Connect with us
princessmononoke

Hacksaw Ridge Movie Review: Constantly Keeping Up With Faith and Energy, This Piece Is a Rare Visual Empowerment

Hacksaw Ridge Movie Review
Summit Entertainment

REVIEWS

Hacksaw Ridge Movie Review: Constantly Keeping Up With Faith and Energy, This Piece Is a Rare Visual Empowerment

This review may contain mild spoilers

(4.5/5) 4.5 Stars

Jika MuviBlaster penasaran seperti apa film perang dunia garapan seorang Mel Gibson, tonton saja Hacksaw Ridge. Diberi kredit sebagai karya penggarap Braveheart (1995) dan Passion of the Christ (2004), Hacksaw Ridge memanglah kental dengan trio nuansa khas garapan Gibson; megah, puitis, dan tragis. Namun yang paling menarik perhatian kami adalah bahwa ada materi yang begitu pas untuk diangkat menjadi premis utama sekaligus pahlawan di film ini yakni kisah nyata seorang Desmond T. Doss ketika mengabdi untuk negaranya dalam PD (Perang Dunia) 2.

Memang tak salah memilih Andrew Garfield (The Amazing Spider-Man, 99 Homes) menghidupkan sosok Doss di layar lebar. Selain posturnya yang memang kurus kering mirip pohon jagung yang mudah ambruk terkena tiupan angin, Garfield juga sukses menjiwai keyakinan Doss sebagai seorang umat Kristiani taat. Selalu setia dan tak pernah membuat alasan, Garfield mempunyai kedua bakat ini di ekspresi wajahnya yang babyface itu.

Faktor lain yang membuat Hacksaw Ridge begitu spesial adalah adegan pertempuran khas Gibson yang dikenal maksimal semua aspeknya. Kami nilai selevel lebih dashyat dari Braveheart dan Apocalypto (2006), adegan pertempuran yang menggunakan referensi Pertempuran Okinawa antara AS dan Jepang di tahun 1945 memang jauh melampaui ekspektasi kami.

Efek visual yang membuat tiap dentuman dan tembakan terasa begitu nyata, visualisasi luka fisik yang vulgar namun realistis, hingga tensi emosi yang begitu baik diatur sehingga berkecamuk tanpa henti dalam batin kami. Semua aspek diperhatikan dan dieksekusi dengan matang, membuat Hacksaw Ridge tampil nyaris sempurna sesuai strategi di atas kertasnya.

Hacksaw Ridge Movie Review

Dan jika ada yang akhirnya membuat kami dapat menikmati Hacksaw Ridge secara keseluruhan adalah porsi drama dan perangnya yang dibagi seimbang. Walau klimaks dari film memiliki ensemble cast menarik ini bermuara di adegan perang tanpa henti di atas, kami sudah lebih dulu diajak mengenal sosok Doss di separuh durasi awal.

Bahwa Doss memanglah lahir di keluarga Kristiani taat. Ia menjalani hari Sabat dan mematuhi aturan Tuhan yang berbunyi tak boleh saling membunuh. Saking taat, jika tak mau dikatakan ekstrem, Doss juga tak mau sekalipun memegang senjata. Dan ajaibnya, setiap kali Doss selamat dari sebuah perang, jawaban atas keselamatannya hanya sebatas iman yang kuat.

Desmond Doss, si Musa Perang Dunia

Jika Doss hidup di jaman para nabi, mungkin ia sudah menjadi Musa. Ia layaknya utusan modern yang diberi misi menyelamatkan korban perang dunia. Pertanyaannya, hanya berbekal keinginan melayani negara kuat serta kondisi fisik prima, bagaimana caranya Doss bisa menang dalam perang?

Well … mohon maaf karena pertanyaan yang kami lontarkan di atas ternyata tidak tepat. Doss tak berkeinginan menang dalam perang. Sejujurnya, ia tak terlalu ambil pusing karena golnya hanyalah menyelamatkan sebanyak mungkin korban. Dan saking setia pada golnya itu, ada sebuah adegan yang memperlihatkan Doss turut menolong tentara Jepang yang terluka parah.

Dengan demikian, pertanyaan di atas pun kami ubah menjadi sebuah pernyataan bahwa terlepas apakah Doss menang perangnya atau tidak, ia sudah memenangkan perang dengan batinnya sendiri which is yang sebenarnya juga merupakan pergumulan para rekan-rekannya. Karena, walau dari luar, rekan-rekan bahkan para petinggi militer awalnya menganggap keyakinan Doss salah dan naif, nyali mereka ciut juga ketika harus berhadapan dengan kematian.

Ensemble Cast Menarik

Sempat kami kemukakan di atas bahwa Hacksaw Ridge memiliki ensemble cast menarik. Pertama, sungguh kami tak sangka bahwa kami akan melihat sosok Vince Vaughn (The Break-Up, The Internship) menebarkan aura komedinya di sini. Diplot sebagai Sersan Howell yang adalah seorang yang tegas namun memiliki selera humor sarkastik, silahkan Anda bersiap dibuat tegang sekaligus cemas ketika Howell menginspeksi satu-satu para tentara pendaftar baru di base camp-nya.

Cast lain yang juga mencuri perhatian adalah Luke Bracey (The Best of Me, Point Break) yang memerankan Smitty, satu-satunya rekan yang membenci Doss sejak awal. Namun hal ini tidak berlangsung lama karena keduanya berkesempatan mengenal pribadi satu sama lain lewat sebuah momen kebersamaan yang menegangkan. Lebih jauh lagi, lewat Smitty-lah, kami dibuat kian simpati terhadap pergumulan batin para pejuang yang dilatih harus berani mati ini.

Hacksaw Ridge Movie Review

Tambahan cast lain yang turut mendukung perjalanan heroik seorang Doss, tak lain tak bukan adalah Hugo Weaving (V for Vendetta, Lord of the Rings) yang memerankan sosok ayah dari Doss. Walau tak banyak slot tampil, Weaving memberikan citra yang pas untuk latar belakang seorang Doss. Singkat kata, karakter Weaving memainkan peran besar dalam setiap keputusan yang putranya ambil dalam hidup ini, termasuk keputusannya untuk tidak bermain-main dengan senjata.

Secara keseluruhan, Hacksaw Ridge sukses membuat tolak ukur baru untuk film bertemakan perang dunia. Mirip Unbroken (2014) namun tak kelebihan konten drama, dan mirip Fury (2014) namun tak kelebihan konten aksi, Hacksaw Ridge menyeimbangkan elemen-elemen kedua film pendahulunya sambil menambah elemen religius yang dirancang kuat supaya bisa menopang elemen-elemen lain itu.

Drama, perang, dan iman, inilah elemen-elemen dasar yang selalu saja menciptakan konflik dan menghantui batin dan pikiran manusia. Namun hanya segilintir orang yang mampu menciptakan harmoni dan mencapai tujuan dari konflik yang kompleks ini. Doss adalah salah satunya. Salute!


Director: Mel Gibson

Cast: Andrew Garfield, Luke Bracey, Sam Worthington, Vince Vaughn, Teresa Palmer

Duration: 139 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

COMING SOON

gintama

thebattleshipisland

waroftheplanetoftheapes
To Top