Connect with us
thorragnarok

The Boss Baby Movie Review: Good Job on the Baby Thingy but Not on the Why for Boss

The Boss Baby Movie Review
20th Century Fox

REVIEWS

The Boss Baby Movie Review: Good Job on the Baby Thingy but Not on the Why for Boss

This review contains mild spoilers

(3/5) 3.0 Stars

Seorang anak kandung merasa dianaktirikan ketika seorang bayi berperangai aneh mendadak hadir dalam pangkuan kedua orang tua si anak. Walau tak jelas dari mana asal usul si bayi, karena sang ibu tak diceritakan hamil dan melahirkan, kami sebagai penonton dibuat tak terlalu peduli, mengingat genre yang diusung adalah animasi.

Genre yang kami beri taglineMake every impossible possible.” ini justru memberi wawasan baru nan menarik mengenai alam semesta bayi yang tak satu pun orang tua pernah tahu, walau fiktif. Bahwa bayi, terlepas ukurannya yang mungil, bisa berpikir dewasa jika mencium suatu ancaman. Bahwa bayi merasa terancam dengan segala bentuk objek buatan manusia yang keimutan dan kelucuannya mengalahkan mereka. Lho, memangnya ada?

Tidak ingin memberi spoiler, kami pastikan The Boss Baby besutan Tom McGrath (Flushed Away, Megamind) berhasil menemukan lawan yang sepadan untuk para bayi tersebut, membuat para bayi yang notabene berukuran kecil mau tak mau berperangai bos besar. Selalu memakai setelan kantor lengkap berwarna hitam, selalu memberi perintah, dan selalu berjaga-jaga kalau-kalau ada orang dewasa yang mencurigai. Namun siapa sangka, alih-alih orang dewasa, adalah bocah usia 7 tahun bernama Timothy “Tim” Templeton (Miles Christopher Bakshi) yang sejak awal mengendus ketidakberesan dalam diri Boss Baby (Alec Baldwin).

Tim adalah anak kandung yang merasa jadi anak tiri semenjak Boss Baby hadir. Berulang kali berusaha menyadarkan kedua orang tuanya, Tim malah dianggap nakal dan tidak menyayangi adiknya, adik bayi yang tak jelas keluar dari mulut rahim siapa. Merasa kesal, Tim pun mencari cara untuk membuktikan hingga akhirnya ia malah dihukum kedua orang tuanya. Di lain pihak, ancaman yang ditakutkan para bayi semakin dekat, membuat Boss Baby mau tak mau harus membuat kesepakatan win-win dengan Tim. Pertanyaannya, maukah Tim diajak bekerja sama, setelah dibuat kesal setengah mati oleh Boss Baby?

The Boss Baby Movie Review

Tontonan untuk Anak-anak. Pesan Moral untuk Orang Tua dan Dewasa

Walau premisnya kental mengusung karakter bayi dan anak-anak, kami menilai The Boss Baby sebenarnya menargetkan pesan moralnya, khususnya pada para orang tua dan umumnya pada orang dewasa. Anak-anak cukup menikmati sederet adegan kocak non vulgar yang memang secara realita lucu. Pesan moral yang dimaksud, secara realita pula, banyak terjadi di negara-negara maju, terlepas isu populasi manusia yang semakin meningkat. Bahwa banyak pasangan suami istri yang menunda bahkan memutuskan untuk tidak memiliki anak dalam kehidupan baru mereka. Sebagai pengganti, tren yang terjadi, alih-alih mengadopsi bayi manusia milik pasangan lain, mereka memilih bayi dari jenis binatang yang mereka sukai.

Gaya animasi milik The Boss Baby menarik, menggabungkan realita fiktif yang dihadapi para bayi dengan imajinasi nyata seorang bocah usia 7 tahun seperti Tim, 2 aspek yang jelas bertentangan namun dapat bersinergi memberikan pencerahan yang bermanfaat bagi para orang tua. Perangai Boss Baby yang walau galak namun gerak-geriknya tetap saja imut pun menjadi tontonan menarik tersendiri. Lebih jauh lagi, Boss Baby yang akhirnya bersekutu dengan Tim, mau tak mau harus berpura-pura menjadi adik bayi yang manis. Terpaksa rela digantikan popok, dipakaikan dot karet, mandi sore bersama, hingga dibacakan dongeng sebelum tidur, interaksi Boss Baby dengan kakak pura-puranya itu tak pernah luput dari perhatian kami.

Sayangnya, The Boss Baby mempunyai satu masalah kritis; masalah dangkalnya latar belakang ancaman para bayi di atas. Michael McCullers (Baby Mama, Mr. Peabody and Sherman) selaku penulis skrip tidak mengeksplor lebih jauh kaitan antara latar belakang objek ancaman dengan realita yang terjadi, membuat konflik yang dihadirkan kurang kena sasaran, khususnya bagi para penonton dewasa yang belum jadi orang tua. Anggap saja kami tutup mata akan cacat yang disayangkan ini, The Boss Baby memanglah ditargetkan untuk penonton anak-anak yang tidak bisa diajak berpikir realistis.


Director: Tom McGrath

Voice Cast: Alec Baldwin, Miles Christopher Bakshi, Lisa Kudrow, Jimmy Kimmel, Steve Buscemi, Conrad Vernon, David Soren, Tobey Maguire

Duration: 98 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

25.10.17

thorragnarok

To Top