Connect with us
babydriver

Gin Tama Movie Review: Mixed-up yet Amusing, Gin Tama Surely Has Nerve

Gintama Movie Review
Warner Bros. Pictures

REVIEWS

Gin Tama Movie Review: Mixed-up yet Amusing, Gin Tama Surely Has Nerve

This review contains no spoilers

(3/5) 3.0 Stars

Expecting the Movie to Nail the Jokes Right and Bring the Fun Bright. Demikianlah headline yang kami berikan untuk Gin Tama pasca menonton trailer-nya. Hasilnya? Cukup mendekati ekspektasi kami sebagai penonton yang belum berkesempatan menikmati format manga dan anime-nya.

Sebatas penikmat film live action, kami menilai berbagai celetukan lelucon maupun parodi yang berisi sederet referensi hiburan Jepang, ditampilkan lewat comedic timing dan konteks yang pas. Walau sempat bingung karena kami beberapa kali telmi (baca: telat mikir) menangkap maksud dari lelucon dan parodi tersebut, tawa kami cukup lepas dan pengalaman menonton format live action dari manga karya Hideaki Soreachi ini berakhir nyaris semeriah warna parfait kesukaan Gintoki Sakata (Shun Oguri).

Walau dengan parfait yang tumpah, akting Oguri tergolong sukses menghidupkan sosok Gintoki yang iseng, ngeyel namun juga heroik itu. Walau seringkali bertingkah konyol terutama ketika ia tak punya uang dan terpaksa menemani Kagura (Kanna Hashimoto) mengejar kumbang, Gintoki bisa berubah serius jika dihadapkan dengan lawan ahli pedang yang seimbang. Hanya sebuah masalah yang membuat Gintoki tidak sesuai nature-nya, yakni ketika ia sedang bokek untuk membayar uang sewa rumah dan tempat usaha.

Akting Hashimoto sebagai alien berwujud gadis cantik yang tak bisa diam, juga meyakinkan. Ditemani Shinpachi Shimura (Masaki Suda) sebagai anak didik Gintoki yang polos dan setia turut memberi intrik menyenangkan terutama ketika ia terpaksa sendirian mencari Gintoki dan Kagura yang menghilang. Jangan lupakan juga duet sahabat karib Gintoki yang juga pandai berpedang, Kotaro Katsura (Masaki Okada) bersama alien hybrid penguin dan bebek, Elizabeth, yang berukuran besar namun menggemaskan.

Gintama Movie Review

Premis utama Gintama didalangi hilangnya sebuah pedang biomekanis bernama Benizakura. Usut punya usut, pedang ini mempunyai kekuatan yang jahat yang dapat menyatu dengan jiwa raga pemiliknya. Singkat cerita, suatu hari Gintoki kewalahan dan terluka menghadapi kekuatan Benizakura. Katsura pun terlihat tewas di tangan pedang ini. Kagura, Shinpachi, dan Elizabeth mau tak mau turun tangan membantu dan perjalanan mencari tahu keberadaan Benizakura serta misteri yang menyelubunginya pun dimulai.

Sesuai atmosfer yang dijanjikan, silahkan MuviBlaster berharap akan penguakkan misteri yang penuh adegan-adegan kocak. Adegan kepahlawanan pun bisa berakhir konyol karena silih berganti diisi celetukan lelucon dan parodi bernada sindiran yang notabene disengaja. Walau sebagian besar konten humor ini dinilai terlalu kasar, terutama adegan video perkenalan film Gin Tama di awal film, kami sebagai penonton awam melihat kontennya masih relevan dengan gaya cerita dan konsep pengarahannya.

Elemen-elemen modern yang dihidupkan menjadi realita dalam format ini turut memberi warna, terutama gaya fesyen dan warna rambut perak Gintoki yang terlihat semakin modis saja. Karakter-karakter lain turut dihidupkan lewat penonjolan ciri khas masing-masing; Kotaro dengan rambut panjangnya yang kemilau, Kagura dengan aura warna merah di sekeliling wajahnya, hingga Elizabeth yang dengan paruhnya yang berwarna kuning menyala.  Plus, dengan plot dan sub plot yang juga setia, Anda yang sudah tak asing dengan Gintoki cs dan sepak terjangnya di format anime dan manga, wajib mengejar mereka hingga ke layar lebar!


Director: Yuichi Fukuda

Cast: Shun Oguri, Masaki Okada, Kanna Hashimoto, Masaki Suda, Akari Hayami, Tsuyoshi Dōmoto

Duration: 131 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

PLAYING NOW

thorragnarok

To Top