Connect with us
princessmononoke

Terra Formars Movie Review: Too Much Intolerable Glitches Knock This Live Action Flick Out of Place

Terra Formars Movie Review

REVIEWS

Terra Formars Movie Review: Too Much Intolerable Glitches Knock This Live Action Flick Out of Place

This review contains no spoilers

(2/5) 2.0 Stars

Tanpa mengurangi rasa hormat pada pihak manapun, kami kemukakan bahwa Terra Formars hanya layak tonton karena para bintang besar yang bertaburan di lansekap Planet Mars-nya dan jika MuviBlaster adalah penggemar manga dan anime-nya.

Alasan yang kami sebut terakhir adalah alasan toleransi klasik film-film live-action Jepang yang gagal di pasaran dan (lagi-lagi) tanpa mengurangi rasa hormat, Terra Formars adalah salah satunya. Sungguh sayang sebenarnya, karena selain dibesut Takeshi Miike (Dead or Alive, Ichi the Killer, Hara-Kiri: Death of a Samurai),  sutradara lintas genre dengan action vibe mumpuni, Terra Formars dibintangi sederet nama besar yang kami jamin satu dua bahkan seluruhnya adalah idola Anda.

Ada Emi Takei (RuroRila uni Kenshin) yang manis, Rinko Kikuchi (Pacific Rim, 47 Ronin) yang cantik, Rila Fukushima (The Wolverine) yang unik, Hideaki Ito (Lesson of the Evil, Over Your Dead Body) yang tampan maskulin, hingga Oguri Shun (Lupin III) yang tak perlu lagi kami puji panjang lebar lagi di sini. Masing-masing juga diberi karakter yang mudah dibedakan; tak saling bertabrakan dan tergolong mendapat slot porsi yang sama banyak. Lalu di mana letak masalahnya?

5 Kesalahan Fatal

Beberapa yang kami nilai fatal dalam film yang bersyuting di Islandia ini adalah struktur plot yang tidak disusun matang, pengenalan karakter yang bertele-tele, selera humor yang aneh, efek visual yang tidak meyakinkan (baca: mengekor kegagalan Attack on Titan) serta adegan aksi yang terlalu komikal dan berkelas serial TV saja.

Pertama, banyak sekali plot hole yang notabene menganggu kemulusan jalan cerita. Walau sebenarnya tak rumit untuk dipahami, namun cacat ini mengganggu chemistry antar karakter terutama Nanao (Takei) dan Shokichi (Ito) yang merupakan satu-satunya character pair dengan hubungan emosional.

Kedua, jumlah anggota misi penjelajahan ini tergolong cukup banyak, walau jumlah mereka mendadak berubah menjadi sangat sedikit ketika dibandingkan dengan jumlah musuh. Saking cukup banyaknya, pengenalan semua karakter ini otomatis banyak melahap durasi, membuat jalan cerita bukan hanya bergerak lamban namun juga terpotong berkali-kali.

Terra Formars Movie Review

Ketiga, terlepas fakta bahwa tak ada yang sebenarnya lucu dalam film ini, pengaturan waktu adegan dan sudut pengambilan gambar yang tidak pro justru menciptakan banyak situasi kaku dan konyol. Terlepas apakah memang demikian metode visualisasi dalam manga dan anime-nya, kami menilai para pihak belakang layar film ini tidak peka sampai membiarkan cacat ini terjadi.

Keempat dan kelima. Rasanya aneh jika film berbujet tinggi seperti ini tidak mampu menggarap efek visual meyakinkan. Rendering lansekap-nya terlihat kasar, tone gelapnya juga mengganggu fokus kami pada wajah para karakter. Lebih jauh lagi, wujud manusia super setiap karakter juga terlihat kotor (baca: cemong) mengindikasikan bahwa departemen make-up artist juga melakukan berkontribusi melakukan kesalahan.

Apa Sebenarnya Terra Formars?

Melulu mengkritik filmnya, kami akui bahwa kisah Terra Formars sebenarnya menarik. Walau dibuka dengan kisah mirip dengan kisah-kisah sci-fi Hollywood yang bermisi menjelajah ke bahkan meninggali Planet Mars, Terra Formars menyuntikkan premis manusia super ala Power Rangers yang membuat misi para manusia ini terlihat berbeda.

Terra Formars Movie Review

Terraformars yang secara harafiah berarti pengubah bentuk lansekap diplot sebagai makhluk asing yang berevolusi dari kecoak bumi. Singkat cerita, sejumlah manusia bumi dikirim untuk menjelajah Planet Mars dan membasmi kecoak-kecoak tersebut. Naas, mereka tak menyadari bahwa kecoak-kecoak yang biasanya diinjak-injak di bumi itu telah berevolusi menjadi makhluk raksasa dengan kekuatan fisik mengerikan.

Baru juga mereka mendarat di Planet Mars, mereka sudah dikepung para Terra Formars dalam jumlah sangat banyak. Salah mengira Terra Formars bisa diajak kompromi, mereka justru dibantai satu per satu tanpa ampun. Hanya dibekali kemampuan super terbatas, mereka harus membasmi Terra Formars supaya bisa selamat. Pertanyaannya, siapa yang mengutus mereka dan kenapa mereka harus pergi? Well … kami sengaja meninggalkan pertanyaan ini untuk dijawab, terutama bagi Anda yang masih begitu awam dengan dunia Terra Formars.


Director: Takashi Miike, Hiroshi Hamasaki

Cast: Hideaki Ito, Emi Takei, Shun Oguri, Rinko Kikuchi, Takayuki Yamada, Rila Fukushima

Duration: 109 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

COMING SOON

gintama

thebattleshipisland

waroftheplanetoftheapes
To Top