Connect with us
babydriver

Stand By Me : Doraemon is Truly a Heartwarming Friend, a Loyal Companion, and the Cutest Robot Ever!

MUVIBLAST - movie website for movie enthusiasts, based in Indonesia. Movie reviews, movie review, film review, review film, movie trailer, movie trailers, trailer movie, movie news, coming soon movies, playing now movies, box office movies, indie movies, cinema movies, independent movies, japanese movies, korean movies, hollywood movies, asian movies

REVIEWS

Stand By Me : Doraemon is Truly a Heartwarming Friend, a Loyal Companion, and the Cutest Robot Ever!

Overall Rating : 4.0 Stars

Walaupun Doraemon asli buatan Jepang, namun karakter robot kucing berwarna biru ini termasuk karakter yang paling lama “menemani” masyarakat Indonesia. Yang semula hanya menonton serial anime TV-nya setiap hari Minggu pagi ataupun membaca beberapa seri komiknya, lamban laun ketagihan, dan turut mengidolakan si Doraemon yang berasal dari masa depan ini.

Bentuknya yang sederhana, namun dilengkapi atribut menarik serta ekspresi mengundang tawa, Doraemon sukses memikat hati banyak mata masyarakat Indonesia dan menjadikan mereka fans yang setia, walau sudah nyaris 25 (dua puluh lima) tahun lamanya. Doraemon, bersama beberapa teman manusianya, Nobita, Shizuka, Suneo dan Giant, telah menjelma menjadi figur publik yang amat dicintai sekaligus dijadikan panutan (role model).

Hebatnya, Doraemon cs, tidak hanya menjangkau audiens anak-anak saja, namun juga dewasa bahkan mereka yang sudah berumur senja. Walau terkadang kesan miris terkait Bagaimana bisa karakter buatan negara lain mencuri hati audiens negara sendiri? kerap kali muncul, namun, daya tarik Doraemon dengan berbagai kisah yang sarat moral dan pesan ini, tidak dipungkiri, memang sedemikian hebatnya.

Menariknya, seluruh kisah Doraemon yang ditampilkan di komik, serial anime, dan filmnya, sebenarnya bermuara pada sebuah misi yakni usaha Doraemon mengubah Nobita menjadi anak yang lebih baik, dalam segala hal. Namun, dalam perjalanan, alih-alih menjadi lebih baik, Doraemon malah sering kali “terjebak” dalam situasi yang membuat Nobita justru menjadi lebih malas dan tergantung pada alat-alat (gadget) dari kantong ajaibnya.

Ketergantungan ini bukanlah tanpa sebab karena nyaris seluruh kisah memang menampilkan sosok Nobita teraniaya; mulai dari diejek Suneo hingga babak belur di tangan Giant. Kalaupun tidak teraniaya, pasti Nobita digambarkan tidak becus melakukan apapun; tidak pandai berolahraga dan sering kali mendapat nilai nol dari pak guru.

Singkat kata, cukup jarang kami melihat Nobita mengalami pendewasaan diri di komik dan serial anime-nya. Seingat kami, justru di film-lah yang notabene memiliki durasi lebih panjang, Nobita memiliki kesempatan untuk menunjukkan bahwa ia juga bisa menjadi seorang anak yang baik. Tidak hanya itu, dengan durasi yang lebih panjang dan jalinan cerita lebih kompleks, Nobita juga berkesempatan tampil sebagai teman yang dapat diandalkan. Kami menilai, lewat film-lah, kami percaya bahwa kehadiran Doraemon dalam hidup Nobita memang tidak sia-sia dan Nobita tidaklah sedemikian buruknya.

Namun, terlepas dari filmnya, kami tetap saja bertanya-tanya, sampai kapankah Doraemon mampu bertahan? Kapankah Nobita sadar bahwa Doraemon tidak mungkin berada di sisinya terus menerus? Yang paling penting, kapankah semua karakter ini dikisahkan dewasa dan akhirnya berpisah? Film Doraemon terbaru yang rencananya rilis di 57 negara berjudul Stand by Me Doraemon, pun menjawab sebagian rasa penasaran kami ini.

Pertama Kali Dibuat Versi 3D CG 

Cukup banyak hal yang membuat Stand by Me besutan Takashi Yamazaki dan Ryuichi Yagi ini terlihat menarik. Selain memang konten filmnya merupakan jawaban dari semua pertanyaan kami di atas, film ini juga kali pertama Doraemon cs dibuat versi 3D Computer Graphics-nya. Walau awalnya kami sempat pesimis dengan visualisasi karakter yang biasanya dinikmati dalam format 2D ini, namun ternyata dugaan kami salah.

dora3

Dalam skala film animasi, Stand by Me tampil dengan visualisasi menjanjikan. Penyajian komposisi warna yang pas sekaligus indah, gerakan setiap karakter yang detail sekaligus jenaka, serta tidak lupa, kredit tambahan untuk para pengisi suara (terutama Wazabi Mizuta yang menyuarakan Doraemon) yang sukses memberi nyawa setiap karakter, sehingga masing-masing pun mendapatkan tempat yang spesial di benak penggemarnya.

Tidak hanya memanjakan mata, jalinan cerita termasuk dialog antar karakter dalam film berdurasi 95 (sembilan puluh lima) menit ini juga mampu mengocok perut kami, saking kocaknya. Salut dengan keseriusan tim produksi Jepang yang sangat detail memperhatikan seluruh aspek dalam film ini; skrip, efek visual, bahkan pesan moral yang disisipkan dalam beberapa adegan major di film ini.

Kumpulan Kisah-Kisah Lama

Stand by Me Doraemon mengumpulkan berbagai cerita Doraemon cs yang selama ini sudah publik kenal lewat komik, serial anime maupun film-film sebelumnya. Seluruhnya dirangkai menjadi sebuah jalinan cerita yang berujung pada misi menghindarkan Nobita dari nasib buruknya (baca : menikah dengan Jaiko), dengan bantuan Doraemon yang sudah diprogram oleh Sewashi (cicit Nobita) untuk tidak pulang sebelum misi ini selesai.

Adapun di sepanjang perjalanannya, ternyata proses pendewasaan Nobita ini justru datang dari inisiatif Nobita sendiri, dengan Doraemon menemani dan membantu beberapa langkahnya saja. Ini jelaslah sebuah plot yang membuat kami akhirnya rela memberi apresiasi lebih untuk Nobita yang biasanya tampil malas dan tidak bersemangat.

dora5

DORA4

Alhasil, Doraemon yang awalnya diceritakan enggan untuk membantu Nobita secara sukarela (baca : harus terpaksa diprogram), akhinya malah terharu dan merasakan juga beratnya ketika harus kembali ke masa depan. Lalu, apakah Doraemon tega meninggalkan Nobita sendiri all by his own? Yang pasti, perpisahan ini merupakan klimaks yang sudah dinanti-nanti para penggemar Doraemon di seluruh dunia sejak lama.

Sedari dulu, Doraemon sudah dikenal dengan kisahnya yang menghibur, ringan alias mudah dicerna. Wajar saja jika MuviBlaster banyak tertawa ketika menonton. Namun, jika nanti MuviBlaster ikut berderai air mata, maklumlah, karena memang hubungan Nobita dan Doraemon yang Anda saksikan di film ini, memang sudah sedemikian eratnya. Walau banyak gejolak tangis tawa antara kedua karakter utama ini, suatu hal yang pasti, bahwa fakta Doraemon adalah teman yang setia dan merupakan robot terlucu yang pernah ada, akan bertahan selamanya.

Stand by Me Doraemon yang secara ekslusif didistribusikan oleh pihak Jive Entertainment, mulai tayang serentak hari ini di Indonesia dan dapat disaksikan di seluruh jaringan blitzmegaplexCinemaxx, dan Platinum Cineplex seIndonesia.

dora1

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

PLAYING NOW

thorragnarok

To Top