Connect with us

Free Fire Movie Review: An Entertaining Shooting Marathon Without Anything Conspicuous to Sell

Free Fire Movie Review
StudioCanal UK

REVIEWS

Free Fire Movie Review: An Entertaining Shooting Marathon Without Anything Conspicuous to Sell

This review contains no spoilers

(3/5) 3.0 Stars

Beberapa kali kami mendengar gumaman penonton lain “Tidak ada pesan moral.” ketika menyaksikan film yang ber-setting dalam sebuah gudang sempit nan remang namun nyatanya memiliki ruang gerak cukup luas ini. Dan kami tak bisa tak setuju karena durasi 90 menit milik Free Fire memanglah dipenuhi dengan maraton tembakan dengan latar belakang yang tak begitu meyakinkan. Namun yang menarik adalah ketika maraton yang berkonsep out-of-sudden ini memberikan pengalaman beraksi seru bagi karakternya dan pengalaman menonton serupa bagi penontonnya.

Total ada 13 karakter berkumpul dalam kesempitan ruang di atas namun ketika adu tembak menembak terjadi, masing-masing mendapat spot cukup nyaman untuk bersembunyi. Bahkan cenderung menikmati situasi genting mirip permainan Siapa Mati Duluan ini, kami pun jadi tak terlalu khawatir kalau-kalau tidak ada satupun penyintas di ujung film nanti. Benarkah demikian yang terjadi?

Pasalnya, di setiap jeda tembakan peluru, selalu ada guyonan satir di antara para karakter yang 99% adalah laki-laki. Dan menariknya, alih-alih suasana menjadi cair atau jinak, tembakan peluru di udara bebas ini kian intens alias liar. Alhasil, setiap karakter mendapat giliran tertembak berkat praktek hukum probabilitas. Ada yang tertembak 1-2 kali seperti Ord (Armie Hammer) dan Justine (Brie Larson), ada yang tertembak 3-4 kali seperti Vernon (Sharlto Copley) dan Chris (Cillian Murphy) ada pula yang mendapat saking banyaknya, babak belur, seperti Stevo (Sam Riley).

Free Fire Movie Review

Sebenarnya, masalah tak perlu terjadi andai Stevo bisa mengendalikan diri di tengah-tengah transaksi jual beli senjata antara Chris dan Vernon berlangsung. Namun, seiring durasi, terkuak bahwa aksi penembakan ini adalah terencana, sehingga kesalahan tidak 100% berada di tangan Stevo. Siapa dalangnya adalah pertanyaan yang sengaja disiapkan sebagai hidangan penutup mulut manis untuk sajian utama yang serba full course ini.

Tembakan pistol dan senapan laras panjang tak henti saling bergantian, bahkan beberapa kali saling beradu suara, membuat seluruh karakter kabur terbirit-birit. Padahal Free Fire dibuka dengan cukup damai, dengan Justine (Larson) sebagai makelar cantik yang awalnya kami pikir efektif meredakan segala macam ketegangan yang mungkin timbul. Namun, emosi para pria tak mudah dibendung dan konflik pun terjadi.

Ada cukup banyak adegan gore dan konten humor satir bertebaran sana-sini, mengingatkan kami pada film-film karya Quentin Tarantino (Kill Bill, Inglorious Basterds). Beberapa karakter juga unik membuat beberapa aktor yang terlibat tampil agak beda, khususnya Hammer dan Riley. Larson cukup menjadi pemanis jika tak bisa dikatakan perekat bagi 12 karakter pria yang mengelilinginya. Mungkinkah karakternya memang memiliki motif tersendiri? Pasti ada alasan mengapa seorang wanita hadir di tengah-tengah sarang penyamun ini.


Director: Ben Wheatley

Cast: Brie Larson, Cillian Murphy, Armie Hammer, Sharlto Copley, Sam Riley, Jack Reynor, Noah Taylor, Mark Monero, Babou Ceesay, Enzo Cilenti, Michael Smiley, Patrick Bergin, Tom Davis

Duration: 90 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

COMING SOON

thorragnarok

To Top