Connect with us
transformersthelastknight

Lion Movie Review: When a Cliche Plot Is Unbelievably One’s True Story, an Underlying Value Roars Up Every Critic

Lion Movie Review
The Weinstein Company

REVIEWS

Lion Movie Review: When a Cliche Plot Is Unbelievably One’s True Story, an Underlying Value Roars Up Every Critic

This review contains no spoilers

(4/5) 4.0 Stars

Terlepas makna di balik judulnya yang membuat penasaran (baca: silahkan menonton untuk mencari tahu), kisah nyata bocah berusia 5 tahun yang tak sengaja terpisah dari keluarganya ini, sudah menjadi magnet kuat. Bagaimana si bocah bisa terpisah hingga akhirnya ia menemukan jalan pulang, walau terpaut 25 tahun lamanya, adalah pertanyaan besar dengan kemungkinan besar jawaban berikut ini; keajaiban. Namun siapa sangka bahwa Saroo Brierley menemukan kembali kampung halamannya berkat bantuan teknologi salah satu produk Google yang dinamai Earth, sebuah berkat kemajuan teknologi bagi siapapun yang sabar menanti.

Bernama lengkap Google Earth, produk yang mampu membawa siapapun mengelilingi dunia lewat gerakan mouse scroll ini memberikan Saroo keajaiban atas kesabarannya itu, keajaiban yang turut membawa penonton berkelana menuju masa-masa sebelum ia menjadi seorang Brierley. Bahwa Saroo cilik hanyalah seorang anak seorang janda yang bekerja sebagai buruh pembawa batu yang notabene hidup penuh kesulitan, membuat nasib beruntungnya sekarang ini adalah sebuah bukti bahwa takdir yang tak bisa dilawan.

Namun memindahkan kisah yang klise namun juga sulit dipercaya terjadi ini ke layar lebar bukan perkara mudah. Saroo cilik membawa pergumulan batin yang luar biasa, Saroo remaja pun demikian, terutama ketika ia sadar bahwa kondisi sekarang tak akan bertahan lama sebelum rasa bersalah berhenti mencari keluarganya itu berakhir. Rajutan batin antara Saroo dan keluarga barunya juga hal yang patut diperhitungkan karena menjadi pondasi bagi karakter Saroo 20 tahun kemudian.

Lion Movie Review

Berita baiknya, penampilan kuat nampak dari duet Dev Patel (Saroo) dan Nicole Kidman (Sue) yang diplot sebagai ibu dan anak. Walau hubungan mereka sempat renggang ketika Saroo mulai sibuk mencari asal usulnya, kami bisa merasakan bahwa ikatan batin Saroo dengan ibu angkatnya itu sangat kuat. Apalagi melihat warna kulit keduanya yang kontras, sungguh sulit membayangkan jika dua individu yang awalnya asing ini dapat saling mengasihi walau tidak bertalian darah.

Penampilan Sunny Pawar sebagai Saroo cilik kami nilai yang terbaik, sinkron dengan ekspektasi dari porsi screen time yang diberikan kepadanya. Potret kehidupan Saroo ketika ia masih berusia balita nyaris menyita separuh durasi film, membuat kami lebih fokus pada masa lalu ketimbang masa depannya. Dan menariknya, akting Pawar sungguh baik; ekspresi wajah dan sorotan matanya yang bulat indah itu mampu menyiratkan berbagai perasaan yang tengah berkecamuk dalam hatinya. Lengkap dengan gerakan lincah gesit untuk bocah seusianya, gerak-gerik Pawar selalu terlihat dinamis sekaligus menggemaskan.

Kisah Saroo adalah kisah yang nyata, menambah greget dalam batin kami. Dan meskipun kasus anak hilang banyak terjadi di India, namun detail dalam kisah Saroo tergolong langka. Bahwa ketika terjebak dalam sebuah kereta penumpang kosong selama kurang lebih 2 hari hingga akhirnya tiba di Kalkuta, Saroo tak punya pemahaman apa yang tengah terjadi apa dirinya. Hingga akhirnya ia menjelajah kota yang lebih modern dari kampung halamannya itu, Saroo masih saja polos mencari ibu dan kakak laki-lakinya, Guddu. Bahkan ketika Saroo diberitahu bahwa ada sebuah keluarga asal Australia yang hendak mengadopsi dirinya, ia tak menolak. Setiap detail dalam perjalanan hidup Saroo seperti sudah dirancang sedemikian rupa agar ia menjadi Saroo seperti sekarang ini.

Dengan demikian, apapun plot filmnya secara otomatis adalah sebuah eksekusi yang langka dan indah, membuat segala bentuk cacat yang hendak muncul, sirna. Nyata namun sulit dipercaya, menarik namun menyakitkan, kisah Saroo adalah bukti bahwa segala sesuatu indah pada waktunya.


Director: Garth Davis

Cast: Nicole Kidman, Dev Patel, Rooney Mara, David Wenham, Sunny Pawar

Duration: 118 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

COMING SOON

despicableme3

dunkirk

baywatch

To Top