Connect with us
thorragnarok

The 5th Wave Movie Review: Signaling a Potential Future but With a Horrid Start, This 1st Chapter Is Helplessly Disastrous

The 5th Wave Movie Review
Columbia Pictures

REVIEWS

The 5th Wave Movie Review: Signaling a Potential Future but With a Horrid Start, This 1st Chapter Is Helplessly Disastrous

This review contains mild spoilers

(2.5/5) 2.5 Stars

Ketika karakter Ben Parish berujar bahwa sosok The 5th Wave sebenarnya adalah dirinya bersama anak-anak lain yang selamat, kami dengan lega setuju. He finally realizes what the real disaster is. Dengan Edward Cullen versi alien, bocah-bocah bertempur menggunakan senapan panjang, dan penampilan Chloe Grace Moretz (Kick-Ass, If I Stay) yang one dimensional, kami sungguh dibuat tak nyaman dengan sajian adegan demi adegan di film ini.

(Lagi-lagi) Belum membaca novelnya, kami sudah lebih dulu dibuat kecewa filmnya. Padahal, premis The 5th Wave menarik. Bukan hanya menjadi kisah distopia berbalut sci-fi yang mampu menjangkau target audiens lebih luas (baca: anak-anak), kisahnya juga menyimpan sebuah twist seru. Selain itu, ada sisipan kisah romansa antar remaja yang bisa menjadi gimmick menarik jika diolah dengan tepat. Sayang, kedua fitur yang kami sebutkan ini gagal dimanfaatkan menjadi pendorong sukses filmnya.

Apa mau dikata? Berada di bawah naungan Sony Pictures dengan jajaran cast kurang meyakinkan, The 5th Wave malah jadi sasaran empuk kritikan. Naif mengandalkan nama besar dan wajah cantik Moretz, aktris belia ini malah gagal mengeluarkan kemampuan maksimal. Ekspresi datar dalam banyak situasi, gerak-gerik penuh keraguan, dan chemistry minim dengan para lawan mainnya, termasuk Zackary Arthur yang berperan jadi sang adik, menambah daftar panjang mengapa The 5th Wave mudah MuviBlaster lupakan.

The 5th Wave Movie Review

J Blakeson (The Disappearance of Alice Creed) sebagai sutradara juga kehilangan kontrol atas tatanan filmnya. Alur yang awalnya sebenarnya cukup rapi, mendadak berantakan di tengah jalan. Karakter Cassie yang awalnya terbangun baik, juga mendadak kacau setelah dipertemukan dengan seorang heartthrob, Evan Walker (Alex Roe). Benar saja, The 5th Wave lebih fokus pada kisah cinta remaja di tengah kiamat.

4 Gelombang yang Tanggung

Walau film ini fokus pada gelombang ke-5, namun keempat gelombang sebelumnya tetap diperkenalkan, walau serba tanggung. Kota Ohio mendadak mendapat tamu Independence Day. Ya … dengan pesawat luar angkasa yang muncul menutupi langit kota, perlahan namun pasti, fenomena menakutkan mulai terjadi. Mati listrik, gempa bumi, tsunami, hingga flu burung merajalela, semua ditampilkan, namun tanpa penggambaran dampak yang tragis. Dampaknya, kami tak merasa takut apalagi simpati dengan bencana ini.

The 5th Wave Movie Review

Yang kami sempat pikirkan hanyalah betapa hebat seorang Cassie yang masih remaja bisa selamat dan menjadi salah satu penyintas tangguh. Dan kami tidak heran jika Moretz dinilai cocok memerankan karakter ini. Berbekal pengalaman fisik dan kemampuan bersenjata mumpuni berkat franchise Kick-Ass, Moretz dengan mudah unjuk gigi beberapa ilmunya. Walau tidak buruk, namun sayang, bukan itu daya tarik yang kami cari dari seorang Cassie.

Cast lain, terutama para lawan main tampan, Nick Robinson (Jurassic World) dan Alex Roe (The Calling, Rings), pun sama mengecewakannya. Tidak mampu memberi chemistry, tidak mampu mengimbangi kemampuan akting satu sama lain, keduanya tak lebih dari wajah-wajah tampan untuk membuat penonton wanita terpikat, termasuk Anda?

Potensi Sekuel

Untung saja, novelnya memiliki sebuah sekuel. Lebih jauh lagi, plotwise, The 5th Wave memiliki akhir menggantung, yang mau tak mau harus dituntaskan. Namun, setelah melihat sinopsis dari The Infinite Sea karya Rick Yancey, kami cemas sekuelnya nanti akan memuat lebih banyak intrik roman remaja (baca: cinta segitiga), yang dalam The 5th Wave justru jadi pengganggu utama.

The 5th Wave Movie Review

Tentu, kami senang saja jika ada bumbu-bumbu percintaan di tengah-tengah ketegangan, namun dengan dramatisasi seperlunya. Yang terjadi dalam The 5th Wave adalah sebaliknya. Adalah Cassie dan Evan yang dipoles menyerupai Bella dan Edward-nya Twilight. Diam-diam menguntit Cassie, menahan nafsu untuk membunuh, hingga akhirnya jatuh cinta, kami melihat Evan memiliki deskripsi karakter yang tidak orisinil serta membingungkan.

Cassie yang berpotensi tangguh sungguhan, malah jadi terbayang-bayang oleh kehadiran Evan. Kami prediksi, di sekuelnya, Cassie akan dikembangkan menjadi karakter heroine bulan-bulanan yang selalu ditolong sang hero setiap kali ia mengalami kesulitan.

Yang paling kami khawatirkan adalah ketika kehadiran The Others tidak dirasa penting karena hubungan Cassie – Evan yang menjadi prioritas. Oleh karena itu, guna mengantisipasi gelombang kritik yang lebih tajam, siapapun penulis naskahnya nanti harus merangkai berbagai sub plot-nya agar mengalir beriringan dengan proses si akhir jaman. Bahwa cinta manusia memanglah nyata, namun para alien ini, tak akan pernah bisa dibuat paham.


Director: J Blakeson

Cast: Chloe Grace Moretz, Nick Robinson, Maria Bello, Maika Monroe, Alex Roe

Duration: 117 mins


Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

25.10.17

thorragnarok

To Top