Connect with us
princessmononoke

Descendants of the Sun Ep 13-14 Review: Back to Korea, Some Overreactions Are Just Intolerable

Descendant of the Sun KDrama Review
KBS2

DESCENDANTS OF THE SUN

Descendants of the Sun Ep 13-14 Review: Back to Korea, Some Overreactions Are Just Intolerable

Ibarat grafik, kami melihat penurunan di episode 13 dan 14 minggu ini. Walau kembali dipenuhi bunga-bunga cinta, dan kali ini kedua pasangan mendapat porsi yang sama, kami merasakan ada beberapa hal yang janggal atau spesifiknya, dipaksakan.

Bagi MuviBlaster yang tidak setuju dengan kritik kami di ulasan 2 episode ini, jangan berpikir kami adalah seorang hater. Jika kami demikian, maka sudah dari episode 1, 2, 5, atau 7, kami mencari-cari kesalahan serial drama yang sudah terlanjur sukses seantero dunia ini. Adapun beberapa kejanggalan yang kami maksud:

Pertama:

Setelah akhirnya Soo Dae Yong (Jin Goo) dan Yoon Myung Joo (Kim Ji Won) berbaikan dan sudah blak-blakan mengungkapkan rasa cinta, bahkan sempat ber-double date  dengan Yoo Shi Jin (Song Joong Ki) dan Kang Mo Yeon (Song Hye Kyo), keduanya memutuskan putus karena sebuah alasan yang kami nilai berlebihan.

Descendant of the Sun KDrama Review

Memang, Dae Yong diberi syarat berat oleh ayah Myung Joo. Ia diminta mengundurkan diri sebagai tentara dan bekerja sebagai seorang eksekutif di perusahaan milik ibu Myung Joo. Walau begitu, Dae Yong menyanggupi karena cintanya pada Myung Joo jauh lebih besar (dari cintanya pada negara). Klise memang, namun kami menilai keputusan Dae Yong wajar saja, terutama setelah Myung Joo sebelumnya nyaris merenggang nyawa terjangkit virus berbahaya di Uruk.

Siapa sangka ketika Myung Joo akhirnya mengetahui kesepakatan Dae Yong dan sang ayah, ia marah besar. Myung Joo marah karena ia juga sudah meminta restu sang ayah ketika sedang sakit parah itu. Singkat kata, Myung Joo marah karena dengan restu yang sudah ia kantongi, Dae Yong tak perlu meneruskan kesepakatan tersebut. Sebaliknya, Dae Yong marah karena merasa restu yang diminta Myung Joo merusak harga dirinya sebagai seorang pria sejati.

Kejanggalan yang kami rasa, terletak pada ketidakpahaman Dae Yong dan Myung Joo bahwa kesalahpahaman ini bisa saja jebakan yang sengaja dibuat ayah Myung Joo. Prediksi lain, miskomunikasi ini terjadi karena sang ayah memang sungguh merestui hubungan keduanya namun tak menyangka bahwa Myung Joo bereaksi demikian.

Pasalnya, dengan segala hal yang sudah mereka lalui di Uruk, bahkan sempat beromantis ria di dalam mobil dengan fitur kemudi otomatis, miskomunikasi seperti ini masih saja tak bisa diatasi. Dan ketika keduanya memutuskan putus, raut wajah keduanya terlihat sama-sama tak rela. Maunya apa?

Kedua:

Kami akui adegan penutup episode 13 membuat kami kaget. Siapa sangka Shi Jin akhirnya terkapar tak berdaya. Demi menyelamatkan seorang rekan beda kubu yang keras kepala dan ekstrem, Shi Jin mendapat hadiah sederet tembakan peluru dalam tubuhnya. Sempat mengalami mati suri, Mo Yeon berhasil membuat Shi Jin hidup kembali.

Kami akui juga kami lega mendengar suara Shi Jin kesakitan setelah sebelumnya nyaris mati. Namun, bukan berarti Shi Jin bisa duduk dengan mudah dengan banyak peluru bersarang. Lebih jauh lagi, ia bisa berdiri bahkan menasehati rekannya yang tak kalah sekarat.

Singkat kata, seimajinatifnya skrip yang ditulis, Shi Jin adalah manusia biasa. Terlepas apakah peluru-peluru itu mengenai organ vitalnya, Shi Jin seharusnya terkulai lemas karena kehabisan darah. Pantas saja kalau Mo Yeon akhirnya ngambek melihat kelakuan Shi Jin yang sok kuat ini, ngambek seperti kami saat ini.

Ketiga:

Mo Yeon yang kembali ke Korea, tanpa pikir panjang, mengajukan surat pengunduran diri kepada Direktur Han Suk Won (Tae In Ho) yang hidung belang itu. Namun, yang menjadi masalah, pasca pengunduran diri yang dilakukan Mo Yeon dengan gengsi tinggi, ia malah kembali untuk minta dipekerjakan lagi.

Descendant of the Sun KDrama Review

Sungguh aneh melihat Mo Yeon yang merupakan dokter senior di RS Haesung, bahkan dokter artis untuk RS tersebut, tak tahu menahu soal haknya sebagai dokter. Ia tak tahu atau lupa bahwa ketika ia tak lagi berada di naungan (disponsori) sebuah RS, haknya untuk mengajukan pinjaman uang di bank dicabut.

Apakah saking terlalu lama Mo Yeon tinggal di Uruk sehingga lupa dengan berbagai urusan administrasi di Seoul? Apakah saking terlalu idealisnya Mo Yeon, berpikir bahwa membuka praktek dokter tanpa dukungan RS, bisa dengan mudah terwujud? Coba Anda pikirkan yang mana kira-kira penyebab keteledoran Mo Yeon ini.

Keempat:

Kami mengira Yoo Ah In (Veteran, Six Flying Dragons) akan diberi peran cameo esensial di episode 13. Sempat mengira Ah In memerankan kakak kelas yang ditaksir Mo Yeon semasa sekolah dulu, Ah In malah menjadi petugas CS pinjaman bank yang menyebalkan. Menolak ajuan pinjaman Mo Yeon dan seenaknya memanggil klien selanjutnya tanpa memberi Mo Yeon waktu untuk berkonsultasi, pupus sudah harapan kami melihat penampilan Ah In meninggalkan kesan berarti.

Descendant of the Sun KDrama Review

Here Are the Good News

Untung saja, walau dengan 4 kejanggalan di atas, kedua episode ini masih bisa kami nikmati. Terutama berkat sikap manja dan kekanak-kanakan Mo Yeon akibat mabuk minum soju, wajah cantik sekaligus menggemaskan Hye Kyo bisa kami nikmati puas. Selain itu, berkat kondisi Shi Jin yang membutuhkan fasilitas VIP, keduanya berkesempatan menonton film tanpa gangguan, dan berakhir mesra.

Dan walau Dae Yong dan Myung Joo putus, paling tidak, rumor bahwa keduanya tak akan diplot berciuman, terpatahkan juga. Itulah guna Myung Joo membeli mobil dengan fitur kemudi otomatis. Tak perlu takut tertabrak walau si pengemudi sedang asyik mencium penumpangnya. Namun, apakah ciuman perdana ini hanya tinggal kenangan manis yang tak layak diperjuangkan? Semoga saja 2 episode terakhir minggu depan memberi akhir yang adil bagi semua pihak, termasuk kami dan Anda, para penonton setia.


Director: Lee Eung Bok, Baek Sang Hoon

Cast: Song Joong Ki, Song Hye Gyo, Kim Ji Won, Jin Goo


Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

COMING SOON

gintama

thebattleshipisland

waroftheplanetoftheapes
To Top