Connect with us
thorragnarok

My Stupid Boss Movie Review: A Funny Reference for Anyone Despising Horrible Bosses

My Stupid Boss Movie Review

REVIEWS

My Stupid Boss Movie Review: A Funny Reference for Anyone Despising Horrible Bosses

This review contains no spoilers

(3.5/5) 3.5 Stars

Premisnya mirip Horrible Bosses milik Hollywood, namun minus pembalasan dendam secara fisik, melainkan lewat hati. Overall, kami menikmati dinamika kegilaan Bossman dan kekesalan anak buahnya. Kedua elemen ini tak pernah berhenti bertautan, bahkan, ibarat mobil, berusaha saling mendahului untuk menjadi yang terdepan. Hasilnya? Durasi 108 menit efektif digunakan untuk menghibur penontonnya, secara konsisten.

Namun selain konsistensi tempo kedua elemen di atas, kami menilai faktor X lain My Stupid Boss adalah kerjasama antara cast-nya yang solid, terutama 4 karyawan lama Bossman yang berkewarganegaraan sama namun beda etnis itu. Lalu bagaimana dengan chemistry antara si Bossman dengan karyawan barunya yang bernama Diana namun selalu dipanggil Kerani?

Dari trailer saja kami tahu kalau Reza Rahadian (Habibie dan Ainun, Rudy Habibie) akan tampil all out dan stand out karena menjelma menjadi Bossman, baik secara fisik dan karakter, bukanlah perkara mudah. Tubuh tambun berat, kepala botak 3/4, hingga kumis panjang mirip ikan lele sudah membuat fisik Reza (mungkin) sulit bergerak. Plus, Bossman mempunyai perangai sinting, kebiasaan pikun, tingkat sensitivitas rendah, dan tingkat kepura-puraan tinggi, karakter yang belum pernah kami lihat keluar dari diri Reza sebelumnya.

Sayangnya, lawan main utama Bossman yang diperankan Bunga Citra Lestari (Habibie dan Ainun, Jilbab Traveler) AKA BCL (baca: Kerani) kurang bisa mengimbangi akting Reza yang total di sini. Ada kalanya kami merasa gerak-gerik dan dialog BCL telat merespon lawan mainnya itu. Selain masalah timing, banyak narasi suara hati yang juga terasa hambar, memberi kesan kalau BCL kurang menjiwai sisi lucu karakter Kerani-nya, melainkan lebih banyak marah-marah dan gregetan sendiri.

4 Sekawan Kompak

Kami sudah kemukakan dari awal kalau 4 sekawan beda etnis yang kompak adalah salah satu faktor X di sini. Adalah Mr. Kho (Kinwah Chew) yang sudah 15 tahun lelah bekerja, Norahsikin (Atikah Suhaime) yang ditaksir Adrian (Bront Palarae) yang (nampak) keturunan India, Adrian yang selalu bergaya alay dengan kumis sultannya, dan Azhari (Iskandar Zulkarnain) yang berperilaku bak ustad di masjid.

My Stupid Boss Movie Review

Keempatnya sudah lebih dulu menelan pil pahit bekerja dengan Bossman,  namun tak ada satupun yang berani menyatakan genderang perang. Sebaliknya, keempatnya sepertinya malah betah; menjalani drama kantoran kocak diiringi rasa batin tersiksa. Menariknya, keempat wajah asal Malaysia ini justru menyita perhatian kami paling banyak, membuat ensemble cast ini jelaslah sesuatu.

Apalagi keempat bintang ini menggunakan aksen Malaysia yang kental, membuat dialog lucu yang mereka lontarkan terasa benar-benar lucu, terutama bagi para penonton non-Malaysia. Lebih jauh lagi, ketika Bossman berinteraksi menggunakan bahasa gado-gado, jika bukan bahasa planet, dengan para karyawannya, berbagai miskomunikasi kocak pun terjadi.

Premis Bos VS Karyawan

Sudah banyak film Hollywood memggunakan premis serupa; karyawan yang membenci bos dengan perangai kelewat batas. Mulai dari bos Devil Wears Prada (2006) yang begitu fashionable bossy-nya, bos The Proposal (2009) yang justru membuat Ryan Reynolds jatuh cinta, hingga para Horrible Bosses yang niat dibunuh para karyawannya.

Namun MuviBlaster pasti setuju kalau My Stupid Boss lebih mirip Horrible Bosses, yang mana ketiga karyawan beda bos itu berencana untuk melenyapkan bos masing-masing dengan berbagai cara. Bedanya, My Stupid Boss yang digawangi Kerani justru memilih strategi mental yang golnya mengeluarkan sisi baper si Bossman. Siapa sangka ketika strategi ini sukses, Kerani malah makin kewalahan menghadapi Bossman, terutama ketika sisi bapernya makin bocor menjelang akhir film.

Klimaksnya sendiri kami nilai kurang pas, namun untungnya tidak menodai kelucuan yang sudah sejak kemunculan trailer dicitrakan dan dibangun dalam benak kami. Bossman tetap saja bos menjengkelkan yang tingkah lakunya selalu dekat dengan bencana bom molotov di kantornya sendiri.


Director: Upi Avianto

Cast: Reza Rahadian, BCL, Alex Abbad, Chew Kin Wah, Bront Palarae

Duration: 108 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

25.10.17

thorragnarok

To Top