Connect with us
thorragnarok

Sadako VS Kayako Movie Review: We Hardly Tolerate the Horror Turning Silly but Still Enjoy the Fun Duo

Sadako VS Kayako Movie Review
NBCUniversal Entertainment Japan

REVIEWS

Sadako VS Kayako Movie Review: We Hardly Tolerate the Horror Turning Silly but Still Enjoy the Fun Duo

This review may contain mild spoilers

(3/5) 3.0 Stars

Sadako VS Kayako membuktikan bahwa bukan hanya karakter dunia kepahlawanan super saja yang seru untuk dikompetisikan. Dan sebenarnya, jika boleh jujur, versus di antara para karakter horor, berpotensi dibuat jauh lebih sengit, menggigit. Buktinya, coba tonton Freddy vs. Jason (2003) dan bayangkan jika Chucky diadu dengan Annabelle dan Ghostface diadu dengan Fisherman. Namun jangan salah, walau akhirnya ada salah satu yang menang, kemenangan ini sulit telak, karena dalam dunia superhero sekalipun, memenangkan salah satu pihak sebenarnya bukan keputusan yang bijak.

Maka kami tidak heran jika para penulis skrip kisah versus mengalami dilema ketika merangkai alur supaya salah satu pihak bisa menang telak dan wajar, sementara publik di luar sana secara fanatik berharap jagoan masing-masingnya menang. Well … kalau sudah begini pepatah yang berbunyi “Kita tak bisa menyenangkan semua orang.”, benar adanya. Dan khususnya kasus Sadako VS Kayako, walaupun salah satu hantu ini kalah, kecil kemungkinan korban yang sudah terlanjur terkutuk, bisa selamat. Karena kalau sampai salah satu hantu ini kalah, ada kemungkinan si korban justru terkena kutukan baru akibat terlanjur merasa senang di atas penderitaan makhluk lain. Lalu apa guna memenangkan salah satunya?

Bukan gaya kami untuk memaksa Anda mengingat betapa lestarinya keseraman yang dibawa kedua franchise ini. Asal bulu kuduk Anda masih merinding ketika mendengar nama-nama (yang untungnya boleh disebut); Sadako, Kayako, dan Toshio, ini saja sudah cukup. Para hantu beda kubu ini menyeramkan dengan ciri khasnya masing-masing sehingga ketika melihat Sadako merangkak keluar dari TV tabung dengan iringan suara seretan menyayat hati, penampakan Kayako bergerak kayang laba-laba menghampiri, menjadi sebuah jackpot. Namun apakah iya yang terjadi demikian?

Sadako VS Kayako Movie Review

Klimaksnya Mengagetkan Bukan Menegangkan

Kisah dari film besutan Koji Shiraishi (The Curse, Cult) ini ber-setting puluhan tahun pasca kejadian supernatural video tape The Ring dan rumah terkutuk Ju-On. Adalah 2 gadis remaja Yuri (Mizuki Yamamoto) and Natsumi (Aimi Satsukawa) yang membeli sebuah mesin VCR di toko barang bekas. Apes, VCR tersebut ternyata memuat video tape terkutuk milik Sadako. Singkat kata, keduanya meminta bantuan pada seorang ahli ilmu nujum, Morishige (Masahiro Komoto), dengan harapan bisa terbebas. Apa iya bisa? Apa iya dengan adanya konsep versus, Kayako kemudian diplot menolong ketiga manusia ini terbebas dari kutukan Sadako? Jika tidak, apa yang sebenarnya Sadako dan Kayako pertarungkan, mengingat mereka sebenarnya memiliki kepentingan yang sama?

Tak ingin memberi spoiler, silahkan Anda mengira-ngira apa yang akan mungkin terjadi. Karena terlepas Kayako nantinya membantu Yuri cs atau tidak, kutukan Sadako tak akan semudah itu dipatahkan. Logikanya, dibutuhkan lawan sejenis lain yang sama kuat agar klimaks film ini muncul. Namun jangan harap apa yang Anda saksikan nanti seserius logika ini karena pada kenyataannya, Sadako VS Kayako, tampil lucu mendekati konyol. Konotasinya?

Tensi ketegangan yang sebenarnya kami nilai sudah cukup baik dibangun di awal, hancur ketika tingkat keseriusan situasi ini dikesampingkan. Hasilnya, alih-alih takut dan terindimidasi sebagaimana harusnya, Sadako dan Kayako menjelma menjadi sepasang hantu yang tersesat karena tiba di sebuah persimpangan yang membingungkan, walau momen kemunculan mereka yang diiringi scoring menyayat hati masih tetap membuat kami bergidik ngeri.

Kami akui, tanpa aba-aba, mereka muncul mengagetkan membuat kami duduk tak tenang. Namun, efek kaget ini tidak berlangsung lama karena klimaks pertarungan yang dinanti itu justru berubah menjadi sebuah kejutan penimbul kerutan. Ya … terkejut, bingung, dan sempat tak habis pikir Sadako dan Kayako akan berlaku demikian, sebuah tindakan yang paling tidak (kami maklumi) dilakukan demi menjaga kelestarian trademark kedua franchise yang sudah terlanjur menjadi panutan penting.

Apakah hal yang kami maksud sesuatu yang bernada positif dan negatif, percaya saja, jika Anda adalah penggemar para karakter ini, Anda tidak akan terganggu. Bagi yang bukan, berita baiknya, Anda bisa menikmati Sadako VS Kayako tanpa takut dihantui mimpi buruk atau perilaku paranoid pasca penonton. Namun bagi Anda yang menonton serius seperti kami, siap-siap saja ikut tertawa sambil geleng-geleng kepala.


Director: Koji Shiraishi

Cast: Mizuki Yamamoto, Tina Tamashiro

Duration: 98 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

25.10.17

thorragnarok

To Top