hubungan di atas berubah bak cinta segitiga yang emosional. Teman jadi lawan dan sebaliknya, sayang, Cap-lah pihak yang mengalami dilema memilih paling berat.

Menengahi mereka adalah Natasha Romanoff (Scarlett Johansson), Sam Wilson (Anthony Mackie), dan James Rhodes (Don Cheadle). Singkat kata, menjadi penengah bukanlah hal mudah, apalagi ketika nasib keselamatan dunia yang dipertaruhkan. Namun bagaimana peran masing masing menjadi teman yang dituntut bersikap bijak adalah prestasi yang layak dapat ancungan jempol.

Daniel Bruhl, si Villain Kejutan

Saking banyak hal yang ingin kami ulas, tak ada ruang untuk kami mengingatkan MuviBlaster apa sinopsis sekuel yang problemnya bermula dari Sokovia Accords itu. Sebaliknya, kami ingin menginfokan sebuah kejutan, terutama Anda penggemar Daniel Bruhl (Rush, Colonia).

Sebelumnya, tak banyak info terkait apakah ada supervillain di sini. Yang pasti, perseteruan 2 kubu superhero menjadi problem utama yang akan menguras durasi. Namun, kami cukup dibuat terkejut melihat Bruhl yang sangat cocok diam-diam menjadi musuh dalam selimut, walau tanpa kekuatan super.

Bruhl memang bukan aktor sembarang. Performa aktingnya selalu bagus walau fisiknya bukanlah tipe superhero. Dengan ekspresi wajah yang sangat pas bermuka dua, motifnya mengadu domba Cap dan Tony sungguh sulit dibaca. Segera tonton jika kami berhasil membuat Anda penasaran.

Spider-Man Versi Tom Holland

Jujur saja, sebelumnya kami tak banyak berharap pada penampil Spider-Man baru yang masih berusia belia ini. Bukan karena akting Tom Holland (The Impossible, In the Heart of the Sea) yang tidak bagus, namun lebih kepada tanda tanya, Spider-Man versi apa yang dititipkan pada dirinya.

Captain America : Civil Review Movie Review

Tanpa bermaksud memberi spoiler, Spider-Man milik Holland ternyata berbeda dari milik para aktor pendahulunya. Dengan tanggung jawab belum terlalu berat, pembawaan Spider-Man baru ini jauh lebih santai. Tak hanya itu, berkat usianya yang masih belia, pengetahuannya soal dunia superhero di sekelilingnya masih dangkal, sehingga ketika ia berada di kubu Tony, kami hanya bisa tertawa geli menyaksikan dirinya sempat mengungkapkan rasa kagum pada Cap. Sebuah keputusan karakter yang menurut kami sangat bijak ketimbang mengadu Spider-Man di tengah anggota Avengers MCU lama yang masih dominan.

Efek visual yang mantap seperti biasa memberi kami kesempatan memperhatikan elemen-elemen non-teknis lain, seperti pengembangan karakter yang sebelumnya bingung dengan bakatnya seperti Scarlet Witch (Elizabeth Olsen) dan Vision (Paul Bettany). Bunga-bunga cinta di antara keduanya pun berkembang, seperti halnya Cap dan Sharon Carter (Emily Van de Kamp) yang di sekuel ini tak lagi malu-malu kucing.

Dan ketika pertarungan akbar yang ditunggu itu pecah, fokus kami tak melulu pada teknologi canggih yang kami yakini top-notch, melainkan transisi emosional teman jadi lawan yang berat karena tak ada kubu mau mengalah. Kesimpulannya, Captain America: Civil War is beyond a blockbuster. It’s a major improvement in superhero genre. It doesn’t try too hard on the versus theme but lets the nature of characters make a big deal out of it.


Director: Joe Russo, Anthony Russo

Cast: Chris Evans, Robert Downey, Jr, Sebastian Stan, Jeremy Renner, Elizabeth Olsen, Scarlett Johansson, Tom Holland, Daniel Bruhl, Anthony Mackie

Duration: 147 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

25.10.17

thorragnarok

To Top