Connect with us
princessmononoke

Central Intelligence Movie Review: The Duo Bring the Best Comedic Side in One Another, Make This Flick a Quite Effective Laugh Booster

Central Intelligence Movie Review

REVIEWS

Central Intelligence Movie Review: The Duo Bring the Best Comedic Side in One Another, Make This Flick a Quite Effective Laugh Booster

This review may contain mild spoilers

(3.5/5) 3.5 Stars

Tema besarnya adalah persahabatan dilengkapi bumbu intrik penindasan alias bullying semasa SMA, namun sayang, film ini bukanlah sekuel dari Mean Girls (2004). Ada Dwayne “Rock” Johnson (Hercules, F7)  yang tinggi besar dan Kevin Hart (Ride Along, Get Hard) yang pendek namun tak kecil, sayang film ini bukan berjudul Mean Boys. Diberi judul Central Intelligence, film ini juga tidak berplot sepak terjang sepasang agen yang menyamar masuk sekolah menengah. Oh, lalu?

Lucunya, pasangan karakter utama beda postur dan beda warna kulit ini, juga tidak diplot sebagai sahabat karib. Mereka hanya kebetulan seangkatan dan dipertemukan dalam sebuah insiden memalukan tak terlupakan. Alih-alih menertawakan Bob Stone (Johnson) yang di-bully telanjang saat acara perpisahan angkatan, Golden Jet AKA Calvin Joyner (Hart) malah simpati dan meminjamkan jaket keemasannya pada Bob. Singkat cerita, Bob tersentuh dan menganggap Jet sahabat sejatinya sejak saat itu.

Central Intelligence Movie Review

Waktu pun bergulir (baca: 20 tahun) dan siapa sangka Jet yang diharapkan jadi orang sukses pasca SMA cuma menjalani profesi akuntan standar. Sebaliknya, Bob yang semula gemuk dan pengecut, kini menjadi agen mata-mata tangguh dengan tubuh kekar penakluk wanita. Keduanya dipertemukan oleh Facebook dan diadu domba oleh CIA yang membuat Jet berpikir Bob adalah seorang kriminal. WTH?

Kami sudah menduga bahwa eksekusi dari plot yang di atas kertas cukup rumit ini tidaklah 100% mulus, namun duo Big Johnson dan Little Hart yang baik membuat perjalanan di atas bumpy road ini terasa seru. Bukan hanya karena keduanya memiliki perbedaan fisik kontras yang mengundang tawa, keduanya juga berhasil menciptakan chemistry yang secara alami lucu. Gaya bicara dan kalimat yang dilontarkan Hart memang berasal dari mulut seorang stand-up comedian sejati sedangkan Johnson mempunyai bakat menaklukkan keras kepalanya Hart dengan rayuan-rayuan yang terdengar gombal namun benar.

Central Intelligence Movie Review

Sindiran Kocak pada Berbagai Pihak

Mulai dari Jet yang menyalahkan fitur Add Friend-nya Facebook, menyindir Bob yang sok pahlawan bak Hercules hingga sindiran Jet pada berbagai figur terkenal yang salah memilih nama panggung, termasuk The Rock.

Intinya, dialog berformat break the fourth wall tersebar di mana-mana, membuat tak satu pun situasi menegangkan gagal mencair.  Lebih jauh lagi, kehadiran Bob bagaikan hantu bagi Jet. Sering mendadak muncul di situasi tak terduga membuat kami pun tak sempat berpikir sebelum tertawa melihat ekspresi Jet yang kaget setengah mati.

Padahal Central Intelligence dibuka dengan tone komedi cenderung datar, walau memang ada guyonan yang beberapa kali sukses. Jangan harap Hart akan tampil lucu sejak awal karena semenjak berprofesi menjadi akuntan, hidupnya tidak bergairah dan tanpa gol. Kalah sukses dari sang istri, Maggie (Danielle Nicolet) pun membuat Jet merasa minder dan galau dengan masa depan pernikahannya.

Barulah setelah ia bertemu Bob, hidupnya berubah … jadi berantakan. Nyawa Maggie jadi terancam, Jet jadi tak bisa pulang ke rumah, dan lebih membuat stres, Jet harus terus menempel pada Bob supaya nyawanya tidak melayang. Lalu apakah kemudian Robert bisa membersihkan namanya dan membuat Jet kembali mempercayainya?

Seru Melihat Kevin Hart Panik

Kami termasuk penggemar Hart, terutama ketika nyalinya sedang ditantang, jika bukan sedang dikerjai. Salah satu contoh adalah ketika talkshow host kondang, Jimmy Fallon berhasil membujuk Hart untuk naik rollercoaster bersama dirinya, terlepas tinggi badan Hart yang sebenarnya tidak memenuhi standar.

Karena ketika Hart panik apalagi takut, baik dalam film maupun kehidupan nyata, ekspresi wajahnya bisa seketika berubah lucu mengenaskan. Lengkap dengan kalimat-kalimat komedi bernada pasrah dan ceplas ceplos, Hart memang pas memerankan Jet yang serba bingung mengambil keputusan, terutama ketika situasi sedang genting-gentingnya.

Sebaliknya, Johnson diuntungkan oleh tubuh besar kekarnya. Siapa sangka kalau Johnson yang melulu jadi the big tough guy bisa juga tampil imut dan perasa, dan ketika ia tampil demikian, siap-siap saja Anda para MuviBlaster wanita dibuat jatuh hati.


Director: Rawson Marshall Thurber

Cast: Dwayne Johnson, Kevin Hart, Rawson Marshall Thurber, Megan Park

Duration: 104 mins


 

 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

COMING SOON

gintama

thebattleshipisland

waroftheplanetoftheapes
To Top