Connect with us

Independence Day: Resurgence Trailer: Will This Long-Awaited Sequel Be Lucky Enough to Retrieve the Past Glory?

20th Century Fox

PREVIOUS HIGHLIGHT

Independence Day: Resurgence Trailer: Will This Long-Awaited Sequel Be Lucky Enough to Retrieve the Past Glory?

Ketika Independence Day dirilis tahun 1996, terlepas kisah alien menyerang bumi yang (menurut kami) diolah secara dangkal dan absurd serta kualitas akting para bintangnya yang tidak terlalu spesial, premis di atas faktanya mengalami booming dan film ini pun dianggap sebagai pionir.

Termasuk film pra-era milenium yang dianggap paling sukses memadukan elemen fiksi ilmiah dengan balutan komedi dan aksi, film ini pun membesarkan nama kedua bintangnya, Will Smith (Men in Black, Focus) dan Jeff Goldblum (Jurassic Park), tak lupa sang sutradara, Roland Emmerich, yang sebelumnya sudah pernah menelurkan film dengan kisah serupa, Stargate (1994). 

Namun yang menjadi dilema, kesuksesan tersebut kami nilai bak sebuah simalakama karena terjebak di antara keberuntungan semu dan kritikan nyata. Kami sebut beruntung karena Independence Day dirilis di momen yang pas sehingga kritik yang menghujani dapat dikesampingkan. Dengan setting waktu menjelang Hari Kemerdekaan AS, 4 Juli, Independence Day ibarat Home Alone yang wajib ditonton ulang setiap momen Natal. Ingat, sebuah kewajiban, bukan keinginan.

Independence Day Movie Trailer

Ya … kami bukanlah penggemar Independence Day namun jangan salah, kami tetap penasaran ketika mengetahui bahwa sekuelnya tengah digarap hingga akhirnya sebuah trailer perdana beredar beberapa hari lalu. Singkat kata, kami berharap melihat adanya perbaikan dalam sekuel yang dijadwalkan rilis pada Juni 2016, terutama aspek cerita.

Pasalnya, tanpa pendalaman cerita yang serius, sekuel yang diberi embel-embel Resurgence alias Kebangkitan akan nampak mengekor alias malas. Tanpa pembangunan tingkat urgensi yang pas, sekuel ini dengan mudah dianggap sebagai aji mumpung, bukan lagi buah simalakama. Posisi yang serba salah, memang, but they know such unfortunate event will happen, even after 20 years.

Not a Fan of Roland Emmerich

Ya … walau pepatah mengatakan third time is a charm, namun kami prediksi Independence Day hanya memiliki sisa sebuah kesempatan, memuaskan atau sebaliknya. Pasalnya, walau kami melihat kembali beberapa wajah lama termasuk Goldblum serta cukup banyak cast baru yang digawangi oleh Liam Hemsworth (The Hunger Games), trailer ini tidak menunjukkan sinyal potensial.

Banyaknya karakter baru dengan Emerich yang bukanlah tipe sutradara piawai mengolah cerita, apalagi membangun karakter, kami pesimis sekuel ini akan memiliki nasib berbeda. Bukannya bermaksud negatif, namun film Emmerich memang sulit dinikmati, terutama ketika ia menerapkan metode pragmatis pada banyak plot bencana yang tak perlu kami sebutkan satu per satu, metode yang mengesampingkan banyak elemen terutama hubungan emosional penonton dengan film itu sendiri.

Singkat kata, trailer berikut ini bernada sama. Adegan kemunculan pesawat alien raksasa keluar dari awan besar, serangan manusia melumpuhkan alien, hingga negosiasi alot alien vs manusia, kami sungguh tak berani banyak berharap. Another visual dazzler with no depth or even realism, Mr. Emmerich?

Release Schedule: July 2016


Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

COMING SOON

thorragnarok

To Top