Connect with us
princessmononoke

Deepwater Horizon Movie Review: As Thrilling as the Real Tragedy

Deepwater Horizon Movie Review
Lionsgate Films

REVIEWS

Deepwater Horizon Movie Review: As Thrilling as the Real Tragedy

This review contains no spoilers

(4/5) 4.0 Stars

Walau film yang mendapuk Mark Wahlberg (Lone Survivor, The Fighter) sebagai tokoh heroik ini dekat dengan tema lingkungan, namun unsur thriller yang terkandung di dalamnya sungguh terasa. Pasalnya, kisah dalam Deepwater Horizon memanglah sebuah kisah bencana mengerikan, dan lebih mengerikannya lagi ketika kami menyadari bahwa insiden terbakarnya kilang minyak di lepas pantai Teluk Meksiko tersebut nyata terjadi di tahun 2010.

Menonton film besutan Peter Berg (The Kingdom, Hancock, Battleship) ini juga mengingatkan kami pada beberapa rekan yang bekerja di industri dan lokasi serupa. Bahwa terlepas pendidikan tinggi serta label profesional yang mereka sudah mereka susah payah raih, resiko seperti Deepwater Horizon akan selalu ada. Tak heran jika keahlian sekaligus nyawa mereka dibayar dengan gaji tinggi dan asuransi lebih dari memadai. MuviBlaster akan mengerti setelah menyaksikan film ini sendiri.

Perlu diketahui bahwa selain menewaskan 11 pekerja; baik itu level supervisor maupun staf, insiden yang ‘dinobatkan’ sebagai bencana lingkungan hidup terparah dalam sejarah Amerika, juga membakar ‘hidup-hidup’ kilang minyak yang merupakan milik sebuah kontraktor pengeboran kilang minyak ternama, Transocean. Spesifiknya, insiden ini menumpahkan kurang lebih 1.3 juta liter minyak per hari ke laut; membuat ekosistem sekitarnya mati. Bahkan dari informasi yang kami dapat dari berbagai sumber, dibutuhkan ratusan ribu relawan hanya untuk membersihkan rumput-rumput pesisir pantai serta burung-burung yang terkena tumpahan minyak tebal akibat insiden ini. Wew …

Deepwater Horizon Movie ReviewUsut punya usut, seperti yang dikisahkan dalam filmnya, insiden ini sebenarnya tak perlu sampai terjadi. Pertama, bahwa para ahli dari pihak BP (British Petroleum) dan Deepwater Horizon tidak mampu (baca: apalagi sempat) mengidentifikasi bahwa ada kebocoran gas metana di dasar laut proyek pengeboran tersebut.

Kedua, bahwa terlepas proyek pengeboran tersebut sukses (baca: hingga Jimmy Harrell, manajer instalasi Deepwater Horizon mendapat penghargaan untuk predikat keamanan operasional di malam sebelum insiden terjadi), pihak BP dan Deepwater Horizon justru kecolongan. Mereka tidak menganalisis hasil tes demi tes dengan seksama, berakibat pada pengambilan tindakan krusial yang gegabah. Lebih tepatnya, pihak BP dan Deepwater Horizon serta Transocean tidak mencapai kesepakatan mengenai jadwal penyelesaian proyek dan pengambilan tindakan tes negatif, menyebabkan tindakan yang dikategorikan ‘sepihak’ ini pun terjadi.

Bukan Kisah Pahlawan Kesiangan

Insiden Deepwater Horizon terjadi di malam hari tepatnya menjelang pukul 10 malam, membuat siapapun mereka yang sukses selamat bukanlah pahlawan kesiangan. Tercatat ada 110 pekerja selamat; dari berbagai pihak yang terlibat dalam proyek pengeboran ini; termasuk Harrell dan Mike Williams, yang namanya disorot media sebagai pahlawan.

Deepwater Horizon Movie Review

Mereka yang selamat menjadi heroik di momen yang tepat, saling membantu di tengah kobaran api luar biasa ganas serta ancaman reruntuhan kontruksi kilang minyak yang tak kenal ampun. Bahkan, seperti yang digambarkan dalam film, Dale Burkeen, seorang operator mesin crane berusia 37 tahun, membantu menghalangi reruntuhan, walau akhirnya tewas juga setelah terlempar ke dek setinggi 50 kaki (15 meter).

Akan tetapi, penggambaran Williams (Wahlberg) mendorong Andrea Fleytas (Gina Rodriguez) dari atas helipad ke laut lepas bukanlah yang sesungguhnya terjadi. FYI, Fleytas ternyata sempat menaiki rakit karet hingga akhirnya mendarat selamat di permukaan air, melanjutkan berenang menuju kapal pengangkut The Damon Bankston.

Formula Thriller yang Sukses Bekerja

Jujur saja, tidak ada satu pun bintang yang kami nilai menonjol di sini. Baik itu Wahlberg, Kurt Russell (Harrell), Rodriguez, maupun bintang pendukung kejutan, Dylan O’Brien (The Maze Runner). Tak mengapa karena kekuatan film ini 100% adalah perekaan ulang kisah nyatanya yang begitu menegangkan sekaligus seru, baik secara visual, plot, maupun dinamika tensi. Efek CGI yang menampilkan ledakan demi ledakan di kilang minyak tersebut sukses membuat kami bergidik. Kobaran api yang disorot dari kejauhan; baik itu dari kapal The Damon Bankston maupun helikopter yang menggunakan bird eye view juga menambah kengerian, bahwa ketika alam marah, ia benar-benar marah.

Walau tidak ada pahlawan dan kriminal yang berkejaran dan baku hantam, Deepwater Horizon menampilkan para manusia biasa yang berkejaran dengan waktu untuk menyelamatkan nyawa. Selain pesan moral yang disampaikan, film yang juga dibintangi Kate Hudson (Fool’s Gold, Bride Wars), juga menyampaikan pesan teknis yang perlu dicatat baik-baik oleh para pelaku industri migas. Bahwa terlepas film ini sukses dan memberikan suntikan adrenalin yang penonton harapkan, tentunya tak ada yang berharap bahwa film lain serupa diproduksi berdasarkan insiden lain serupa di masa mendatang. Mencetak kerugian sebesar USD 54 triliun, insiden ini jelas sebuah kontributor yang semakin memanaskan bumi. Tak ada mau hal ini terjadi lagi …


Director: Peter Berg

Cast: Mark Wahlberg, Kate Hudson, Dylan O’Brien, Kurt Russel, Gina Rodriguez

Duration: 107 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

COMING SOON

gintama

thebattleshipisland

waroftheplanetoftheapes
To Top