Connect with us
jumanji

The Greatest Showman Movie Review: Not as Great as Promised but Doing His Best to Celebrate Diversity and New Year’s Resolution

The Greatest Showman
20th Century Fox

REVIEWS

The Greatest Showman Movie Review: Not as Great as Promised but Doing His Best to Celebrate Diversity and New Year’s Resolution

This review contains no spoilers

(3/5) 

The Greatest Showman cocok bagi siapa saja yang sedang maupun telah menyusun resolusi untuk Tahun Baru 2018 esok. Pasalnya, semangat dari film debut penyutradaraan Michael Gracey ini kental dengan pembaharuan, yang diterjemahkan secara visual lewat sosok dan aksi P.T Barnum (Hugh Jackman) serta tim sirkusnya itu. The Greatest Showman juga disebut kritikus sebagai perayaan kemanusiaan sehingga tak heran jika diberi misi menutup tahun 2017 tanpa membedakan kalangan penonton.

Kedua isu di atas otomatis membuat film ini aman dari kritik, jika digarap sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, dan untung faktanya demikian. Namun, The Greatest Showman juga adalah film musikal, yang setiap lantunan lagu dan gerakan tari dalam setiap performa turut diperhitungkan dalam menentukan skor akhir. Apakah Barnum dan timnya sungguh menampilkan yang terbaik sesuai yang diemban si judul?

Sosok Barnum tak pantang menyerah, apalagi soal membahagiakan keluarga. Ia juga seorang yang selalu berpikiran maju dan terbuka sehingga ide mengumpulkan sejumlah individual unik yang dianggap aneh muncul dalam benaknya. Barnum kemudian sukses menjadi sosok panutan, baik itu ketika ia menjadi ayah maupun pemimpin. Singkat kata, soal plot dan dramanya, kami menilai tak ada masalah berarti. The Greatest Showman adalah film tentang keluarga sejati, film yang mampu membuat penontonnya pulang dengan perasaan haru biru.

Jackman mengeluarkan pesona lembut dan bakat musiknya, ketimbang cakar besi di antara cengkraman kuat jemarinya. Ia terbukti berbakat bernyanyi, bukan hanya musik klasik (baca: Les Miserables (2012)) namun juga pop teatrikal. Sebagai bintang utama, Barnum milik Jackman sukses membuka setiap performa dengan baik, membuat kami percaya bahwa timnya bukan terdiri dari sekelompok orang aneh. Namun, The Greatest Showman tidak memberikan penampilan terbaik, minimal sesuai yang dijanjikan, akibat arena tampil yang terbatas dan dominasi beberapa penampil saja, terutama mereka yang berbakat unjuk suara.

The Greatest Showman

Momen-momen terbaik adalah ketika Jackman dan Lettie (Keala Seattle) disorot menyanyi solo, disusul Jackman ketika duet dengan sang istri, Charity (Michelle Williams), dan duet Anne (Zendaya) dengan Phillip (Zac Efron). Atraksi selain menyanyi kurang disorot secara detail, sebatas penggembira dan latar kemeriahan untuk panggung Barnum.  Manusia kurcaci, manusia super tinggi, dan manusia bertato hanya diperlihatkan sebatas keunikan fisik mereka saja, membuat sosok Lettie yang memiliki suara emas terkesan dianakemaskan.

Soal lagu, kami nikmati walau tak ada satupun yang kami ingat untuk dengar apalagi nyanyikan kembali seperti City of Stars (La La Land (2009)). Opini kami mengatakan melodi dalam lagu demi lagu terdengar sama, tak ada melodi spesial yang mudah diingat. Namun bicara lagu favorit, dengan mudah This Is Me mencuat mengingat lirik lagu ini memiliki representasi paling kuat untuk tim sirkus Barnum yang sejak awal film selalu didiskreditkan.

Kualitas dalam diri Barnum adalah berkat pengalaman pahit ketika ia masih kecil dulu. Barnum cilik (Ellis Rubin) yang hidup susah dan selalu dianggap rendah oleh masyarakat sekitarnya, bertekad untuk hidup lebih baik ketika ia dewasa. Kesempatan itu muncul setelah ia pindah ke Amerika dan mendapat pekerjaan tetap di sana. Motivasi lain adalah cintanya yang begitu besar pada Charity, membuat Barnum akhirnya bisa sukses, bahkan sempat khilaf dengan arti kesuksesan yang ingin ia raih.


Director: Michael Gracey

Cast: Hugh Jackman, Michelle Williams, Rebecca Ferguson, Zendaya, Zac Efron, Keala Seattle

Duration: 105 min


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

RECENTLY WATCHED

COMING SOON

AIRING NOW – KBS2

To Top