Connect with us
princessmononoke

ITCotW Movie Review: A Humble Story With Strong Values, a Capture of Eternal Beauty Undefeated in War

ITCotW Movie Review
Animatsu

REVIEWS

ITCotW Movie Review: A Humble Story With Strong Values, a Capture of Eternal Beauty Undefeated in War

This review contains spoilers

(4/5) 4.0 Stars

Walau dikemas dalam format anime, pergumulan yang dialami Suzu (Rena Nonen) terasa nyata pedihnya. Pasalnya, terlepas Suzu adalah karakter fiktif dan visualisasi kisah film ini bak buku cerita kaya warna, latar belakang serta situasi yang menghimpit dirinya dan keluarganya adalah fakta yang mengerikan.

Berlatar era Perang Dunia 2 di Hiroshima, Jepang, sudah dapat dipastikan, Suzu menelan pil pahit tinggal di jaman perang. Namun In This Corner of the World yang diangkat dari manga karya Fumiyo Kono ini tidak melulu menyorot duka perang lewat seorang Suzu, melainkan memberi ruang lebih besar untuk sikap positifnya dalam menghadapi teror perang yang perlahan namun pasti membunuh satu per satu berbagai hal yang ia cintai di negaranya sendiri. Alhasil, Suzu tampil sebagai sosok yang menginspirasi sekaligus memberi teladan bagi para penonton generasi modern, yang rata-rata mengaku tidak tertarik hidup di jaman perang walau hanya sebatas dalam imajinasi saja.

Yang membuat nilai dari film produksi studio Jepang, MAPPA, ini kian tinggi adalah plot yang sederhana namun dengan adegan yang dieksekusi matang. Alih-alih merasa bosan dengan tempo yang lambat, kami justru merasa diberi kesempatan waktu menikmati setiap detail dengan baik; warna-warna dan efeknya yang indah, gerakan-gerakan animasi yang menggemaskan namun tetap bermakna, hingga momen-momen hening yang sengaja diciptakan agar kami dapat menangkap pesan yang ingin disampaikan film ini.

ITCotW Movie Review

Adegan rutin seperti makan pagi -malam Suzu dan keluarga barunya, dieksekusi dengan elemen yang berbeda hari demi harinya, membuat adegan ini tak sekedar diulang. Adegan Suzu mengeksplorasi kota Eba juga diggambarkan lewat berbagai aktivitas menarik; menggambar arsitektur kota hingga mempelajari berbagai jenis kapal yang berlayar di perairan kota tersebut, menunjukkan bahwa Suzu adalah karakter yang memiliki rasa ingin tahu dan belajar yang tinggi.

Tak melulu tentang Suzu, hubungan Suzu dengan anggota keluarga barunya juga menarik untuk diikuti, terutama dengan sang suami, Shusaku (Yoshimasa Hosoya). Pasutri yang sebenarnya menikah bukan atas dasar cinta, diberi ruang cukup besar untuk menemukan arti cinta sesungguhnya. Terutama dengan latar belakang perang besar, cinta mereka mendapat ujian, tak hanya jarak dan waktu, namun juga hidup dan mati, membuat rasa cinta itu perlahan tumbuh setiap kali salah satu sedang dalam kondisi terancam. Hubungan Suzu dengan mertuanya juga patut ditiru. Berusaha menjadi menantu yang baik walau dalam kondisi serba sulit, usaha Suzu tak sia-sia. Dengan bakat alami yang ia miliki, Suzu selalu dapat memberi warna baru yang membuat dirinya begitu disayang.

Namun ritme plot duka berganti suka di atas berubah drastis ketika Suzu kehilangan 2 hal yang begitu ia sayangi. Pertama adalah tangan kanannya. Kedua adalah sosok Harumi (Natsuki Inaba) yang tak lain tak bukan adalah keponakan Suzu yang baru berusia 6 tahun. Kehilangan kedua hal ini, Suzu bak memasuki masa kegelapan, masa gelap yang menghantui pikiran dan batinnya, masa yang membuat pandangan positifnya terhadap perang selama ini goyah.

Karena, pada dasarnya, Suzu tetaplah seorang manusia biasa yang bisa mengalami depresi, terlepas sebagian besar hidupnya dibangun dengan landasan mimpi indah dan cita-cita ideal. Namun, lewat Suzu, ITCotW juga ingin menyampaikan bahwa setiap manusia berhak untuk bahagia, bagaimanapun situasinya. Lewat menggambar dan memasak, Suzu menemukan caranya untuk bahagia, walau ia tahu betul bahwa teror perang itu akan terus datang tanpa diundang. Singkat kata, Suzu adalah referensi yang tepat untuk menggambarkan perjuangan sukses memahami nilai positif di balik nilai negatif aktivitas peperangan itu sendiri.


Director: Sunao Katabuchi

Voice Cast: Rena Nonen, Natsuki Itaba, Yoshimasa Hosoya, Mayumi Shintani, Minori Omi

Duration: 128 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

COMING SOON

gintama

thebattleshipisland

waroftheplanetoftheapes
To Top