Connect with us
babydriver

The Accidental Detective Movie Review: When a Noob and Veteran Are Both Keenly Analytic Yet Comedic Detective Conan

The Accidental Detective Korean Movie Review

Home

The Accidental Detective Movie Review: When a Noob and Veteran Are Both Keenly Analytic Yet Comedic Detective Conan

Overall Rating: 3.5 Stars

Secara keseluruhan, The Accidental Detective bagaikan sebuah kasus milik Detective Conan yang di-live action-kan, terutama sebuah adegan menjelang klimaks yang mana kedua karakter utamanya saling beradu pikiran, mengeluarkan asumsi demi asumsi guna menyimpulkan siapakah sebenarnya pelaku kejahatan utama di film ini.

Mengapa kami tidak menggunakan Sherlock Holmes sebagai perumpamaan dikarenakan kedua karakter utama di atas saling beradu menjadi yang paling pintar membuat asumsi. Terlepas umur dan status senior-junior keduanya yang terpaut cukup jauh, keduanya tak mau mengalah, tak ada yang mau menjadi sidekick. Begitulah kira-kira.

The Accidental Detective Movie Review

Tidak ada elemen atau formula baru yang dituang dalam premisnya, kisahnya fokus pada pengungkapan sebuah kasus pembunuhan dengan strategi ala Conan namun diberi bumbu kocak persoalan rumah tangga. Namun, hal yang tidak kami sangka, which is menjadi twist adalah bumbu sejenis namun tragis yang diam-diam dituangkan di balik premis ini. Dan di sinilah peran komedik Kwon Sang Woo (My Tutor Friend, Stairway to Heaven, Queen of Ambition) bermain, menutupi bumbu tragis ini hingga saat yang tepat walau imbasnya, Sang Woo jadi keteteran memerankan sisi detektif seorang Dae Man.

Ya … memainkan peran dengan rutinitas ganda, aktor yang wajahnya sering MuviBlaster lihat di banyak judul top serial drama Korea kami nilai lebih sukses menampilkan sisi kocak Dae Man yakni seorang suami beristri galak dan beranak yang masih balita.

Dae Man juga dikisahkan tidak memiliki kehidupan ekonomi yang stabil dan cenderung tenggelam dalam hobinya yang membuat namanya tenar di rana online namun tak menghasilkan uang. Ketimbang fokus mengurus keluarga, Dae Man lebih menyelami statusnya sebagai blogger kriminal terkenal dan lebih tertarik ikut campur dalam berbagai kasus sahabatnya yang adalah seorang polisi, Joon Soo (Park Hae Joon).

Namun rutinitas Dae Man ini mendadak berubah ketika terjadi sebuah insiden yang menyebabkan Joon Soo menjadi tersangka kasus pembunuhan. Berniat membantu sang sahabat, sesuai judulnya, Dae Man pun menjadi detektif dadakan dan berkesempatan membantu seorang detektif veteran temperamental bernama Noh Tae Su (Sun Dong Il) memecahkan kasus ini.

Selanjutnya, yang menarik tentunya melihat proses adaptasi antara detektif amatir dan veteran yang memiliki kepribadian berlawanan ini. Yang satu cenderung santai dan selalu kocak sedangkan yang lain selalu berusaha serius dan tak mau mengalah dan untungnya plot film ini mengalir sedemikian rupa sehingga keduanya akhirnya menemukan sebuah kecocokan yang cukup kocak.

Dendam Para Suami yang Dikhianati

The Accidental Detective yang awalnya dibuka dengan tone tidak serius ini berjalan pasti menuju momen ketegangan, terutama ketika istri dari teman Dae Man dan Joo Soo, ditemukan tewas dengan kondisi mengenaskan. Namun, walau sudah beberapa kali diberi petunjuk lewat kalimat yang kerap diucapkan Tae Su berikut “Kalau istri mati, pasti suamilah yang membunuh.“, kami masih tidak menyangka kalau kalimat ini sungguh dibuat terjadi di akhir cerita.

Seperti Dae Man, sepanjang film kami hanya fokus pada para tersangka selain para suami. Baik itu rentenir menagih hutang maupun pihak ketiga lainnya, The Accidental Detective tidak segamblang itu memberi petunjuk, membuat kami menganggap angin lalu asumsi kuat Tae Su di atas.

Namun tidak mengapa karena strategi di ataslah yang membuat layer dalam film ini terasa berbobot alias penuh lapis dan sehingga cukup seru diikuti hingga akhir. Lebih jauh lagi, sang sutradara, Kim Joung Hoon, juga kami nilai cukup jeli menyisipkan unsur komedi di antara layer demi layer, menciptakan sebuah dinamika sehingga film ini tidak melulu tegang dan tidak melulu lucu yang berpotensi berujung garing.

The Accidental Detective Movie Review

Tom VS Jerry Versi Korea

Jika kami kemukakan di atas bahwa Sang Woo kurang sukses memerankan sisi detektif Dae Man, hal ini dikarenakan sang detektif veteran bermain lebih meyakinkan. Walau memang di satu sisi Dae Man yang masih junior menunjukkan tingkat kecerdasan lebih tinggi, namun Tae Su si veteran memiliki cara berpikir kritis lebih unggul.

Karena Tae Su seorang senior, ia pun tak mau begitu saja mengiyakan semua hipotesis Dae Man yang baru dikenalnya itu. Walaupun akhirnya ia mengiyakan dalam hati kalau semua hipotesis Dae Man banyak benarnya, ia pun masih tak mau mengalah. Namun, belakangan akhirnya kami mengerti apa maksud dari sikap tak mengalah Tae Su yang menyebabkan keduanya bak Tom VS Jerry.

Singkat cerita, sikap tak mengalah Tae Su inilah yang membuat ikatan keduanya semakin kuat, membuat keduanya akhirnya cocok bahkan saling berbagi suka duka menjadi suami yang kerap dimarahi istri. Ikatan ini pula yang membuat keduanya saling membantu, walau dalam prosesnya dipenuhi adu mulut, hingga akhirnya kasus besar tersebut usai.

The Accidental Detective memberikan porsi ketegangan dan kelucuan yang cukup seimbang. Bagi Anda yang ingin menikmati salah satu atau justru tengah mencari kedua unsur di atas, film produksi Korea terbaru yang dibawa masuk ke Indonesia oleh Jive Entertainment ini sudah bisa disaksikan mulai 11 November 2015 di jaringan CGV Blitz dan Cinemaxx Theater seIndonesia.

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

PLAYING NOW

thorragnarok

To Top