Connect with us
thorragnarok

London Has Fallen Movie Review: Not a Good Sequel but Gerard Butler Makes It Look Negotiable

London Has Fallen Movie Review
Focus Features

REVIEWS

London Has Fallen Movie Review: Not a Good Sequel but Gerard Butler Makes It Look Negotiable

This review may contain mild spoilers

(3/5) 3.0 Stars

Untuk ukuran sekuel, London Has Fallen tidaklah lebih baik dari film pendahulunya. Dan perlu diingat, film pendahulunya yang dipanggil Olympus itu juga bukanlah film pembuka yang baik. Premis generik, akhir mudah ditebak, dan sederet adegan aksi bercampur ledakan ala Michael Bay nyaris memenuhi seluruh ruang durasi. Disebut-sebut meniru Die Hard namun gagal karena temponya yang terlampau cepat dengan detail berantakan ketimbang perlahan namun memberikan banyak momen tegang berkesan.

Untung saja, baik Olympus maupun London memiliki Gerard Butler (300, Ugly Truth, Gods of Egypt) sebagai si jagoan yang tak pernah mati. Tenang … ini bukan sindiran karena Butler memanglah pas memerankan karakter macam ini (baca: dibandingkan jadi Dewa Mesir yang jahat itu). Penampilan aksinya selalu maksimal dan interaksinya dengan para cast lain terbilang akrab, membuat franchise ini masih terus menarik diikuti, terlepas kritik sana-sini terus menyerang.

Dan untuk ukuran sekuel, walau tidak membaik, London Has Fallen masih menerapkan senjata ampuh pembungkam segala macam reaksi negatif para penontonnya, termasuk kami. Penasaran apa senjata yang kami maksud?

London Has Fallen Movie Review

Tak perlu berlama-lama, petinggi keamanan kepresidenan AS, Mike Banning (Butler) bersama sang presiden, Benjamin Asher (Aaron Eckhart), langsung dihijrahkan ke London untuk menghadiri upacara pemakaman perdana menteri Inggris. Walau kami sudah tahu dari trailer dan sinopsis bahwa di London-lah, para pemimpin dunia sengaja dikumpulkan untuk dilumpuhkan, namun pengalaman detik-detik menuju momen tersebutlah yang kami tunggu.

Cemas di atas bangku, benar saja, selanjutnya satu per satu pemimpin negara (baca: Jerman, Kanada, Perancis, hingga Jepang) diserang dengan cara mengerikan. Tak hanya itu, serangan ini juga disertai pemandangan berbagai lokasi penting; Sungai Thames, Big Ben, hingga Westminster Abbey yang habis diluluh lantakan. Lalu, siapa sebenarnya target utama serangan kali ini? Apakah lagi-lagi Presiden Asher di Olympus Has Fallen dulu?

Serangan Tanpa Henti

Dengan target utama yang kini sudah tertebak dan potensi adegan aksi hingga akhir durasi, tak ada yang kami harapkan selain merasakan momen di antara hidup – mati bersama Banning dan Asher. Dan untung memang itulah yang terjadi. Adegan tembak menembak, baku hantam berlumuran darah, hingga saling melempar granat membuat kami kesulitan berpikir dengan akal sehat. Yang ada, kami berusaha menikmati dan berharap bahwa film ini berakhir dengan aman terkendali.

Sejak serangan pertama yang menewaskan banyak pemimpin negara di atas, otomatis Asher menjadi target empuk. Namun pasca berlindung di kediaman seorang agen MI6 bernama Jacqueline (Charlotte Riley), status Asher masih belum aman. Ia bersama Banning justru makin terperangkap di London dan terancam dijadikan propanda untuk AS lewat sebuah siaran langsung oleh si villain.

Villain dengan Tindakan Lebay

Ya … pertanyaan dalam semua film berpremis demikian adalah siapa dalangnya? Apa motifnya? Apa golnya? Dan apakah sosoknya cukup mengintimidasi jagoan kita di sini?

Adalah villain yang diplot berasal dari negeri seberang memiliki dendam personal terhadap Asher. Saking personal, kami menilai aksi terornya di kota London terasa lebay. Pasalnya, dengan jaringan mafia demikian luas dan teknologi serta persenjataan yang canggih, mengapa tak ia luncurkan saja sebuah rudal tepat menuju Gedung Putih?

Well … kalau si villain, Aamir Barkawi (Alon Moni Aboutboul) melakukan hal demikian, maka sekuel yang tidak lagi ditangani oleh Antoine Fuqua (The Equalizer, Southpaw) kembali ber-setting di lokasi yang itu-itu saja. Paling tidak, dengan berpindah ke London, London Has Fallen memiliki kesempatan untuk menyodorkan sesuatu yang baru, walau sekedar lokasi. Paling tidak, lewat London Has Fallen, Butler berkesempatan unjuk gigi menjadi agen 007 walau tanpa aksen kental dan perangai seorang gentleman.

London Has Fallen Movie Review

Director: Babak Najafi

Cast: Gerard Butler, Aaron Eckhart, Morgan Freeman, Radha Mitchell, Angela Bassett

Duration: 100 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading

25.10.17

thorragnarok

To Top