Connect with us
transformersthelastknight

The Circle Movie Review: A Beta Version Which Never Goes Alpha

The Circle Movie Review
STX Entertainment

REVIEWS

The Circle Movie Review: A Beta Version Which Never Goes Alpha

This review contains mild spoilers

(2.5/5) 2.5 Stars

Mengira greget The Circle terletak pada penampilan solo Emma Watson (Beauty and the Beast) dan duetnya dengan Tom Hanks (Sully, Bridge of Spies), sayangnya, The Circle tidak menawarkan lebih. Karena walau semesta rekaan penuh teknologi digital ala perusahaan raksasa global (baca: Google, Facebook) milik The Circle mampu menciptakan fenomena sosial budaya yang sangat menarik dan bermanfaat bagi masyarakat luas, ketidakmatangan aspek teknis dan keegoisan motif pembuatannya justru luput dari perhatian.

The Circle dibuka dengan level percaya diri tinggi namun seiring durasi kehilangan kontrol atas kepercayaan dirinya sendiri. The Circle seakan ikut mempertanyakan apakah programnya itu sudah siap diluncurkan. The Circle seakan ikut ketakutan kalau-kalau masyarakat luas belum siap dengan program yang menjunjung tinggi transparansi macam ini. Alhasil, kami sebagai penonton bak berada di atas sebuah kapal yang terombang-ambing, karena tanpa misi busuk yang jelas, The Circle tidak lebih dari sekedar program teknologi versi Beta yang notabene belum stabil.

Walau demikian, apa yang ditawarkan The Circle tidaklah muluk dan fenomena yang diciptakannya itu perlahan namun pasti sudah dapat ditemukan di kehidupan nyata ini. Merupakan program jejaring sosial super komprehensif alias super komplit yang notabene meminimalisir segala bentuk privasi penggunanya. Tidak ada pengaturan Hide atau Show, tak ada pula pengaturan tipe teman yang MuviBlaster inginkan dalam lingkaran pertemanan Anda. Secrets are lies. Sharing is caring. Privacy is theft adalah moto dari The Circle. Dalam The Circle, Anda setuju untuk berbagi hal-hal rahasia termasuk momen aktivitas seksual sekalipun. Terdengar menyenangkan atau justru menyeramkan?

The Circle Movie Review

Yang pasti, bagi seorang Mae Holland (Watson), The Circle adalah sesuatu yang membuat hidupnya lebih bahagia dan berkualitas. Apa yang menjadi ketakutan pihak lain justru membuat Holland tertantang dan membuatnya lebih dekat dengan tujuan utama The Circle diciptakan. Otomatis menjadi lebih dekat pula dengan para pendiri The Circle, Holland yang tadinya hanyalah seorang anak baru alias The Circler menapaki tangga perusahaan hingga ke posisi mirip seorang Brand Ambassador atau Corporate Image yang selalu diperhitungkan kehadiran dan opininya.

Tak sulit membayangkan bagaimana penampilan Watson ketika menjelma menjadi Holland yang ambisius, cerdas, dan selalu ingin tahu. Hanya saja sayang penampilan Watson yang sudah khas ini tidak dibarengi jalan cerita yang berujung klimaks. Penampilan Watson juga tidak sejalan dengan rencana menguak kedok buaya sang pendiri, Bailey (Hanks). Pasalnya, karakter Bailey diplot ambigu, terjebak dalam krisis identitas yang membuat Bailey berdiri di antara kelihaian seorang penipu ulung dan bakat visioner sejati. Singkat kata, Bailey menjadi lawan tak sepadan bagi Holland yang sejak awal sudah buka kartu dan siap berperang.

Anti-klimaks. Dengan mudah The Circle dicap demikian karena jalan ceritanya The Circle yang berujung demikian, meninggalkan kami perasaaan kecewa sekaligus hampa walau sambil menyaksikan adegan Holland berjalan penuh percaya diri menuju kemenangan menuju sinar terang di luar ruang auditorium itu. Karena dapat dipastikan, kemenangan Holland ini adalah bentuk pembalasan dendam dari kesalahan yang ia buat sendiri. Ya, imbas dari krisis identitas yang dialami Bailey malah menular pada Holland di akhir cerita, membuat konflik dalam The Circle, terlalu dibesar-besarkan sejak awal film dimulai. Ironisnya, Holland bahkan mengaku “A bit too much.” dalam konteks serupa lewat sebuah adegan percakapan dengan karakter milik John Boyega bernama Ty Lafitte.


Director: James Ponsoldt

Cast: Emma Watson, Tom Hanks, Ellar Coltrane, Karen Gillan, Bill Paxton

Duration: 110 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

COMING SOON

despicableme3

dunkirk

baywatch

To Top