Connect with us
princessmononoke

Descendants of the Sun Ep 3-4 Review: Moving Out of Korea, the Lovebirds Get Better Chance in Uruk

Descendants of the Sun KDrama Review
KBS2

DESCENDANTS OF THE SUN

Descendants of the Sun Ep 3-4 Review: Moving Out of Korea, the Lovebirds Get Better Chance in Uruk

Setelah 2 episode perdana menyorot latar belakang dan pertemuan Yoo Shi Jin (Song Joong Ki) dan Kang Mo Yeon (Song Hye Kyo) di Korea, episode 3 dan 4 Descendants of the Sun nyaris 100% berpindah ke Urk Uruk, sebuah kota kecil cantik di Belanda Irak yang dikelilingi lautan dan tebing-tebing menjulang tinggi (baca: walau lokasi syuting sebenarnya adalah di Yunani).

Dan sesuai dengan deskripsi kotanya, jangan heran jika romansa Shi Jin dan Mo Yeon semakin berlika-liku bak diterjang gulungan ombak dan terseret ke lautan dalam. Setelah sebelumnya diberi kesempatan merajut hubungan, namun karena perbedaan visi profesi yang cukup ekstrem, Mo Yeon dan Shi Jin akhirnya berpisah. Namun, apakah luka perpisahan yang dikisahkan sudah berlangsung 8 bulan lamanya, dengan mudah diobati hanya dengan sebuah pertemuan yang tak keduanya duga?

Well … sebelum pertanyaan di atas terjawab, mari lebih dulu berterima kasih pada para skripter yang mempertemukan keduanya di Urk dalam rangka dinas kerja. Tidak terasa memaksa, tidak lebay walau selendang Mo Yeon sampai terbang bebas, pertemuan keduanya terasa wajar saja. Shi Jin bersama skuadronnya ditugaskan berjaga  di sana, sedangkan Mo Yeon dijebak atasan hidung belangnya dengan kedok dokter sukarelawan.

Dan jika MuviBlaster merasakan atmosfer Pearl Harbor ala Korea sejak helikopter yang memuat Yoo Shin mendarat, Anda tidak salah. Dengan setting yang didominasi hamparan air dan tanah terbuka serta interior bangunan bersejarah hingga bangkai kapal perang, Descendants of the Sun seakan memberi sinyal bahwa ia tak main-main dengan tema perang bercampur medis yang diusung. Intinya, kesan Pearl Harbor yang Anda rasakan itu tidaklah berlebihan.

Descendants of the Sun KDrama Review

Descendants of the Sun KDrama Review

Rasa Cinta Bercampur Dedikasi di Tengah Krisis

Walau episode 3 dibuka dengan tempo cukup lambat; didominasi banyak adegan galau Yoo Shin dan Mo Yeon yang sebenarnya masih saling mecinta, episode ini kemudian ditutup dengan insiden yang cukup menegangkan.

Mendadak kedatangan figur VIP sepenting pemimpin negeri Arab yang sedang sakit kritis, baik Yoo Shin dan Mo Yeon dihadapkan pada pilihan sulit. Dengan waktu sempit dan desakan para pihak, idealisme profesi keduanya pun diuji. Keputusan benar dan salah bukanlah jadi masalah ketika nyawa manusia yang jadi taruhan di sini. Pertanyaannya, apakah insiden ini mendekatkan atau semakin merenggangkan hubungan Yoo Shin dan Mo Yeon yang sudah terlanjur retak itu?

Descendants of the Sun KDrama Review

Well … di akhir episode 3, Yoo Shin akhirnya memutuskan untuk mendukung keputusan nekat Mo Yeon mengoperasi figur VIP tersebut. Namun, atas dasar apa? Karena secara logika, sebagai tentara yang terbiasa patuh pada aturan ketimbang menyerah pada perasaan, Yoo Shin bisa dengan mudah mengintimidasi Mo Yeon, menyuruhnya mundur dari masalah, hanya dengan sebuah todongan senjata.

Ya … apalagi kalau bukan rasa cintanya yang besar. Namun, lebih dari itu, Yoo Shin ingin memberi kesempatan pada Mo Yeon untuk membuktikan dedikasinya sebagai dokter serta memberi kesempatan pada dirinya sendiri untuk percaya bahwa nyawa manusia itu layak diperjuangkan, sekecil apapun kemungkinannya.

Singkat kata, terlepas perbedaan visi ekstrem keduanya, Yoo Shin dan Mo Yeon memiliki banyak persamaan yang patut diperjuangkan. Yang mereka butuhkan hanyalah lebih banyak momen genting seperti ini di episode-episode mendatang. Setuju?

Banyak Adegan Romantis Namun Minim Chemistry

Bukan hanya butuh lebih banyak momen genting pemicu persamaan, namun juga pemicu chemistry. Mengapa kami katakan demikian? Karena walau sudah disebar banyak adegan romantis berlatar pemandangan indah di sepanjang episode 3, chemistry yang kami harapkan menguat, tidaklah muncul. Kok bisa?

Bisa saja jika chemistry keduanya sebenarnya terletak pada konflik profesi masing-masing ketika momen genting itu terjadi, ketimbang wajah cantik dan tampan yang membekas sejak pertemuan pertama di rumah sakit.

Pasalnya, walau keduanya memberikan ekspresi wajah rindu, kami justru melihat karakter keduanya sengaja digambarkan masih keras kepala sehingga setiap kalimat yang keduanya lontarkan, walau berisi permintaan maaf dan perhatian, terasa acuh dan dingin. Apa memang chemistry ini sengaja ditahan hingga beberapa episode mendatang? Apa memang episode 3 dan 4 berfokus pada pemahaman keduanya terhadap profesi satu sama lain terlebih dahulu?

Yang pasti, janganlah Anda khawatir kalau hubungan keduanya akan berlarut-larut seperti di atas, karena di akhir episode 4, ada sebuah adegan pamungkas yang menunjukkan bahwa rasa rindu yang dipendam itu demikian besar, terutama di sisi Yoo Shin. Walau kami menilai terlalu terburu-buru, paling tidak adegan first kiss inilah yang membungkam semua tanda tanya mengenai isi hati keduanya selama ini.


Director: Lee Eung Bok, Baek Sang Hoon

Cast: Song Joong Ki, Song Hye Gyo, Kim Ji Won, Jin Goo


Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

COMING SOON

gintama

thebattleshipisland

waroftheplanetoftheapes
To Top