Connect with us
princessmononoke

Descendants of the Sun Ep 15-16 Review: Leaving Too Soon and Returning Too Fast, Just If Both Timing Were Set Without Rush

Descendant of the Sun KDrama Review
KBS2

DESCENDANTS OF THE SUN

Descendants of the Sun Ep 15-16 Review: Leaving Too Soon and Returning Too Fast, Just If Both Timing Were Set Without Rush

Akhirnya, untuk pertama kali, kami mencucurkan air mata menyaksikan Descendants of the Sun. Setelah di episode 14 minggu lalu, Mo Yeon (Song Hye Kyo) dibuat ketar-ketir dengan kondisi Yoo Shi Jin (Song Joong Ki) yang tertembak saat sedang bertugas, di episode 13, Yoo Shi Jin malah dinyatakan tewas karena tugas yang lain. Jangan bilang kalau rekan Shi Jin, Soo Dae Yong (Jin Goo) mengalami nasib serupa dan membuat Yoon Myung Ju (Kim Ji Woon) makin merana. Oh … secepat itukah gelombang romansa kedua pasangan ini naik dan turun?

Myung Joo dan Dae Yong yang masih berselisih, makin tak menemukan solusi. Apalagi, sama halnya dengan Shi Jin, Jin Goo, juga dinyatakan tewas. Ya … keduanya dinyatakan tewas ketika sedang bertugas di wilayah perang, walau tak pernah ditemukan mayatnya.

Melihat senjata terakhir (baca: kematian) serial drama ini sudah dikeluarkan, rasanya tak ada lagi yang lebih menarik selain melihat bagaimana Mo Yeon dan Myung Ju melalui hari demi hari merasa kehilangan. Derai air mata ketika sedang sendiri memikirkan masing-masing kekasih mau tak mau membuat kami pun ikut bersimpati. Namun, di balik adegan-adegan yang menyiratkan kerelaan di atas, jangan MuviBlaster tertipu kalau serial drama ini akan ditutup tragis.

Buktinya, kami senang namun tak kaget ketika melihat Shi Jin dan Dae Yong kembali dalam keadaan hidup dan utuh. Ya … andai masih ada sisa episode untuk menggenapi rasa kehilangan Mo Yeon dan Myung Ju, kami nilai Descendants of the Sun akan memiliki akhir yang lebih baik. Bukan hanya membuat para penonton setia makin setia menanti dan otomatis menambah rating, comeback Shi Jin dan Dae Yong pun akan terasa lebih real. Maksudnya?

Descendant of the Sun KDrama Review

Dramatisasi yang Tak Perlu Ada

Dikisahkan Shi Jin dan Dae Yong sudah tewas setahun lamanya. Mo Yeon dan Myung Ju berusaha keras menjalankan rutinitas secara normal di tengah-tengah rasa sedih yang kadang masih suka mendera. Tak ingin melulu sedih, para wanita ini pun memutuskan untuk mencari udara segar melalui akses profesi masing-masing; Mo Yeon menjadi dokter relawan di Albania dan Myung Joo kembali menjalankan dinas di Uruk.

Siapa sangka, Shi Jin dan Dae Yong, yang ternyata belum tewas dan berhasil kembali ke Korea, langsung menuju lokasi masing-masing kekasih. Terutama Mo Yeon, ia mengira dirinya sudah tak waras ketika melihat Shi Jin berjalan ke arahnya ketika berada di gurun pasir Albania. Sedangkan Myung Ju, walau tidak seeksplisit Mo Yeon menunjukkan rasa tak percayanya, tertegun juga ketika melihat sosok Dae Yong muncul di tengah turunnya salju.

Sayang saja, kami menilai adegan yang dramatis sekaligus romantis di atas, muncul di waktu yang kurang tepat. Adegan ini terasa dikejar tayang, membuat plot kembalinya Shi Jin dan Dae Young kembali ke pelukan Mo Yeon dan Myung Ju, terasa kurang natural. Singkat kata, andai saja tim produksi mau lebih bersabar, dalam arti menambah beberapa episode untuk memanfaatkan momen kehilangan final ini, pertemuan kedua pasangan akan terasa jauh lebih menggigit dan mengharu-biru.

Adegan Mo Yeon berbicara sendiri dengan bayangan Shi Jin kami nilai sebagai adegan terbaik di sepanjang episode 1-16. Kami pun jadi berharap akan ada lebih banyak adegan ini, paling tidak cukup banyak untuk membuat Mo Yeon kehilangan akal sehatnya. Sedangkan sikap Myung Joo bersikeras tak mau membaca surat peninggalan Dae Young kami acungi jempol. Akan menarik jika melihat sikap keras kepalanya itu hingga beberapa tahun kemudian. Lagi-lagi, sayang, potensi-potensi dipangkas karena faktor durasi.

Descendant of the Sun KDrama Review

Makin Menikmati Peran Masing-masing

Memasuki 2 episode terakhir, kami justru melihat keempat bintang utama makin menikmati peran masing-masing. Tak hanya Hye Kyo makin sering tersenyum, ia juga tak canggung lagi berekspresi jahil dan manja. Joong Ki juga berkesempatan tampil all out menampilkan rasa senang di hati karakternya, walau dengan luka sana-sini.

Ji Won dan Jin Goo yang sepanjang episode 1-14 hanya pernah sekali berciuman, juga nampak menikmati jatah lebih yang didapatkan karakter masing-masing di 2 episode ini. Jin Goo yang sebelumnya lebih banyak berekspresi tegang, terlihat jauh lebih santai karena karakternya sudah terbebas dari syarat gono-gini yang sebelumnya diberikan oleh ayah Myung Ju.

Descendant of the Sun KDrama Review

Adegan Kocak Bertebaran

Walau disambut baik, namun kembalinya Shi Jin hidup dan utuh bagaikan hantu yang tak diundang. Lucunya, Shi Jin yang masihlah manusia, memakan sesajen yang disiapkan Mo Yeon untuk memperingati 1 tahun kematiannya. Lebih jauh lagi, adegan Shi Jin memakan sesajen ini bertepatan dengan video call teman-teman Mo Yeon di RS yang kemudian ketakutan mengira sedang melihat hantu Shi Jin di belakang Mo Yeon.

Masih di antara Mo Yeon dan Shi Jin. Kesal karena melihat Shi Jin begitu antusias menyambut grup idola cantik, Red Velvet, Mo Yeon memalsukan status berpacarannya ketika diwawancara dalam sebuah acara TV bertema kesehatan. Sontak, keduanya jadi sama-sama ngambek karena kelakuan masing-masing yang kekanakan ini.

Namun yang terkocak adalah melihat Dae Yong yang asyik berjoget menyaksikan Red Velvet beraksi, membuat Myung Ju cemburu lagi. Lainnya yang kami nilai terkocak adalah adegan suster Ha Ja Ae (Seo Jeong Yeon) dan dokter Song Sang Hyun (Lee Seong Jeun) yang saling berkejaran bak pasangan dalam film India.

Makna dari Descendants of the Sun

Sejak awal, kami sebenarnya bertanya-tanya apa makna dari judul Descendants of the Sun. Apakah judul ini dipasang untuk mewakili matahari yang terik di tanah Uruk? Well … sesuai dugaan Anda juga, tentu saja maknanya tidak seterik matahari itu. Namun, makna sesungguhnya pun tak sedangkal oase di tengah gurun.

Adalah Mo Yeon, Myung Ju, Shi Jin, Dae Young, dan segenap para putra-putri Korea yang mengemban profesi sosial mulia, digambarkan sebagai utusan yang dikirim dari langit untuk membantu sesama. Tak peduli di negara mana, ras apa, dan keyakinan seperti apa, asalkan masih dinaungi langit yang sama, pelaku profesi ini wajib melaksanakan sumpah profesi mereka.

Kisah cinta yang disisipkan dalam premis utama serial drama ini adalah wacana bahwa terlepas profesi masing-masing yang lebih mementingkan orang lain, orang-orang terkasih adalah sumber energi utama. Yang perlu dipastikan hanyalah bahwa setiap pasangan memiliki, bukan hanya pengertian yang sama, namun juga hati yang besar kalau-kalau mendadak harus kehilangan. Terinspirasi dari kalimat yang Argus (David Lee McInnis) katakan pada Mo Yeon, kami menutup ulasan ini demikian,  “Hidup ini adalah dan selalu menjadi misteri, datang dan pergi, walau sudah pakai pamit.


Director: Lee Eung Bok, Baek Sang Hoon

Cast: Song Joong Ki, Song Hye Gyo, Kim Ji Won, Jin Goo


Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

COMING SOON

gintama

thebattleshipisland

waroftheplanetoftheapes
To Top