Connect with us
thorragnarok

Independence Day: Resurgence Movie Review: Too Weak to Be Praised, Too Loud to Be Enjoyed, but Still Makes a Respected Sci-Fi Franchise

Independence Day Resurgence Movie Review

REVIEWS

Independence Day: Resurgence Movie Review: Too Weak to Be Praised, Too Loud to Be Enjoyed, but Still Makes a Respected Sci-Fi Franchise

This review contains no spoilers

(3/5) 3.0 Stars

Berikanlah sebuah anthem perang antar galaksi dan voila, Independence Day pun berubah bak film perang bintang yang santer dipenuhi tembakan laser dan kapal perang malang melintang di udara. Kira-kira begitulah kesan yang kami dapat setelah menyaksikan sekuel bertajuk Resurgence yang tergolong ambisius ini.

Pertama, ada ambisi para alien untuk membalas dendam para manusia bumi. Tanpa proses negosiasi panjang seperti film pertamanya, para alien yang dipimpin seorang Ratu, kini menghajar bumi tanpa basa basi. Kedua, kembali disutradarai Rolland Emmerich yang sudah sempat memvisualisasikan kiamat bumi dalam The Day After Tomorrow (2004) dan 2012 (2009), Independence Day: Resurgence pun sukses dijadikan ladang pamer baru.

Sesuai judulnya, Independence Day: Resurgence masih kental dengan nuansa hari kemerdekaan Amerika Serikat. Walau dengan semangat nasionalisme yang kami nilai menurun, namun dengan kehadiran Bill Pullman (Casper, While You Were Sleeping) yang kembali memerankan mantan Presiden Whitmore, paling tidak kami masih bisa menghormati franchise sci-fi tenar ini. Plus, masih hadir pula drama kocak antara David Levinson (Jeff Goldblum) dan ayahnya (Judd Hirsch) di tengah situasi genting sekalipun. Levinson yang gampang cemas dan ayahnya yang santai, sesuatu yang tak diduga menjadi momen nostalgia paling berkesan.

New Stars on the Sky

Kehadiran bintang-bintang baru sekaligus generasi penerus Independence Day tidaklah buruk, walau memang kami lihat tidak dimaksimalkan. Ada Liam Hemsworth (The Last Song, The Hunger Games Trilogy) yang tampan dan adalah seorang jagoan, ditemani seorang sidekick banyak bicara yang untungnya berwajah cute, Charlie (Travis Tope).

Independence Day Resurgence Movie Review

Kubu lawan jenisnya juga tidak buruk. Mainka Monroe (It Follows, The 5th Wave) yang dari sananya sudah memiliki daya tarik alami memerankan putri Presiden sekaligus kekasih Hemsworth. Ada juga Angelababy (Bride Wars, Hitman: Agent 47), si cantik asal Hong Kong yang kebagian peran pilot pesawat tempur handal.

Kesemua cast baru ini beruntung menjadi bagian dari keluarga besar Independence Day yang kini sudah tak lagi digawangi Will Smith (Focus, Suicide Squad). Kisah Resurgence ber-setting waktu 20 tahun pasca film pertama, masa di mana teknologi semakin canggih dan sistem pertahanan bumi terhadap serangan alien sudah jauh berkembang. Walau demikian, bukan berarti manusia dan alien dapat hidup berdampingan. Sebaliknya, beberapa orang yang pernah di”rasuki” alien kerap mengigau dan bereaksi aneh, terutama setelah melihat sebuah coretan gambar yang mirip Planet Saturnus. Jelas sudah bahwa ada ancaman baru yang tengah bergerak pelan namun pasti menuju bumi.

Big Ego of Roland Emmerich

Di satu sisi, Independence Day: Resurgence seperti mengalami yang namanya salah jalur. Sempat merasa tengah menonton Star Wars, Star Trek, bahkan 2012, Emmerich jelas menuangkan egonya yang besar, jika tak mau dikatakan bingung menentukan fokus dan gaya penyutradaraan.

Lebih jauh lagi, scoring sebagai latar adegan perangnya juga memiliki nafas film-film yang kami sebut di atas; lengkap dengan kilau tembakan laser hijau pada pesawat alien, mirip Millenium Falcon yang sedang dikejar pasukan Imperial. Sepertinya cocok juga untuk mengantar penjelajahan Enterprise dari satu galaksi ke galaksi lain.

Untung, soal efek visual, Independence Day banyak berkembang, bahkan jauh dari The Day After Tomorrow maupun 2012 itu. Paling tidak, walau dengan ancaman alien yang kami nilai berlebihan, dampak yang diperlihatkan; mulai dari kegelapan langit, gulungan tsunami hingga hancurnya gedung-gedung pencakar langit, tampak serasa nyata mengerikan. Detailnya pun terlihat cukup baik walau range pengambilannya kurang luas sehingga kami kurang bisa merasakan skala kemegahan perang alien vs manusia ini.

Independence Day Resurgence Movie Review

Director: Roland Emmerich

Cast: Liam Hemsworth, Jeff Goldblum, Maika Monroe, Bill Pullman, Jessie Usher

Duration: 129 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

25.10.17

thorragnarok

To Top