Connect with us
TombRaider

Maze Runner: The Death Cure Movie Review: Running Out of Landscape, Gladers Are No Longer in Their Best

Maze Runner: The Death Cure
20th Century Fox

REVIEWS

Maze Runner: The Death Cure Movie Review: Running Out of Landscape, Gladers Are No Longer in Their Best

This review contains mild spoilers

(3/5) 

Yang membaca habis seri novelnya, pasti tahu bahwa dalam film adaptasi terakhir ini, Thomas (Dylan O’Brien) cs tak diberi misi untuk kabur dari perangkap W.I.C.K.E.D. Sebaliknya, para Glader harus bolak-balik alias keluar masuk perangkap organisasi pimpinan Ava Paige (Patricia Clarkson) itu jika ingin mencicipi kebebasan yang sesungguhnya. Dan demikianlah yang terjadi, mengingat membebaskan Minho (Ki Hong Lee) dari cengkraman W.I.C.K.E.D ternyata tidaklah mudah.

Pasca Maze dan Scorch, W.I.C.K.E.D kehabisan lansekap untuk menipu daya para Glader kesayangan mereka. Dalam jilid ini, W.I.C.K.E.D juga nampak sibuk menemukan Cure karena waktu yang tersedia segera habis sedangkan kemunculan Cranks semakin merajalela. Teresa (Kaya Scodelario) yang mulai kehilangan rasa percaya diri juga kalah cepat dari upaya Thomas cs untuk membobol markas besar W.I.C.K.ED. Konflik kepentingan dipastikan pecah namun apakah pada akhirnya ada sebuah visi sama yang akhirnya dicapai semua pihak ini? Apakah semuanya akan percaya bahwa Cure benar-benar ada?

Ava dan Teresa percaya sementara Thomas cs tidak. Perbedaan visi inilah yang membuat Teresa nampak berkhianat. Padahal jika disadari, tanpa Cure, usaha Thomas cs dalam The Maze Runner (2014) dan The Scorch Trials (2015) seakan tak memiliki tujuan. Untuk apa terus berlari jika hanya untuk pindah dari sebuah lubang buaya ke lubang harimau, dan sebaliknya? Di sisi lain, semakin sulit bagi Teresa untuk meyakinkan Thomas cs ketika ia tak tahu pasti apakah darah seorang Immune sungguh bisa diolah menjadi serum Cure. Jikapun ya, berapa lama ia harus membuktikan, membuat Thomas cs geram ingin membebaskan Minho secepat mungkin?

Maze Runner: The Death Cure

Plot cerita masih seseru tikungan dalam Maze walau temponya kalah cepat. Nuansa cerita masih tegang walau kalah panas dari terik matahari Scorch. Untung, adegan klimaks membuat kami terharu sekaligus bahagia, walau miris menyaksikan Thomas harus mengalami begitu banyak kehilangan. Namun, jelas sudah lika-liku misteri di balik upaya W.I.C.K.E.D mengumpulkan para remaja ini dan memberlakukan sistem seleksi alam.

Lebih banyak adegan aksi walau kami kurang setuju melihat koreografi Thomas cs yang bak para jagoan film laga. Akan ada lebih banyak adegan aksi jika saja waktu untuk adegan dialog mubazir itu dihemat. Ada pengembangan karakter walau hanya berfokus pada mereka yang esensial dalam penemuan Cure; Thomas, Teresa, Ava, dan Janson (Aidan Gillen). Ada lansekap baru bernama The Last City yang megah namun tak seintens Maze dan Scorch.

Intinya, ada banyak elemen menarik namun dengan banyak kekurangan. The Maze Runner dan The Scorch Trials seperti sudah menampilkan semua yang terbaik dari seri film ini dan membukakan akses seluas-luasnya untuk The Death Cure mengakhiri petualangan Thomas cs dengan cara mereka sendiri. Sayang, The Death Cure tak punya banyak waktu ketika dijejali dengan plot bertikungan sulit yang sesekali dihimpit drama persahabatan yang kali ini dipenuhi krisis kepercayaan.

Drama cinta segitiga yang cukup kompleks dalam novel juga tak banyak diangkat, membuat Brenda (Rosa Salazar) bak orang ketiga yang diplot selalu bertepuk sebelah tangan karena tak sungguh-sungguh dilibatkan di  antara Thomas dan Teresa. Identitas seorang Glader pun nampak pudar dari diri masing-masing, menjadikan pengalaman berjuang bersama di balik tembok tinggi itu tinggal kenangan indah.


Director: Wes Ball

Cast: Dylan O’Brien, Kaya Scodelario, Thomas Brodie-Sangster, Ki Hong Lee, Patricia Clarkson, Aidan Gillan, Will Poulter, Rosa Salazar, Barry Pepper

Duration: 142 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

RECENTLY WATCHED

COMING SOON

To Top