Connect with us
thorragnarok

Pirates of the Caribbean: Salazar’s Revenge Movie Review: Like Jack Sparrow, This Sequel Is Both Troublesome and Endearing

Pirates of the Caribbean: Salazar's Revenge Movie Review
Walt Disney Studios Motion Pictures

REVIEWS

Pirates of the Caribbean: Salazar’s Revenge Movie Review: Like Jack Sparrow, This Sequel Is Both Troublesome and Endearing

This review contains no spoilers

(3.5/5) 3.5 Stars

Jilid ke-5 yang diberi tajuk pembalasan sebuah karakter baru bernama Armando Salazar (Javier Bardem) masih kami sambut dengan tangan terbuka. Pertama, kami ingin melihat apakah Johnny Depp masih handal memerankan Jack Sparrow, yang walau sudah nyaris kehilangan segalanya, masih tetap memiliki selera humor sarkastik khas itu. Kedua, kami yakin terdapat banyak elemen nostalgia dengan penampakan Will Turner (Orlando Bloom) dan Elizabeth Swann (Keira Knightley), setelah keduanya absen hadir dalam Pirates of the Caribbean: On the Stranger Tides (2011). Sekuel pelepas rindu, paling tidak.

Namun yang terjadi sesungguhnya kami nilai justru lebih baik. Ada sebuah pencerahan, yang walau secara jalan cerita tak mutlak diadakan, namun memberi sentuhan emosional cukup efektif menjelang akhir filmnya serta memperpanjang tali silahturami antar karakter yang berpotensi membuahkan sekuel-sekuel lain. Terlepas formula konflik laut bebas yang penuh aksi dan fantasi ini tidak banyak berubah, akan selalu membuat penasaran masalah apa lagi yang akan Sparrow dan karakter inti lainnya hadapi mengingat mereka sering kali lupa menginjak daratan.

Pirates of the Caribbean: Salazar's Revenge Movie Review

Tidak melulu dikisahkan berseteru dengan Kapten Barbossa (Geoffrey Rush) atau dikejar-kejar pasukan militer Inggris, Sparrow mendapat musuh baru yang memaksakan diri kembali bangkit dari kubur. Kali ini, kami diajak berlayar sebentar ke masa lalu, masa di mana Sparrow muda mencapai masa kejayaannya sebagai seorang kapten kapal. Kala itu, secara sengaja, Sparrow memancing kapal Salazar, seorang pemburu bajak laut asal Spanyol, masuk ke dalam goa Segitiga Mematikan. Singkat cerita, kapal Salazar hancur. Naasnya lagi, ia dan seluruh awaknya dikutuk menjadi hantu di lautan hingga saat ini.

Ironis, dikisahkan Sparrow malah terjebak di daratan. Bukan karena kutukan namun karena tidak ada alasan yang membuat dirinya harus kembali ke laut. Mabuk-mabukan, keluyuran, dan berbuat onar adalah rutinitas Sparrow sekarang. Namun hal ini tidak berlangsung lama ketika karakter baru berikut dihadirkan; Henry Turner (Brenton Thwaites) dan Carina Smyth (Kaya Scodelario). Turner muda diplot bertekad membebaskan sang ayah (Will) dari kutukan The Flying Dutchman sedangkan Smyth adalah seorang ahli astronomi muda yang memiliki misi mencari jati diri sang ayah yang tak pernah ia kenal. Pertanyaannya, apakah Sparrow yang biasanya cuek bebek dan egois, mau ambil bagian jadi sukarelawan dalam misi keduanya ini?

Selera humor Sparrow memang kasar namun selalu saja mampu mengundang tawa alami dan dicintai. Karakternya masih seperti dulu; sok tahu namun penakut, licik namun baik hati, ceroboh namun banyak akal. Tak heran kalau ia memiliki banyak musuh yang gemas ingin membunuhnya. Namun khusus Salazar yang sudah dibuat Sparrow merana di dimensi lain hingga begitu lama, ia mengejar Sparrow dengan cara meninggalkan pesan mengancam kepada seorang manusia yang ia sengaja biarkan hidup dalam setiap misi penghancuran kapal berlayar. Singkat cerita, Henry adalah manusia pertama yang ia titipkan pesan tersebut, menjadikan karakter ini berperan penting dalam nasib Sparrow di akhir film nanti.

Sosok Sparrow dan elemen-elemen nostalgia, seperti yang kami sebutkan di atas, adalah daya tarik utama dari Pirates of the Caribbean: Salazar’s Revenge. Efek visual yang masih megah, plot yang masih tergolong rapi dan seru, karakter-karakter baru yang notabene bersemangat, serta potensi melihat Black Pearl kembali berlayar di lautan luas, jangan ragu untuk menonton walau ekspektasi melihat Sparrow bisa sekali saja serius dalam menghadapi sebuah masalah itu, amatlah kecil.


Director: Joachim Rønning, Espen Sandberg

Cast: Johnny Depp, Orlando Bloom, Javier Bardem, Geoffrey Rush, Kaya Scodelario, Brenton Thwaites, Keira Knightley

Duration: 129 mins


Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

25.10.17

thorragnarok

To Top