Connect with us

Pete’s Dragon Movie Review: Genuinely Valuing Family and Friendship, Pete Escapes the Stereotype of Being Too Much Tarzan or Mowgli

Pete s Dragon Movie Review
Walt Disney Studios Motion Pictures

REVIEWS

Pete’s Dragon Movie Review: Genuinely Valuing Family and Friendship, Pete Escapes the Stereotype of Being Too Much Tarzan or Mowgli

This review may contain mild spoilers

(3.5/5) 3.5 Stars

Walau premisnya mirip Tarzan dan The Jungle Book; seorang bocah yang tak sengaja tertinggal seorang diri di tengah hutan, namun dengan drama keluarga dan ikatan batin antara si Pete (Oakes Fegley) dengan naganya yang spesial, Pete’s Dragon tak terlihat mengekor apalagi menjadi sebuah repetisi yang notabene membosankan. Sebuah sajian visual yang awalnya kami kira biasa saja namun ternyata sempat membuat air mata turun cukup deras juga.

Walau menit-menit pertama film ini tak mengumbar banyak dialog, gambaran hubungan antara Pete dan sang naga yang diberi nama Elliot sudah cukup manjur untuk membuat kami mengukur betapa eratnya ikatan batin di antara mereka. Jika bukan karena akting Fegley sebagai Pete, maka adalah kepiawaian tim sukses CGI yang menciptakan dan memoles Elliot dengan rupa innocent sekaligus menggemaskan seperti itu. Walau adalah seekor naga dan bertubuh ukuran raksasa, gerak-gerik Elliot lebih mirip seekor anjing kecil yang menyayangi majikannya. Gerak-geriknya menyenangkan dan ekspresi wajahnya polos, membuat Elliot lebih mencuri hati ketimbang si Pete.

Adalah Pete yang begitu malang, kehilangan kedua orang tua dalam kecelakaan di hutan ketika masih balita. Tak mengerti apa-apa dan hanya berbekal sebuah buku cerita berjudul Elliot Gets Lost, Pete ditolong Elliot, bahkan diasuh mirip Mowgli oleh keluarga serigala. Singkat cerita, 6 tahun berlalu dan Pete menjadi anak yang lincah namun tak mengenal peradaban manusia. Lalu apakah ia akan menetap di hutan hingga dewasa seperti Tarzan nantinya?

Bintang-bintang Pendukung Penyita Perhatian

Tidak salah aktris yang terkenal dengan peran Gwen Stacy (Spider-Man’s First Trilogy) dan rambut merahnya ini dipilih untuk memerankan Grace, seorang pengawas hutan lindung yang berdedikasi tinggi. Pasalnya, Bryce Dallas Howard (The Help, Jurassic World) sukses menampilkan aura keibuan yang dibutuhkan dalam kisah film ini. Walau tidak mampu menyaingi Elliot yang notabene adalah karakter CGI, chemistry karakternya dengan Pete turut menjadi favorit kami.

Selain Howard, bintang lain yang menyita perhatian kami adalah si pemeran Gavin. Karl Urban yang dikenal tampil serius namun juga kocak sebagai Dr. Leonard McCoy dalam trilogi Star Trek modern, kembali menunjukkan akting komediknya dalam film drama keluarga ini. Hanya saja, karakternya diberi sedikit suntikan penyimpangan, membuat kami sempat sebal dengan tingkahnya yang main hakim sendiri itu.

Pete s Dragon Movie Review

Formula Drama Keluarga Usang yang Masih Menyentuh

Seperti yang kami indikasikan di atas, drama keluarga dalam Pete’s Dragon menyentuh. Pasalnya, keberadaan Elliot membuat Grace kurang akur dengan ayahnya, Mr. Meacham (Robert Redford) dan Gavin berselisih paham dengan kakaknya, Jack (Wes Bentley). Adalah ketika Elliot menampakkan diri, membuat Grace akhirnya percaya dengan “bualan” sang ayah serta Gavin khilaf, klimaks yang mempeerat hubungan antara karakter ini terjadi.

Keberadaan Elliot juga membuat sosok Pete jadi hidup dan menarik. Walau secara Solo akting Fegley kami lihat kurang maksimal; kurang memberikan kesan kritis dan perlawanan sengit dari seorang bocah gesit, namun duetnya dengan Elliot sungguh bekerja. Bahkan kami menilai chemistry di antara keduanya adalah nilai jual utama film besutan David Lowery (Ain’t Them Bodies Saints) ini, nilai jual yang sama pada The Jungle Book (2016), Life of Pi (2012) serta film lain dengan tema persahabatan antara manusia-binatang/raksasa/robot/karakter hidup lainnya.

Mungkin tema ini bukan tema besar yang mampu membuat calon penasaran, sinkron dengan ekspektasi awal kami pada Pete’s Dragon yang rendah. Premis serupa dengan ending yang tertebak pula, film bertema keluarga dan persahabatan umumnya diberi persoalan klasik yang ujung-ujung berakhir bahagia. Namun Pete’s Dragon seakan memberi sentilan, mengingatkan kami bahwa formula usang ini masih efektif jika digarap dengan serius dan tulus. Mirip pikiran dan gerak-gerik anak kecil yang polos, Pete’s Dragon mengajak kami mencari jati diri tanpa banyak aturan apalagi larangan. Ketika jatuh, silahkan menangis namun kembali bangun. Ketika bangun, silahkan merasa takut namun kembali berjalan sesuai kata naluri. Pete memang tersesat namun ia menyadari dan belajar untuk mencari jalan pulang.


Director: David Lowery

Cast: Robert Redford, Karl Urban, Bryce Dallas Howard, Oakes Fegley, Wes Bentley

Duration: 103 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

COMING SOON

thorragnarok

To Top