Connect with us
thorragnarok

Sully Movie Review: Flying to No Cliche, Sully Delivers a Genuine and Accurate Real Mayday Experience

Sully Movie Review
Warner Bros. Pictures

REVIEWS

Sully Movie Review: Flying to No Cliche, Sully Delivers a Genuine and Accurate Real Mayday Experience

This review may contain spoilers

(4/5) 4.0 Stars

Sebenarnya tema besar film biopik garapan Clint Eastwood (Million Dollar Baby, American Sniper) ini tergolong umum. Adalah sosok dengan profesi tertentu yang dalam keadaan apes mengambil keputusan sulit, namun kemudian berhasil dan dianggap publik sebagai pahlawan. Kami persempit ruang lingkup profesinya yakni pilot, film berjudul Sully ini pun mengingatkan kami pada Flight (2012). Kisahnya sekilas mirip namun sosok Chelsey Sullenberger AKA Sully dan aksi pendaratan atas air pesawat US Airways tipe Airbus 320 yang ia lakukan di tahun 2009 itu, bukan sekedar terinspirasi, namun 100% nyata. Selain itu, aksi heroik yang akhirnya berubah jadi insiden serta pergumulan batin yang dialami Sully saat itu, divisualisasikan jauh lebih akurat dan dalam konteks keyakinan positif.

Ya … mirip Sully yang yakin benar akan keputusannya mendaratkan pesawat di Sungai Hudson, New York, film ini juga memberi aura meyakinkan, membuat kami sebagai penonton terus berharap bahwa di akhir cerita Sully memanglah seorang pahlawan. Sungguh tak salah aktor kawakan Tom Hanks (Cast Away, Bridge of Spies) kembali kedapatan peran yang mengeksplorasi kekuatan aktingnya secara maksimal. Bermain watak, Sully miliknya mengalami dilema, mimpi buruk serta hari-hari melelahkan pasca insiden itu. Pasalnya, jika terbukti keputusan yang Sully ambil salah, karir pilot yang ia bangun selama 40 tahun lamanya, hancur seketika.

Yang menarik adalah menyaksikan Sully menjalani hari demi hari dengan setia walau dengan bom waktu yang bisa kapan saja meledak. Walau setiap hari dibebankan dengan wawancara serta pertanyaan sulit dari awak media, Sully tetap setia meyakini keputusannya. Bukan ibarat nasi telah menjadi bubur, Sully yakin keputusannya untuk tidak kembali ke landasan pacu Bandara LaGuardia adalah sebuah keputusan yang membutuhkan jam terbang dan analisis teknis tingkat tinggi. Di momen genting inilah, keahlian Sully sebagai pilot diuji dan nyawanya dipertaruhkan sehingga ketika pihak National Transportation Safety Board (NTSB) meragukan keputusannya, bahkan sempat mengira dirinya doping dan stress saat terbang, Sully tidak bisa terima.

Sully Movie Review

Not a One-Man Show

Walau Hanks adalah tokoh utama yang otomatis paling disorot namun aktingnya tidak sombong apalagi memonopoli layar. Pertama, ada co-pilot yang juga dengan baik diperankan oleh Aaron Eckhart (The Rum Diary, London Has Fallen). Walau tidak ikut mengambil keputusan ketika 2 mesin pesawat mati, karakternya, Jeff Skiles berperan baik menjadi rekan yang setia. Melakukan prosedur sesuai petunjuk Sully dan tidak membuat situasi semakin keruh, Skiles juga ikut menemani Sully menjalani hari-hari berat pemeriksaan insiden ini.

Kedua, dukungan tak langsung para awak dan penumpang yang seluruhnya selamat untuk Sully. Terlepas pengalaman horor yang mereka harus lalui, mereka akhirnya selamat berkat keputusan Sully, membuat film ini juga adalah tentang mereka yang nyawanya sempat berada di antara hidup dan mati. Sungguh terharu melihat Sully, para awak, dan para penumpang yang seluruhnya selamat (baca: total 155 orang) menjalin relasi dan berbagi pengalamannya pada post-credit scene film ini.

Ketiga. para pihak instansi penerbangan yang begitu teliti menangani kasus ini. Melakukan simulasi demi simulasi, terlepas apakah tujuannya untuk menjatuhkan Sully, membuat film ini begitu intens dan hidup. Menimbulkan pro dan kontra, hasil simulasi yang sifatnya masih subjektif ini justru membukakan mata Sully bahwa ia masih memegang kunci kemenangan. Bahwa situasi di atas langit yang ia alami bukanlah hal biasa dan tidak bisa diselesaikan secara angka dan logika saja. Ya … intinya, film ini tidak menggurui penontonnya dengan sejumlah jargon aviasi apalagi hal-hal teknis yang sulit dimengerti. Film ini juga tidak ambil pusing pada apa yang terjadi jika Sully mengambil keputusan yang salah. Sully adalah tentang perjuangan atas keputusan yang sudah diambil dan proses pembenarannya. Gunakan sudut pandang ini dan MuviBlaster akan mendapatkan makna serta pesan Sully sesungguhnya.

Beautiful and Rich Visual

Ada satu hal yang masih membekas di benak kami pasca menonton Sully. Tidak seperti menonton Flight atau film dengan setting pesawat lainnya, film yang digarap Eastwood dengan indah dan kaya ini gagal menakuti kami untuk terbang. Sebaliknya, Sully memberikan kami sebuah pengalaman terbang visual yang bermakna, bahkan kemungkinan seru jika ujung-ujungnya kami tahu bahwa kami selamat.

Parameternya adalah karakter Sully yang begitu tenang, akurat, dan bertanggung jawab. Alih-alih melakukan kesalahan akibat panik, Sully tetap bisa berpikir rasional bahkan menkalkulasi segala kemungkinan yang disodorkan oleh operator menara bandara dalam waktu yang begitu terbatas. Menghitung jarak, memperkirakan hambatan akibat ketinggian yang rendah, bahkan peduli pada rasa takut para awak dan penumpangnya, sungguh sayang jika pilot sekompeten Sully tidak mendapat keadilan.

Sully Movie Review

Director: Clint Eastwood

Cast: Tom Hanks, Aaron Eckhart, Laura Linney, Anna Gunn

Duration: 96 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

25.10.17

thorragnarok

To Top