Connect with us
princessmononoke

Keeping Up With the Joneses Movie Review: Taking Every Fun Seriously, the Joneses Let Gaffneyes Play the Funniest yet Hardest Part

Keeping Up With the Joneses Movie Review
20th Century Fox

REVIEWS

Keeping Up With the Joneses Movie Review: Taking Every Fun Seriously, the Joneses Let Gaffneyes Play the Funniest yet Hardest Part

This review may contain mild spoilers

(3.5/5) 3.5 Stars

Melihat pasangan Joneses yang diperankan dengan penuh gaya oleh Gal Gadot (Wonder Woman) dan Jon Hamm (Mad Men), kami jadi terngiang-ngiang duo Brangelina dalam Mr. and Mrs. Smith (2005). Plotnya pun nyaris setali tiga uang, jika saja tidak ada pasangan Gaffneyes diplot jadi tetangga. Namun jangan salah, karena tanpa kehadiran Gaffneyes yang hobi menguntit Joneses, film besutan Greg Mottola (Superbad) bisa jadi hambar dan tak bertenaga.

Ya … pasalnya, Gadot dan Hamm bukanlah bintang komedi yang notabene piawai mengocok perut. Tingkah laku mereka sebagai Joneses juga tergolong serius, normal, seringkali keren dan flamboyan, aman(?), apapun itu yang jelas jauh dari kesan konyol dan lucu. Namun ketika semua elemen plus plus Joneses bertemu dengan kepolosan Gaffneyes, berbagai kekonyolan pun terjadi. Masalahnya, ketika Gaffneyes menganggap semua kekonyolan ini lucu, Joneses malah sebaliknya.

Memberi hint bahwa Joneses mirip Smith-es, MuviBlaster pasti dengan mudah menebak bahwa Joneses berprofesi sebagai detektif, agen CIA, atau mungkin mata-mata. Anda tak salah. Namun bagaimana dengan Gaffneyes? Siapa sebenarnya pasangan yang kami panggil demikian satu ini?

Well … sebenarnya mereka adalah nobody, hanya tetangga sebelah dengan kehidupan pasangan normal namun mendadak iri melihat kemesraan dan kemapanan Joneses. Walau demikian, Gaffneyes tak memiliki niat jahat. Sebaliknya, seiring plot berjalan, mereka melihat Joneses sebagai role model dalam rumah tangga mereka. Pertanyaannya, apakah Joneses berpikir hal yang sama terhadap Gaffneyes?

Keeping Up With the Joneses Movie Review

Kerjasama Pasangan Beda Kubu 

Dalam sebuah situasi genting, Joneses terpaksa bekerja sama dengan Gaffneyes, dan sebaliknya. Walau awalnya saling mencurigai, singkat cerita, kedua pasangan ini menemukan sebuah perekat yang selama ini dicari. Hal ini tentunya tak mudah karena pada awalnya, Joneses menjadikan Gaffneyes sebagai target. Berawal dari sebuah perintah organisasi naungan Joneses, Natalie (Gadot) dan Tim (Hamm) menyusun rencana untuk mendekati Karen (Isla Fisher) dan Jeff (Zach Galifianakis) dengan maksud tertentu. Apakah isi perintah itu?

Di lain pihak, Karen dan Jeff juga bukanlah pasangan yang bodoh, walau dari luar terlihat polos. Terutama Karen, ia mencium adanya kejanggalan pada gerak-gerik Joneses. Klimaksnya adalah ketika ia menguntit Natalie berbelanja pakaian dalam di sebuah pusat perbelanjaan. Natalie yang merasa tak senang terpaksa mengintimidasi Karen, membuat tetangganya itu semakin curiga namun juga mulai merasa takut.

Para wanita menemui klimaksnya, demikian pula dengan para pria. Bedanya, jika para wanita bersikap kejam satu sama lain, para pria justru lebih toleran. Jeff yang bekerja sebagai seorang HRD di perusahaannya berusaha keras untuk membangun hubungan pertemanan yang tulus dengan Tim. Siapa sangka Tim tersentuh dengan ketulusan Jeff dan sungguh menganggapnya teman. Untuk sesaat, Tim lupa bahwa Jeff adalah targetnya.

Isla Fisher, Si Pencuri Perhatian

Walau Gadot tampil cantik dan sempat tampil seksi dalam sebuah adegan, sinar terang Isla Fisher sulit dikalahkan. Walau kalah tinggi semampai, Fisher tampil all out, baik itu dalam konotasi lucu maupun seksi. Bukan bertubuh bak model asal Israel, fisik Fisher montok terutama ketika dibalut bandage dress Herve Leger di adegan penutup.

Lebih jauh lagi, Fisher adalah si penyuntik endorfin nyaris dalam semua adegan penting film ini. Karakternya sebagai istri yang mudah panik dan gampang curiga, menimbulkan banyak kekocakan dan menciptakan alur menarik. Menemani Galifianakis yang kami nilai kalah kocak, untung saja Fisher tidak egois, membuat harmoni komedi pasangan Gaffneyses tetap terjaga baik.

Hamm tampil seperti biasanya, tampan dan berkarisma. Mirip James Bond, Hamm lebih banyak tampil jaim, memyerahkan tugas komedi berat itu pada Galifianakis. Mungkin karena perbedaan karakter inilah, Galifianakis terlihat kesulitan mencairkan suasana apalagi memberi hentakan humor yang seharusnya ia berikan. Namun tak mengapa, karena aspek persahabatan di antara keduanya jadi lebih kental dan memberi sedikit bumbu drama di tengah-tengah premis komedi yang diusung.

Apakah hal di atas adalah sesuatu yang baik? Well … dengan premis pasangan mata-mata terjebak dalam situasi konyol, rasanya wajar jika Joneses menganggap kekonyolan demi kekonyolan ini dengan serius. Singkat kata, alasan kami bisa tertawa kencang memang didominasi oleh faktor X tetangga sebelah.


Director: Greg Mottola

Cast: Jon Hamm, Gal Gadot, Isla Fisher, Zack Galifianakis

Duration: 105 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

COMING SOON

gintama

thebattleshipisland

waroftheplanetoftheapes
To Top