Connect with us
thorragnarok

Part-Time Spy Movie Review: Light and Fun but Not a Typical Favorite

Part Time Spy Movie Review
Storm Pictures Korea

REVIEWS

Part-Time Spy Movie Review: Light and Fun but Not a Typical Favorite

This review contains no spoilers

(3/5) 3.0 Stars

Ringan dan menghibur. Dengan mudah kami menyematkan kedua label ini untuk Part-Time Spy, sebuah film Korea dengan premis satuan gabungan polisi dan detektif yang beroperasi paruh waktu. Sebuah tipe film tidak mengharuskan penontonnya banyak berpikir atau mengharapkan penonton membanding-bandingkan dengan film Korea favorit masing-masing.

Jalan ceritanya pun mudah ditebak. Adalah Jang Young Sil (Kang Ye Won) dan Na Jung An (Han Chae Ah) yang harus bahu membahu membongkar misteri raibnya sejumlah uang besar milik masyarakat umum. Kami tekankan “harus” karena keduanya bukanlah rekan kerja yang akur. Bak Tom dan Jerry, Young Sil dan Jung An terus menerus saling menikam ketika ada kesempatan.

Saatnya berkenalan. Young Sil adalah seorang wanita yang tak lagi berusia muda namun masih jauh dari status mapan. Parahnya lagi, Young Sil bukanlah tipe wanita menarik apalagi cantik. Ia kaku dan polos sehingga mudah di-bully. Walau ia digambarkan memiliki banyak bakat namun sayang mendapat pekerjaan serabutan. Terus menerus melamar sebuah posisi di Agensi Sekuritas Nasional namun terus-menerus ditolak. Naas, setelah diterima sekalipun, ia masih saja dianggap anak bawang.

Jung An adalah kebalikan dari Young Sil. Memiliki karir sebagai polisi yang oke dan disegani, Jung An juga memiliki wajah cantik dan tubuh molek bak model. Hanya satu masalah Jung An, ia tak bisa mengendalikan emosi yang berkecamuk dalam hatinya dan ucapan yang keluar dari mulutnya. Tak heran, jika Jung An dikenal sebagai si cantik pemarah.

Part Time Spy Movie Review

2 karakter yang bertolak belakang ini menemukan titik temu ketika aksi pencucian uang ilegal semakin santer dan mulai merugikan masyarakat kecil. Keduanya sepakat bahwa aksi ini harus segera dihentikan namun dengan pendekatan yang berbeda. Bisa ditebak bahwa Young Sil adalah tipe yang sensitif dan mudah menggunakan perasaan dan Jung An sebaliknya. Seiring film berjalan, masing-masing diberi jebakan berbeda, membuat kami tak bisa menentukan siapa yang benar dan salah. Bukan bertujuan menjatuhkan, jebakan-jebakan ini memang dibuat agar Young Sil dan Jung An mendapat pelajaran berharga.

Bukan tipikal film favorit kami karena walau ringan dan menghibur, banyak elemen dalam Part-Time Spy yang digarap kurang maksimal. Film dibuka dengan tempo cenderung lamban dan alur cerita yang diisi dengan beberapa adegan basa-basi. Ye Won sebagai karakter utama juga terlihat kurang memancarkan energi sehingga dengan mudah disaingi ketika karakter Jung An milik Chae Ah tampil dengan slot lebih.

Karakter lain yang sukses menyerap energi milik Ye Won adalah karakter bos Agensi Sekuritas Nasional yang brengsek (Jo Jae Yun). Tampil dengan peringai licik dan gerak-gerik seorang tukang perintah, Young Sil sukses dibuat tunduk dan takut setengah mati. Usut punya usut, bos Young Sil adalah salah satu korban pencucian uang ini, kemudian menyuruh Young Sil untuk menyamar menjadi seorang staf telemarketing dalam perusahaan yang ia curigai mencuri uangnya itu.

Siapa sangka, bukannya menyamar sebagai seorang staf low-profile, Young Sil malah menjadi staf bintang, membuat Jung An cemburu dan seorang direktur tampan (Nam Koong Min) menaruh hati. Alih-alih mencapai gol misi dengan segera, Young Sil terpaksa lebih dulu berurusan dengan beberapa drama kehidupan yang membuat hatinya galau ini.

Ringan karena benang kusut di balik misteri ini tidaklah sekusut itu. Menghibur karena ada cukup banyak adegan kocak, yang walau dangkal tetap membuat kami tertawa lepas. Walau Yong Sil sempat galau namun untung hatinya tidak sampai pecah berkeping-keping. Walau Jung An sempat menunjukkan sifat keras, ia bukanlah seorang yang kejam. Semuanya memang tampak bermain di zona aman.


Director: Kim Deok Soo

Cast: Kang Ye Won, Han Chae Ah, Kim Min Kyo, Jo Jae Yun, Nam Koong Min

Duration: 117 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

25.10.17

thorragnarok

To Top