Connect with us
thorragnarok

Sing Movie Review: The Singing Competition Is a Fun Way to Humanize Animals of All Sizes

Sing Movie Review
Universal Pictures

REVIEWS

Sing Movie Review: The Singing Competition Is a Fun Way to Humanize Animals of All Sizes

This review may contain mild spoilers

(3.5/5) 3.5 Stars

Zootopia (2016) dengan mudah menjadi sebuah contoh sukses film animasi yang mengangkat tema binatang sebagai makhluk sosial lengkap dengan berbagai permasalahan peliknya, terutama ketika sedang berkelompok. Walau tidak dengan premis persis namun dengan suntikan konsep singing idol yang sempat menjadi hype di berbagai negara itu, Sing garapan Garth Jennings ini memiliki benang merah yang sama.

Sebenarnya memvisualisasikan binatang yang pandai bernyanyi bukanlah suatu hal yang baru (baca: Rio (2011), Rio 2 (2014)) namun ketika menyanyi dijadikan sebuah hasrat terpendam layaknya dimiliki manusia, nyanyian ini pun jadi terdengar beda. Lebih jauh lagi, nyanyian dalam Sing bukanlah sebatas elemen penghibur melainkan sebuah esensi yang mendasari pembangunan seluruh karakter di dalamnya. Bahwa terlepas mereka memiliki hobi atau bakat menyanyi terpendam, semuanya memiliki mimpi menjadi bintang di industri musik profesional.

Dengan konsep di atas sambil mencium potensi besar dari karakter-karakter pendukungnya, Sing pun memulai kisahnya dengan cukup grande; seorang pemilik teater yang idealismenya terdengar meyakinkan lewat suara Matthew McConaughey (Interstellar, Free States of Jones) ingin mengulang kejayaan teaternya lewat sebuah kompetisi menyanyi.

Pasalnya, teater milik Buster Moon (McConaughey) terancam disita karena Moon terlilit banyak hutang. Teman baiknya yang kaya, Eddie Noodleman (John C. Reilly), enggan membantu. Satu-satunya yang selalu setia di samping Moon hanyalah Miss Crawly (Garth Jennings) yang sudah tua renta. Hingga suatu hari, secara mendadak, Moon mendapat ide untuk mengadakan kontes menyanyi ala Idol dengan hadiah sebesar USD 1,000 saja. Lalu seberapa besar animo publik terhadap ide Moon ini?

Bakat Menyanyi Terpendam Para Binatang

Berkat faktor U (baca: Usia) Miss Crawly, berita kompetisi ini menyebar cepat dan luas. Berkat faktor U Miss Crawly pula, respon atas kompetisi ini jadi luar biasa. Bagi MuviBlaster yang penasaran siapa sih Miss Crawly ini, tahanlah sejenak, karena antrian para peserta kompetisi sudah panjang membludak. Ibarat seorang Simon Cowell dadakan, bersiaplah bersama Moon menyaksikan audisi dan ikut menyeleksi penampilan para binatang menyanyi yang membuat kagum, pusing, sekaligus kocak mengocok perut.

We easily fall in love with Sing!  Karakter-karakternya begitu unik. Ibarat setelan suara, masing-masing memiliki jenisnya sendiri. Di garda depan adalah Moon yang selalu optimis dan idealis. Karakter-karakter peserta juga diberi kisah masing-masing yang tak saling bertabrakan; mulai dari Johnny (Taron Egerton) yang galau mengikuti jejak kriminal ayah, Rosita (Reese Witherspoon) yang stres mengurus rumah tangga tanpa henti hingga Meena (Tori Kelly) yang bertubuh gajah besar namun bernyali semut kecil. Tak ketinggalan, Mike (Seth MacFarlane), si tikus bergaya perlente namun pecicilan, juga ikut meramaikan panggung Sing yang akbar ini.

Sing Movie Review

Soal suara, tentu ada alasan mengapa karakter-karakter di ataslah yang di-highlight di filmnya.  Ya … walau dengan dilema yang sebenarnya sudah berkepanjangan, mereka punya suara emas yang diberi kesempatan unjuk gigi, walau singkat. Hasilnya tidaklah buruk. Pasti Anda kaget mendengar Egerton bisa menyanyi The Way I Feel Inside milik The Zombies dengan begitu pede. Siap-siap juga mendengar Witherspoon menyanyi Shake It Off-nya Taylor Swift nyaris mulus. Scarlett Johansson (Lucy, Hail! Caesar) yang juga pernah menelurkan 2 buah album musik pun kebagian peran landak duri bernama Ash yang menyenangi aliran musik alternative rock. Lagu milik siapa yang ia nyanyikan? Silahkan Anda cari tahu sendiri.

Kami tak mau banyak komentar soal efek visual 3D yang sudah melampaui standarnya ini. PR terberatnya justru membangun karakter, membentuk plot yang seru menyenangkan lengkap dengan selera humor dengan daya sebar SU (baca: Segala Umur). Dan kami menilai Sing telah mengerjakan PR-nya dengan baik. Kami terhibur sekaligus dibuat kagum dengan penampilan para binatang di atas panggung bak menonton idola demi idola baru yang sedang lahir.

Walau memang tidak mampu menyaingi Zootopia dari segi ide cerita dan eksekusinya, Sing memberikan kadar hiburan yang setara. Memang tidak secerdas Zootopia dalam menangani masalah utama di lapangan, namun Sing hadir dengan konsep yang dieksekusi tepat dan kadar berbagai elemen yang pas, membuatnya cukup jauh dari kritik tajam. Tak ketinggalan ada bonus nostalgia menonton singing idol walau minus kegalakan Simon Cowell yang biasa membuat para peserta baper sebelum bernyanyi.


Director: Garth Jennings

Cast: Matthew McConaughey, Reese Witherspoon, Jennifer Hudson, Seth MacFarlene, Scarlet Johansson, Tori Kelly

Duration: 110 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

25.10.17

thorragnarok

To Top