Connect with us
princessmononoke

Doctors Ep 20 Review: Glad All Takes Courage to Face Their Problems Regardless of the Outcome

Doctors KDrama Review
SBS

DOCTORS

Doctors Ep 20 Review: Glad All Takes Courage to Face Their Problems Regardless of the Outcome

Episode 20 memanglah episode terakhir bagi Doctors namun tidak semua masalah diselesaikan tuntas. Justru muncul beberapa masalah baru yang sengaja digantung, membiarkan para penonton memiliki imajinasi sendiri mengenai akhirnya, mulai dari ayah Hye Jung (Yoo Min Ho) yang terkena penyakit lever hingga Presiden Jin (Eom Hyo Seop) yang terkena penyakit tumor ganas di bagian leher. Sesuai dugaan, durasi 1 episode terakhir ini memang tidak cukup untuk menyembuhkan penyakit kedua karakter di atas, apalagi menyembuhkan luka hati Hye Jung (Park Hye Jung) yang kebetulan disakiti keduanya. Lalu apakah berarti hingga serial drama ini berakhir, Hye Jung masih saja dirudung rasa dendam?

Episode 19 ditutup dengan adegan ciuman paling pamungkas antara Hong Ji Hong (Kim Rae Won) dan Hye Jung. Dengan demikian, kami sudah tak ambil pusing soal kelanjutan hubungan keduanya. Ji Hong tinggal melamar dan Hye mengatakan “Ya.”, ending Doctors pun dijamin bahagia. Namun, jangan lupa bahwa Hye Jung memiliki banyak musuh yang harus meminta maaf pada dirinya, paling tidak untuk membuat Hye Jung melepas rasa marah dan hard feeling yang selama ini membebaninya.

Pertama adalah sang ayah yang akhirnya diganjar hukuman penyakit lever. Walau masih kesal, namun Hye Jung merasa tak tega juga. Walau tidak bermaksud merajut hubungan ayah-anak yang sudah rusak, sebagai anak Hye Jung tetap wajib meminta ijin pada sang ayah ketika ia berencana menikah dengan Ji Hong. Yang jadi pertanyaan, apakah Hye Jung akan mengundang sang ayah ke acara pernikahannya? Sayang, tidak ada episode 21 untuk menjawab pertanyaan ini.

Doctors KDrama Review

Kedua adalah Presiden Jin yang akhirnya menyerah juga dioperasi oleh Ji Hong dan Hye Jung. Hye Jung yang sebenarnya juga tidak mau, akhirnya mengesampingkan amarah dan memprioritaskan kondisi Presiden Jin yang kian kritis. Siapa sangka pasca operasi yang berhasil, Presiden Jin meminta maaf dengan sungguh-sungguh atas keegoisannya selama ini. Hye Jung pun merasa terharu walau tak bisa banyak membantu jika nantinya Presiden Jin harus dipenjara karena kasus korupsi dana di Gukil Medical Centre.

Ketiga adalah Jin Seo Woo (Lee Sung Kyung) yang mengakui semua rasa irinya pada Hye Jung. Seo Woo akhirnya sadar bahwa Hye Jung tidak bersalah dan justru menjadi korban, korban rasa irinya dan juga keegoisannya ayahnya. Karena menjadi korbanlah, Hye Jung bertekad untuk menjadi dokter hebat dengan gol bekerja di Gukil Medical Center, bukan bermaksud untuk menyaingi seperti yang selama ini Seo Woo pikirkan. Walau butuh waktu lebih dari 1 episode terakhir, kami jamin bahwa hubungan persahabatan Hye Jung-Seo Woo yang rusak akan kembali erat seperti masa SMA dulu. Kami jamin Anda juga membayangkan hal yang sama.

Cinta Segitiga Baru?

Episode 20 ditutup dengan adegan Ji Hong melamar Hye Jung dan Hye Jung senang luar biasa. Dengan demikian, tertutuplah sudah kesempatan Jun Yoon Do (Yu Gyun Sang) untuk merebut hati gadis impiannya itu. Lalu apakah Yoon Du berpikir untuk menerima cinta Seo Woo? Apakah Seo Woo masih menunggu?

Doctors KDrama Review

Well … sayangnya, pasca ditolak berkali-kali oleh Yoon Do, hati Seo Woo mulai tertaut pada Pi Young Kook (Baek Sung Hyung). Walau masih ragu namun setiap kali Seo Woo mengalami masalah, ia selalu memikirkan Young Kook. Contohnya adalah ketika Seo Woo mendengar kabar sakit ayahnya, ia mengakui bahwa orang pertama yang ingin ia hampiri adalah Young Kook.

Pasalnya, Young Kook sempat memergoki Yoon Doo sedang menemani Seo Woo yang tengah sedih, membuat dokter berkacamata ini salah paham. “Kau sudah menolak cinta Seo Woo dan tidak pernah ada ketika ia membutuhkanmu. Kau tidak berhak berpikir bisa kembali.” tegas Young Kook. “Tenanglah. Aku tidak akan menghalangi kalian. Seo Woo sudah seperti adikku sendiri.” balas Yoon Do santai.

Realistis dan Penuh Pesan Moral

Jujur saja, dibandingkan dengan serial drama medis lain yang sebelumnya pernah kami tonton, Doctors menyodorkan kisah paling realistis dan penuh pesan moral. Salah satu kunci suksesnya adalah Doctors selalu menempatkan kepentingan karakter pasien di atas kepentingan karakter dokternya. Dengan kata lain, subplot demi subplot mengenai pasien nyaris di setiap episodenya (baca: sejak episode 4) menjadi instrumen penetralisir jitu yang menjauhkan Doctors dari kesan serial drama klise dan picisan.

Kunci sukses lainnya adalah bahwa Doctors membangun karakter utamanya berdasarkan realita. Bahwa akan selalu ada pribadi seperti Hye Jung yang sukses karena dorongan amarah masa lalu. Dan ada banyak sekali sekali pribadi yang sukses karirnya namun tak bahagia hidupnya. Sayangnya, hanya sedikit pribadi macam ini yang bisa keluar dari awan hitam tersebut. Hanya ketika pribadi tersebut menemukan pribadi lain yang selalu suportif dan positif (baca: seperti Ji Hong), awan hitam tersebut perlahan namun pasti bergerak menjauh.

Kisah Doctors pun makin realistis karena lingkungan kisahnya yang penuh tanggung jawab. Bahwa Hye Jung adalah seorang dokter, ia harus bersikap profesional semengesalkan apapun situasinya. Dan walau ia memiliki kekasih yang juga adalah seorang dokter, ia tahu bagaimana cara membagi waktu dan menentukan sikap, termasuk menyinarkan tatapan mata profesional pada Ji Hong ketika sang kekasih tengah menjadi mentor operasinya.

Doctors KDrama Review

Director: Oh Choong Hwan

Cast: Park Shin Hye, Kim Rae Won, Yoon Kyun Sang, Lee Kyung Sung, Kim Young Ae, Lee Ho Jae


Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

COMING SOON

gintama

thebattleshipisland

waroftheplanetoftheapes
To Top