Connect with us
TombRaider

The Foreigner Movie Review: The Chasing Scheme Cleverly Saves the Twist for Last

The Foreigner Movie Review
STX Films

REVIEWS

The Foreigner Movie Review: The Chasing Scheme Cleverly Saves the Twist for Last

This review contains no spoilers

(4/5) 

Premisnya jelas mengindikasikan bahwa si master kung fu tak akan main lucu di film aksi besutan Martin Campbell (Golden Eye, The Mask of Zorro, Casino Royale) ini. Jackie Chan (Rush Hour, New Police Story, The Karate Kid, Kung Fu Yoga) dituntut berakting minim senyum, tak mungkin lebar tertawa ketika karakternya diplot menjadi seorang ayah yang kehilangan. Namun kami justru senang melihat Chan tampil tak biasa, atau dengan kata lain, tampil sesuai dengan nature umurnya yang sudah tak lagi muda.

Walau tergolong singkat, adegan ayah-anak antara Quan (Chan) dan putrinya, Fan (Katie Leung), menyiratkan hubungan kasih sayang yang erat. Sehingga ketika ledakan itu terjadi dan menewaskan sang putri, kami tak bisa tak ikut simpati dengan kepedihan Quan. Yang kemudian berubah menarik, kepedihan Quan itu perlahan berubah menjadi misi balas dendam yang terarah walau alur misteri yang diberikan tak mudah untuk diikuti saking cerdasnya.

The Foreigner Movie Review

Siapapun yang menonton tak akan mudah menebak siapa dalang dari aksi terorisme berantai ini. Sama seperti Quan, kami juga mencurigai seorang pejabat Inggris bernama Liam Hennessy (Pierce Brosnan) memegang kunci jawaban. Masalah pertama, Hennessy mengaku berkali-kali bahwa ia tak tahu disertai dengan ekspresi polos yang meyakinkan. Masalah kedua, hingga paruh babak film, walau ada karakter-karakter lain muncul dengan potensi dicurigai, insting kami masih berkutat pada sosok Hennessy .

Terlepas aksi kucing dan anjing saling mengejar antara Quan dan Hennessy terus diperlihatkan hingga akhirnya salah satu dibuat diam tak berkutik, kami mengendus aksi ini adalah strategi untuk melemahkan kecurigaan di atas; membuat sosok si dalang semakin tersamar, membuat sosok Quan kemungkinan besar menarget orang yang salah. Alhasil, kecurigaan kami pun pada Hennessy mengalami perubahan, karena, mungkin saja dalam insiden ini, ia adalah si kambing hitam. Terlepas siapa yang hendak mengambil untung dari situasi yang tak terbaca ini, semua pihak telah kehilangan; Quan kehilangan putrinya, beberapa pihak kehilangan nyawa mereka, dan Hennesy dengan potensi hanya kehilangan reputasi, jika ia nantinya diberi kesempatan hidup.

Plot yang seru lengkap dengan twist yang efektif di akhir cerita. Jika MuviBlaster mengharapkan kedua hal ini terjadi, The Foreigner wajib Anda tonton. Usia tua tak membuat gerak-gerik Chan jadi loyo apalagi membuat penampilan pria terhormat seorang mantan agen 007 pudar. Sebaliknya, pertikaian di antara keduanya tampak matang, menonjolkan kemampuan khas masing-masing. Keduanya ibarat para naga dari kubu dunia perfilman berbeda yang diberi kesempatan untuk bangkit yang sama. Bagi kami, tak ada naga tidur di sini.


Director: Martin Campbell

Cast: Jackie Chan, Pierce Brosnan, Charlie Murphy, Katie Leung, Orla Brady, Liu Tao, Simon Kunz

Duration: 114 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

RECENTLY WATCHED

COMING SOON

To Top