Connect with us
princessmononoke

Dunkirk Movie Review: Seemingly Unambitious and Average yet Timeless and Anti-Mainstream. A War Piece Leaving Us Argue About

Dunkirk Movie Review
Warner Bros. Pictures

REVIEWS

Dunkirk Movie Review: Seemingly Unambitious and Average yet Timeless and Anti-Mainstream. A War Piece Leaving Us Argue About

This review contains no spoilers

(4/5) 4.0 Stars

Kepiawaian seorang Christopher Nolan bercerita secara visual sudah sering terbukti (baca: Memento, Batman Trilogy, Inception, Interstellar). Dan bukan hanya piawai bercerita lewat genre fantasi dan fiksi ilmiah saja, Nolan juga sanggup menstimulasi nalar penontonnya sehingga mereka kerap melakukan tradisi berikut; menonton lebih dari sekali demi menangkap detail-detail sulit dan makna terselubung dalam setiap film sineas serba bisa satu ini.

Namun, tipe penonton yang kami sebutkan di atas, bisa jadi ikut mengkritik film Dunkirk, yang di satu sisi puitis dan artistik, di sisi lain bertempo lambat dan berjalan cerita linear. Tidak ada keseruan melompati waktu maupun berkelana antar dimensi, tidak ada pula pahlawan berjubah melawan musuh-musuhnya. Singkat kata, Dunkirk tidak memiliki satu pun anomali unik khas Nolan dalam premisnya, yang ternyata sangat mempengaruhi persepsi penonton terhadap karya terbarunya ini.

It’s always about Nolan’s ability to envision. Pasalnya, bagi sebagian besar penonton, Dunkirk terasa janggal karena tidak menghadirkan sebuah kasus yang rumit atau misteri alam yang sulit diungkap. Pertama, Dunkirk adalah sebuah film yang berdasarkan peristiwa Battle of Dunkirk di tahun 1940. Saat itu, sekitar 40,000 prajurit tergabung dalam Satuan Bersenjata Gabungan AKA Allied Forces yang hendak berusaha pulang ke kampung halaman masing-masing dikepung oleh tentara Nazi Jerman dari berbagai sisi; darat, laut, udara. Singkat cerita, tak ada celah bagi ide cemerlang Nolan di tengah-tengah perang saudara yang tercatat dalam sejarah PD 2 ini.

Kedua. Nolan memang sengaja tidak menonjolkan satupun dari seluruh karakter yang ada. Semua karakter adalah pahlawan dan faktanya demikian. Setiap karakter yang tergabung AU, AL, AD hingga warga sipil berperan sama besarnya, walau sebagian besar memang bukanlah mengangkat senjata dan menembak. Sebagian besar justru kebagian peran yang menurut kami lebih sulit; berusaha selamat dengan tangan kosong.

Tak ada sosok pahlawan yang dielu-elukan, tak ada pula jalan cerita rumit. Sebagai ganti, Nolan memberikan visualisasi perspektif lansekap yang saking luasnya, terasa megah dan indah. Dunkirk memberi pembuktian prestasi Nolan yang lain; kemampuan teknik visual seorang veteran yang mampu mengadopsi teknologi modern dengan caranya sendiri.

Sebagai sebuah film perang, Dunkirk bukannya tak standar melainkan anti-mainstream. Jelas bahwa Nolan ingin memberikan sentuhan baru untuk film perang pertamanya ini, yang tentu saja sudah sangat matang dipikirkan dan dipersiapkan sebelum diluncurkan ke pasar. Mulai dari pemilihan peristiwa perang yang sesuai, eksekusi mengorbankan kehadiran sosok idola, penulisan skrip yang mengedepankan ekspresi dan emosi ketimbang dialog hingga persiapan teknis 3 jenis lansekap yang tampil setara megahnya.

Walau bukan diplot sebagai film box office, Dunkirk bukanlah proyek anak tiri. Sebaliknya, Dunkirk adalah terobosan baru untuk sepak terjang Nolan di industri perfilman, khususnya genre ini. Walau sejak awal mengulas, kami tidak memberi Dunkirk kredit secara frontal, kami tidak juga memberi kritik karena tidak melihat satupun strategi Nolan memberi cacat dalam film dengan ensemble cast dominan para pria ini, sehingga lagi-lagi Nolan’s Effect kembali terjadi; Dunkirk menjadi buah bibir yang belum berhenti diperbincangkan aspek pro dan kontranya. Anda para penikmat film perang? Sudah pasti Dunkirk wajib ditonton agar wawasan visualisasi perang Anda tidak berkutat di sebuah lansekap saja. Dan IMAX, please.


Director: Christopher Nolan

Cast: Tom Hardy, Cillian Murphy, Kenneth Branagh, Fionn Whitehead, Harry Styles, Mark Rylance, James D’Arcy

Duration: 116 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

COMING SOON

gintama

thebattleshipisland

waroftheplanetoftheapes
To Top