Connect with us
princessmononoke

Death Note: Light Up the New World Movie Review: Despite the Formulaic Life and Death Gameplay, the Ending Remains Unpredictable

Death Note Light Up the New World Movie Review
Warner Bros. Japan

REVIEWS

Death Note: Light Up the New World Movie Review: Despite the Formulaic Life and Death Gameplay, the Ending Remains Unpredictable

This review may contain mild spoilers

(3/5) 3.5 Stars

Berselang 10 tahun dari kedua film pendahulunya, wajar jika sekuel baru yang diberi tajuk Light Up the New World ini terlihat banyak memanfaatkan kemajuan teknologi. Tak lagi sekedar mengandalkan trik kecepatan otak dan gerak seperti (anjing mengejar kucing ala) Tom and Jerry, namun juga di-back up oleh sistem pengawasan komputer milik satuan intelijen khusus guna melacak keberadaan bahkan menangkap para manusia pencabut nyawa. Pasalnya, kali ini, bukan hanya seorang Kira, namun sejumlah Kira yang harus ditangkap. Lebih sulitnya lagi, tak semua Kira berada di Jepang, membuat kisah sekuel ini sempat melanglang sebentar ke belahan dunia lain.

Sedikit mempermudah, kami ingatkan bahwa pada Death Note 2: The Last Name (2006), sebuah Death Note berhasil diringkus tim satuan intelijen khusus Jepang dan disimpan dalam sebuah ruang bersistem keamanan tinggi. So … sisa pekerjaan rumah tinggal mencari sisa 5 Death Note lain yang tersebar di antara para Kira baru sekaligus karakter kunci di sekuel ini. Terdengar mudah?

Pertama adalah generasi ke-2 dari L (Kenichi Matsuyama) yang bernama Ryuzaki. Dengan gaya nyentrik dan gerak-gerik menyaingi, Ryuzaki yang sebenarnya yang berada di kubu tim satuan intelijen khusus, diam-diam menyimpan sebuah Death Note di rumahnya sendiri. Kedua adalah seorang gadis remaja bernama Sakura Aoi (Rina Kawaei) yang membabi buta membunuh manusia lewat bantuan Shinigami alias Mata Dewa. Dan ketiga adalah Yuki Shien (Masaki Suda) berniat menguasai keenam Death Note yang ada. Sisanya walau tidak terlalu signifikan untuk dibahas di sini, tetap penting perannya dalam rangkaian cerita.

Dengan adanya premis perebutan tahta di atas, yang kemudian jadi menarik adalah bagaimana alurnya terajut rapi hingga menuju sebuah benang merah klimaks yang pas dan tentunya, masuk akal? Kejutan apa yang harus dihadirkan supaya strategi pembunuhan berantai dengan teknik menyebar ini tak bernasib sia-sia?

Death Note Light Up the New World Movie Review

Konflik 10 Tahun Lalu yang Tak Kunjung Usai

Kembali menghadirkan Fujiwara sebagai Light Yagami AKA Kira generasi pertama namun sebatas cameo, konflik sekuel ini memanglah dipicu oleh virus viral Light yang menyabotase berbagai media digital, yang menyebarkan pesan bahwa keenam Death Note haruslah ditemukan dan dipersatukan jika dunia mau aman.

Masalahnya, para Kira ini terlanjur khilaf dan tak semudah itu mau menyerah, terutama Shien yang adalah seorang pemuja berat Kira generasi pertama (Tatsuya Fujiwara) sekaligus cyber hacker handal. Berbekal kemampuan hacking, ia mengelabui Ryuzaki dan tim satuan intelijen khusus yang digawangi Tsukuru Mishima (Masahiro Higashide) ke dalam jebakan maut yang ia rancang. Lebih jauh lagi, ia juga memanfaatkan seorang mantan Kira sekaligus kekasih Light, Misa Amane (Erika Toda), untuk kembali menjadi seorang Kira.

10 tahun berselang, sekuel ini tergolong masih memiliki taji leluhurnya. Lika-liku pengejaran berbagai pihak di sini masih seru walau formulanya masihlah sama. Berkat banyaknya karakter baru dan subplot baru menarik yang dimunculkan, ujung pengejaran ini pun jadi tak mudah ditebak.

Dengan kata lain, siapa saja bisa jadi dalang, siapa saja bisa jadi korban karena sejak awal film dimulai, nyaris identitas asli setiap karakter diplot sebagai samaran. Tidak menggunakan nama asli guna menghindari kematian, kami pun menebak-nebak siapa yang lawan dan kawan di sini.  Dan untungnya, rasa penasaran ini tidak berujung mengecewakan karena naskahnya menempatkan karakter-karakter kunci membuka pintu kebenaran tepat waktu dan guna. Dengan kata lain, Shinsuke Sato sebagai sutradara sukses mengeksekusi sebuah klimaks yang memang tak bisa ditawar tingkat keberhasilannya.

Tom and Jerry Generasi ke-2?

Bicara soal generasi ke-2 di sekuel ini adalah Ryuzaki dan Mishima yang sejak awal film diperlihatkan bak Tom and Jerry-nya live-action. Sekubu namun selalu berbeda pendapat, sekubu namun berusaha saling mendahului. Mirip L yang mengejar Kira, yang kemudian jadi pertanyaan, mungkinkah Mishima adalah generasi ke-2 dari Light?

Tak bermaksud memberi spoiler, yang dapat kami pastikan bahwa keduanya memiliki gol yang sama yaitu menyelamatkan umat manusia tak bersalah dari kematian mendadak yang disengaja. Resmi diplot sebagai generasi ke-2 dari L sejak awal, Ryuzaki berjanji tak akan sekalipun menggunakan Death Note walau ia sebenarnya memiliki privilege tersebut. Sedangkan, Mishima, walau dengan identitas yang memberi kesan out-of-nowhere hingga babak pertengahan film, membuktikan bahwa ia juga berjuang untuk kebaikan. Minus Light VS L, Ryuzaki feat. Mishima ternyata tak mengecewakan.


Director: Shinzuke Sato

Cast: Masahiro Hagashide, Sosuke Ikematsu, Masaki Suda, Mina Fujii

Duration: 135 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

COMING SOON

gintama

thebattleshipisland

waroftheplanetoftheapes
To Top