Connect with us
babydriver

The Battleship Island Movie Review: The Non-Technical Aspects Slip Up, Not Ready for the War Yet

The Battleship Island Movie Review
CJ Entertainment

REVIEWS

The Battleship Island Movie Review: The Non-Technical Aspects Slip Up, Not Ready for the War Yet

This review contains no spoilers

(3/5) 3.0 Stars

Walau premisnya berdasarkan kisah nyata yang mengerikan, The Battleship Island digarap dengan nada optimis serta suntikan humor sesekali guna mencairkan ketegangan. Dan walau adegan demi adegannya tidak menampilkan sejarah perbudakan di Pulau Battleship itu dengan detail, Ryoo Seung Wan (The Berlin File, Veteran) sebagai sutradara tidak kehabisan akal untuk tetap membuat filmnya daebak!; menghadirkan sebuah drama nasionalis yang menguras habis ruang emosi ketimbang narasi panjang demi mengisi ruang pengetahuan para penontonnya. Benarkah opini terjadi demikian?

Strategi yang diambil Seung Wan di atas hanya kami nilai pas ketika mengingat ada begitu banyak bakat akting yang perlu diekpos dalam durasi 132 menit. Namun setelah melihat peran yang diberikan kepada kedua bintang besarnya terasa one dimensional di babak pertama film, kami cemas fokus The Battleship Island sebenarnya adalah menjadikan keduanya komoditi. Dan ketika babak kedua film itu tiba, nasionalisme itu tidaklah datang dari karakter Park Moo Young (Song Joong Ki) maupun Choi Chil Sung (So Ji Sub), melainkan dari karakter-karakter pendukung lain yang semula pengecut akhirnya menjadi pemberani.

Bahkan, duet Hwang Jung Min (Veteran, The Himalayas) dan Kim Su An (Train to Busan) sebagai ayah dan anak yang pandai mencairkan suasana, sempat kami lihat sebagai bentuk pengalih perhatian terhadap cacat yang diakibatkan oleh terlalu vokalnya gol yang ingin dicapai ini. Sedari film dibuka, kami akui akting keduanya sudah begitu menyita perhatian, lewat bakat seni keduanya, memberi sinyal optimisme tersebut. Namun ketika keduanya diplot masih bisa menari dan bersenda gurau di tengah-tengah krisis perbudakan yang kian parah itu, dilema apakah eksekusi bernada humor ini perlu atau tidak, sempat menganggu.

The Battleship Island Movie Review

Kami sebagai penonton juga terpaksa mencari tahu sendiri lebih banyak mengenai peristiwa di pulau yang bernama asli Hashima. Ya, karena alih-alih memberi narasi yang cukup mengenai asal-usul pulau serta aktivitas penambangan batu bara di pulau itu, The Battleship Island dibuka dengan serangkaian adegan berisi ultimatum bahwa siapapun tak bisa kabur dari pulau tersebut. Selanjutnya adalah perkenalan para karakter utamanya yang tertipu sebuah program lowongan pekerjaan yang menjanjikan di Jepang. Naas, lowongan pekerjaan yang dimaksud adalah paksaan menjadi budak bagi pemerintah Jepang yang kejam. Semakin kejam ketika diketahui bahwa lowongan ini tak mengenal usia; setiap rakyat Korea yang berjenis kelamin pria dijadikan kuli batu bara dan wanita penghibur bagi yang berjenis kelamin sebaliknya.

Singkat cerita, Lee Kang Ok (Jung Min) menjadi kuli batu bara dan putri ciliknya, Lee Soo He (Su An) menjadi wanita penghibur. Bersama ratusan sesama korban asal Korea lainnya, terutama Chil Sung dan Oh Mal Nyeon (Lee Jung Hyun), mereka dibuat tak berdaya di pulau tengah laut tersebut. Tak menemukan jalan keluar, mereka pun memutuskan untuk bertahan dengan apapun strategi yang terbersit di pikiran. Walau rasanya tak mungkin kabur apalagi berhasil pulang ke Korea, namun alur demi alur memberikan prospek bahwa kesempatan itu ada, menanti untuk dijemput.

Utusan yang dikirim untuk mewujudkan kesempatan itu, tak lain tak bukan, Moo Young, seorang prajurit organisasi rahasia yang handal beraksi di medan perang. Namun, ternyata misi yang ia emban tak semudah itu. Ada intrik internal yang cepat atau lambat membuat rakyat Korea yang terbudaki ini tercerai berai. Ada dalang orang dalam yang sengaja menjebak demi kepentingan pribadinya. Siapakah gerangan dan apa maksudnya berbuat demikian? Lalu apakah benar intrik ini sungguh terjadi saat itu?

Ada beberapa adegan vulgar namun kami nilai masih kontekstual, menggambarkan betapa kejamnya pemerintah Jepang sekaligus mirisnya perbudakan di pulau itu. Walau sisipan ikatan emosi antara Kang Ok dan putrinya serta potensi romansa antara Chil Sung dan Mal Nyeon sedikit banyak membuat film ini terasa kurang epik jika tak mau lagi disebut sebagai pengalih perhatian, secara keseluruhan The Battleship Island masih dapat menyiratkan semangat kebangsaan walau dengan goresan luka mendalam yang dialami rakyat Korea.

Skala aspek teknisnya yang besar, terutama dalam hal setting dan adegan perang finalnya, The Battleship Island memang bertujuan menggondol predikat box office di negaranya sendiri. Berpotensi terdengar gaungnya di rana global, memang sudah seharusnya demikian mengingat nama-nama garda depannya sudah santer di luar Korea. Jika memang kesuksesan komersial ini golnya, The Battleship Island tidak salah ambil langkah. Dilema perlu tidak perlu maupun rasa kecewa akibat hasil non-teknis di luar ekspektasi, kami jamin tak terlalu membuat pihak produksi sakit kepala.


Director: Ryoo Seung Wan

Cast: Hwang Jung Min, So Ji Sub, Song Joong Ki, Lee Jung Hyun, Kim Su An

Duration: 132 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

PLAYING NOW

thorragnarok

To Top