Connect with us
thorragnarok

Descendants of the Sun Ep 11-12 Review: The Girls Become Victim and the Boys Take the Chance to Show How Deep Their Love Is

Descendant of the Sun KDrama Review
KBS2

DESCENDANTS OF THE SUN

Descendants of the Sun Ep 11-12 Review: The Girls Become Victim and the Boys Take the Chance to Show How Deep Their Love Is

Dari semua episode yang sudah berjalan, episode 11 dan 12 inilah yang kami nilai memberikan ketegangan maksimal. Selain itu, romansa di kedua episode ini juga paling diuji karena baik Kang Mo Yeon (Song Hye Kyo) dan Yoon Myung Joo (Kim Ji Won) sama-sama diplot menjadi korban.

Walau menjadi korban untuk situasi yang berbeda, keduanya membuat Yoo Shi Jin (Song Joong Ki) dan Seo Dae Young (Jin Goo) sama-sama cemas setengah mati. Jika MuviBlaster mengikuti serial drama ini secara runtun, pasti tahu kalau episode 10 minggu lalu ditutup dengan hasil tes darah Myung Joo yang terkontaminasi virus flu M3 nyaris setara ebola.

Terjangkit virus berbahaya, Myung Joo harus dirawat inap sekaligus diisolasi dalam medicube mengingat virus ini menular dan keadaannya bisa memburuk kapan saja. Melihat kekasih yang dicintai sakit, hati Dae Yong pun semakin lunak. Terutama sepanjang episode 11, ia jadi sering galau dan menangis, bahkan tak lagi gengsi mengungkapkan cintanya pada Myung Joo walau hanya dari walkie-talkie.

Descendant of the Sun KDrama Review

Sedangkan Mo Yeon, walau secara fisik sehat, malah diculik oleh Argus (David Lee McInnis) setelah sebelumnya dijebak dalam konspirasi seorang anak remaja bernama Fatima (Zyon Barreto). Lebih naasnya lagi, saat Mo Yeon diboyong pergi, Shi Jin sedang berada di tempat lain. Singkat cerita, dengan rasa kesal sekaligus semangat tinggi, Shi Jin nekat melakukan misi penyamaran sendirian menyelamatkan Mo Yeon.

Saatnya Kembali ke Korea

Mo Yeon dan Myung Joo terlalu cantik untuk tewas dini. Walau sempat ambruk, keadaan Myung Joo akhirnya membaik (baca: walau proses penyembuhannya kami nilai terlalu mudah untuk virus seberat itu). Demikian pula dengan Mo Yeon, walau bagian dadanya sempat dipasangi bom aktif oleh Argus dan bahunya terkena tembakan peluru Shi Jin (baca: penasaran mengapa Shi Jin menembak bahu Mo Yeon?), Mo Yeon berhasil selamat.

Bonusnya, insiden ini merupakan terakhir kalinya Argus berbuat jahat. Pasalnya, setelah sebelumnya hanya dilumpuhkan oleh Shi Jin, akhirnya Argus ditembak berkali-kali hingga tersungkur tewas oleh mantan rekan tentaranya itu. Namun, siapa sangka kematian Argus membawa duka mendalam bagi Shi Jin. Sempat berteman akrab di masa lalu, Shi Jin pun mengenang masa-masa manisnya bersama Argus lewat sebuah foto yang kemudian ia bakar hangus.

Descendant of the Sun KDrama Review

Dengan tewasnya Argus, keadaan Uruk otomatis kembali aman dan terkendali. Tak ada lagi politik suap pemerintah dan penjualan anak. Trauma pasca gempa pun sudah berkurang, kondisi para korban pun sudah membaik sehingga kini saat yang tepat untuk Mo Yeon dan timnya kembali ke Korea, menyusul tim lain yang sudah kembali lebih dulu.

Namun tenang saja, sebelum meninggalkan Uruk, Mo Yeon sudah memastikan cintanya untuk Shi Jin dan berjanji akan menanti tiba saatnya Shi Jin kembali ke Korea. Tampaknya aman-aman saja, sepertinya akan ada konflik romansa baru menanti mereka berdua di Korea nanti. Apakah salah satunya adalah kehadiran oppa yang ditaksir Mo Yeon saat kuliah dulu, yang positif diperankan oleh Yoo Ah In (Veteran, Six Flying Dragons)? Hmm …

Menjaga Konsistensi Berbagai Elemen

Dengan tema drama berat dan jumlah episode singkat, Descendants of the Sun termasuk sukses menjaga konsistensi berbagai elemen; plot, pengembangan karakter, hingga musik latar. Karena bisa saja, saking fokus pada konflik serius antar profesi, sisi humor serial drama ini terlupakan. Bisa saja, saking fokus pada berbagai konflik yang terjadi di Uruk, semua karakter jadi lupa pulang ke kampung halaman. Bisa saja, saking fokus berperang, musik latar yang dihadirkan tak ada yang melantunkan nada-nada indah.

Lebih jauh lagi, menjaga chemistry para lovebirds ini juga bukanlah hal yang mudah. Dengan konflik serius di atas, hubungan pasangan manapun bisa berubah hambar. Untung saja, Shi Jin masih terlihat ceria berkat guyonan dan senyum centil Joong Ki. Mo Yeon, walau raut wajahnya sendu, juga bisa mendadak bertingkah seperti anak kecil kalau sudah panik.

Dae Yong, walau ekspresi wajahnya cenderung datar, selalu bisa berubah jika sudah bertemu Myung Joo. Sedangkan Myung Joo, walau tahu kekasihnya memiliki kadar gengsi tinggi, tak pernah malu mengungkapkan perasaannya. Kontradiksi karakter antar pasangan inilah yang terus menciptakan dinamika dalam hubungan mereka.

Akses Bahasa Inggris Menganggu

Well … terpaksa kami mengemukakan kritik baru untuk serial drama ini karena kami sudah tak tahan mendengar aksen bahasa Inggris, baik dari Joong Ki maupun Hye Kyo. Karena walau jarang tersendat namun intonasi dan pelafalan setiap kata yang diucapkan terdengar kurang pas. Terutama jika sedang bercakap dengan aktor pemeran Argus yang memang kelahiran Amerika Serikat, tempo bicara Joong Ki dan Hye Kyo jadi terdengar lambat. Yang seharusnya terdengar mengancam jadi terdengar seperti membaca puisi, pantas saja Argus jadi tak ada takutnya.

Namun, kami prediksi dengan berpulangnya Mo Yeon cs ke Korea di episode 13 nanti, gangguan ini akan banyak berkurang. Dan walau tampaknya ada serangan teroris melanda Korea sebagai konflik baru, teroris ini berasal dari Korea yang notabene berbahasa Korea. Semoga saja!


Director: Lee Eung Bok, Baek Sang Hoon

Cast: Song Joong Ki, Song Hye Gyo, Kim Ji Won, Jin Goo


Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

25.10.17

thorragnarok

To Top