Connect with us
princessmononoke

Fabricated City Movie Review: Praising the Enjoyable Deceitful Plot Between Good and Evil

Fabricated City Movie Review
CJ Entertainment

REVIEWS

Fabricated City Movie Review: Praising the Enjoyable Deceitful Plot Between Good and Evil

This review contains spoilers

(4/5) 4.0 Stars

Fabricated City kembali menonjolkan resep kesuksesan penggarapan film produksi Korea yakni konsistensi dalam setiap eksekusi. Membuka filmnya dengan sebuah pernyataan yang (sengaja dibuat) bias, film garapan Park Kwang Hyun (Couple Breaking, Welcome to Dongmakgol) membangun sebuah jawaban konkret seiring durasi berjalan. Walau jalan menuju jawaban tersebut berlika-liku, fokus itu diperlihatkan, membuat kami yang menonton yakin akan sampai pada sebuah tujuan. Dan walau twist itu dihadirkan di bagian tengah, klimaks film ini masih saja terasa greget dan memberi nuansa penuh misteri.

Awalnya, kami hanya mengenal Fabricated City sebatas premisnya berkutat pada kehidupan seorang pencandu video game yang harus berhadapan dengan ancaman kejahatan cyber. Cukup kaget setelah menonton bahwa seorang Kwon Yoo (Ji Chang Wook) malah dijebak dalam sebuah skenario pembunuhan sadis konservatif namun dengan tingkat keterampilan tinggi. Hanya dalam semalam, kehidupan santainya berubah. Ia divonis penjara seumur hidup dan diasingkan ke sebuah komplek penjara dengan keamanan super. Bagian paling menyedihkan adalah ketika Kwon Yoo menyadari bahwa sang ibu ikut menderita. Merasa tak pernah berbakti apalagi meluangkan waktu bersama lebih banyak, Kwon Yoo semakin tak tega ketika sang ibu berunjuk rasa seorang diri demi membersihkan namanya.

Walau pemaparan plot di atas terasa singkat, namun visualisasi hari-hari Kwon Yoo di penjara terasa begitu berat. Bukan hanya mengalami stres berat atas vonis ini, Kwon Yoo juga harus berhadapan dengan mafia penjara yang tak henti-henti mengerjainya. Cukup banyak adegan kekerasan yang membuat Kwon Yoo babak belur, sebelum akhirnya ia memutuskan untuk melawan. Masalahnya, siapa yang harus ia lawan?

Fabricated City Movie Review

Plot Rumit Namun dengan Dinamika Seru

Walau plotnya terbilang rumit namun dinamikanya begitu seru untuk diikuti. Temponya cepat namun tetap memberi ventilasi visual untuk kami bernapas lega, bahkan tertawa geli beberapa kali. Menariknya, dalam kerumitan dan kecepatan ini, pengembangan karakter seorang Kwon Yoo tak sekali pun dikesampingkan. Sebaliknya, Kwon Yoo yang semula tampil sebagai remaja pecicilan yang selalu membuat ibunya risau, berubah menjadi pria tangguh yang memiliki tekad kuat membersihkan nama baiknya.

Lengkap dengan penampilan tampan, keren, sekaligus prima aktor serial drama Empress Ki (2013-2014) dan K2 (2016) ini, adegan apapun yang disajikan di layar terasa sungguh sayang untuk dilewatkan. Hanya saja, sayang, penampilan Shim Eun Kyung (Miss Granny) yang kami harapkan memberi chemistry kepada lawan mainnya ini tidak terjadi. Karakter peretas pro yang ia perankan tampil autis; tidak bersemangat apalagi memberi greget romansa. Namun, Oh Jung Se (Beautiful Mind) yang diplot sebagai serigala berbulu domba tampil meyakinkan memerankan karakternya yang manipulatif itu.

Berpura-pura membantu Kwon Yoo, ternyata karakternya bermotif lain. Mengucapkan kalimat yang bersifat menenangkan dan membela, Kwon Yoo pun jadi percaya. Yang kemudian sulit dipercaya adalah ketika motif lainnya tersebut ternyata dipersiapkan begitu canggih hingga membuat seisi kota berada di bawah kendalinya. Dan terlepas bahwa ide seorang villain menguasai dunia sudah begitu umum, kami menilai ada nilai-nilai yang seringkali luput dari perhatian, yang disuntikkan dalam eksekusi ide ini. Nilai-nilai yang sebenarnya tak pernah jauh dari realita politik dan sosial, yang membuat eksekusinya tampil matang sekaligus wajar, membuat konsep fabricated city yang diangkat tak terasa muluk.


Director: Park Kwang Hyun

Cast: Ji Chang Wook, Shim Eun Kyung, Oh Jung Se, Ahn Jae Hong

Duration: 127 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

COMING SOON

gintama

thebattleshipisland

waroftheplanetoftheapes
To Top