Connect with us
thorragnarok

The Dark Tower Movie Review: The Execution Is Way Too Simple That We Can’t Take Any Aspect Seriously

The Dark Tower Movie Review

REVIEWS

The Dark Tower Movie Review: The Execution Is Way Too Simple That We Can’t Take Any Aspect Seriously

This review contains no spoilers

(2.5/5) 2.5 Stars

Ada bintang-bintang besar bertaburan dan jalan cerita fantasi yang secara on paper seru dibaca, tapi mengapa The Dark Tower terasa hambar sekaligus dibuang sayang? Tentu saja sayang mengingat ada nama besar Matthew McConaughey (Dallas Buyers Club, Interstellar) dan Idris Elba (Prometheus, Pacific Rim) dan fakta bahwa film ini merupakan adaptasi dari sebuah seri novel anyar milik Stephen King. Apa yang salah?

Walau cacat yang terjadi membuat The Dark Review tergolong mudah untuk diulas apalagi dikritik, perasaan miris ini ternyata sulit untuk kami tepis. Pasalnya, walau sudah diangkat berulang kali, kami masih memiliki minat untuk menyaksikan visualisasi dari tema kehidupan antar dimensi yang berseteru. Tema si Jahat VS si Baik selalu menarik apalagi jika dibungkus dalam wujud Pria Bersetelan Hitam AKA Man in Black dan Ksatria Penembak Jitu AKA Gunslinger. Lebih jauh lagi, premisnya dibuat semakin menarik ketika ada sebuah menara tinggi yang dipercaya dapat dihancurkan oleh pikiran anak-anak.

Singkat cerita, McConaughey adalah si Man in Black bernama asli Walter Padick, seorang penyihir jahat yang ingin menggelapkan dunia. Elba adalah si Gunslinger, Roland Deschain, yang kebal terhadap sihir Walter namun sudah menyerah menyelamatkan dunia. Adalah tugas Jake Chambers (Tom Taylor), bocah misterius yang memiliki bakat Shine tinggi. Dengan bakatnya ini, Chambers dapat menyelamatkan sekaligus menghancurkan dunia, tergantung di pihak siapa ia berada.

The Dark Tower Movie Review

Sejak awal, proses produksi The Dark Tower memang sudah bermasalah. Mengalami 3 kali pergantian sutradara pada kursinya; dari J.J Abrams (Star Trek, Star Wars), Ron Howard (A Beautiful Mind, The Da Vinci Code) hingga akhirnya singgah pada Nikolaj Arcel (Truth About Men, A Royal Affair). Bahkan ketika Arcel sudah resmi menjadi sutradara, pihak Sony Pictures sempat merasa Arcel bukanlah sosok yang tepat untuk proyek skala box office dengan basis fan novel yang cukup besar ini. Jelas sudah letak kesalahan film yang berdurasi singkat, 95 menit, ini.

Kami menilai Arcel mengarahkan film ini dengan target utama penonton anak-anak. Karakter-karakter utamanya tidak terlalu berkembang, hanya sekedar beraksi akibat ulah satu sama lain. McConaughey yang berpotensi tampil lebih kejam, tidak tampil demikian, seakan-akan takut menciptakan ketakutan untuk penontonnya. Karakter Elba juga tampil one dimensional, sekedar tampil zero to hero agar film ini memiliki pesan moral untuk disebar. Chambers sebagai karakter pemersatu juga tidak tampil spesial melainkan kerap kali bingung dengan indera keenamnya itu.

Kami menilai visualisasi fantasi yang tampil tidaklah sebagaimana mestinya. Tidak ada makhluk mistis yang sukses memberikan rasa ngeri, tidak ada pula tempat nun tinggi di sana yang memberi rasa ingin dikunjungi. Karakter-karakternya juga sulit dijadikan idola karena tampil ala kadarnya. Pengetahuan mengenai dunia The Dark World juga kurang diberi narasi apalagi ekplorasi lebih, membuat banyak elemen, terutama yang tinggal dalam Mid-World, gagal dikenal penonton. Yang paling menyedihkan, kutipan milik Gunslinger berikut pun ikut terasa cheesy ketimbang memberi motivasi.

“I do not aim with my hand; he who aims with his hand has forgotten the face of his father.
I aim with my eye.

I do not shoot with my hand; he who shoots with his hand has forgotten the face of his father.
I shoot with my mind.

I do not kill with my gun; he who kills with his gun has forgotten the face of his father.
I kill with my heart.”


The Dark Tower Movie ReviewDirector: Nikolaj Arcel

Cast: Matthew McConaughey, Idris Elba, Claudia Kim, Tom Taylor, Abbey Lee Kershaw

Duration: 95 mins

Adapted from: Stephen King’s The Dark Tower


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

25.10.17

thorragnarok

To Top