Connect with us
jumanji

Coco Movie Review: The Near-Death Experience Is a New Term of Fantasy We Glad Pixar Tried to Explore

Coco
Walt Disney Studios Motion Pictures

REVIEWS

Coco Movie Review: The Near-Death Experience Is a New Term of Fantasy We Glad Pixar Tried to Explore

This review contains no spoilers

(4/5) 

Semenjak mendengar suara Miguel (Anthony Gonzalez) menyebut-nyebut nama Mama Imelda (Alanna Ubach) dengan aksen Meksiko yang imut, kami jatuh cinta pada dirinya. Terlepas Miguel bukanlah si Coco, hal yang sebenarnya membuat kami jatuh cinta pada film ini adalah premis bocah mengejar cita-cita, namun bukan setinggi langit, melainkan hingga ke alam baka. Ya … Miguel, bocah 12 tahun yang bakat musiknya dibenci satu keluarga besar, tak sengaja mendapat akses ke alam tersebut, bertemu dengan roh-roh gentayangan yang ternyata hidup bahagia.

Pixar sekali lagi menciptakan visualisasi sebuah imajinasi yang sebelumnya hanya bisa dibayangkan saja. Mencari nenek moyang yang sudah meninggal demi mendapat restu atas cita-cita, bocah seperti Miguel tak sekalipun kepikiran. Namun ketika Miguel terpaksa mencuri sebuah gitar milik almarhum legenda Ernesto de la Cruz (Benjamin Bratt), ia mau tak mau menjalani petualangan baru dengan kemungkinan berikut; mendapat restu dan meraih cita-cita atau justru lenyap dari muka bumi tanpa bekas.

Ada pesan mendalam yang ingin disampaikan Coco, selain mengejar cita-cita hingga dapat. Yakni setiap cita-cita sulit berjalan mulus tanpa dukungan keluarga. Pasalnya, semenjak insiden Mama Imelda ditinggal suami, sang gitaris, yang lebih memilih meninggalkan keluarga demi bermusik, generasi Mama Imelda selanjutnya melarang kehadiran musik dalam keluarga besar. Singkat cerita, bisnis kerajinan sepatu keluarga warisan Mama Imelda membuat Miguel frustasi. Bukan Miguel namanya jika ia tak berjuang. Dan film ini tak akan bermakna jika Miguel tak diberi pelajaran hidup yang berharga.

Coco

Coco dengan mudah tampil spesial dibanding film-film jebolan Disney Pixar lain. Terlepas Coco bukanlah digarap dengan format Princess atau premis yang dekat dengan alam atau premis menguras emosi, ada unsur magis terasa berkat pendekatan ceritanya terhadap alam kematian, bahwa manusia dapat berinteraksi dengan roh dan merangkai sebuah cerita kehidupan untuk dikenang kemudian.

Dunia lain yang dinamai Land of the Dead itu pun jauh dari kata mengerikan. Sebaliknya, Tanah Kematian ini bak Disneyland namun dengan wahana yang lebih banyak dan lebih meriah. Siapa sangka alam yang selalu diasosiasikan dengan hal-hal gaib kelam mengerikan bisa jauh lebih berwarna daripada kehidupan itu sendiri. Di sinilah, pelajaran berharga lain disampaikan. Bahwa terlepas semua warna ini hanyalah pencitraan yang bersifat fiktif, hidup manusia tetap hanya sekali, make it colorful. 

Dalam konteks yang lebih luas, kematian bukanlah hal yang melulu menakutkan. Sosok Miguel bak perwakilan dari anak-anak yang diperkenankan apa itu namanya hidup dan mati, sejak dini. Minimal ketika Miguel melihat foto para anggota keluarganya di ofrenda, ia mengerti bahwa mereka yang mati disayangi oleh yang hidup. Dan sepatutnya seluruh foto anggota keluarga ada di ofrenda agar kesempatan memaafkan dosa di masa lalu itu ada.

Soal tata warna, Coco naik setingkat lebih tinggi. Palet warnanya lebih banyak sekaligus lebih rumit karena harus sukses menunjukkan latar belakang budaya Meksiko yang kaya serta ciri khas untuk alam kematian yang digambarkan begitu hidup ketimbang mati. Film yang sangat cocok ditonton keluarga besar tanpa harus terasosiasi apakah anak Anda laki-laki atau perempuan, apakah anak Anda penyuka kisah putri raja negeri dongeng atau kisah remaja penakut berubah berani, dan sederet elemen pembeda lainnya. Coco adalah film yang memberi wawasan baru, film yang membuat penontonnya lebih menghargai eksistensi setiap makhluk.


Director: Lee Unkrich

Voice Cast: Anthony Gonzalez, Gael García Bernal, Benjamin Bratt, Alanna Ubach, Ana Ofelia

Duration: 109 min


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

RECENTLY WATCHED

COMING SOON

AIRING NOW – KBS2

To Top